Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Kesan Pertama Mencoba Kamera Samsung Galaxy S23 Ultra

Samsung Galaxy S23 Series diperkenalkan di Samsung Galaxy Unpacked yang digelar pada tanggal 1 Februari 2023, atau sedikit lebih awal dibandingkan perkenalan S22 Series yang digelar tahun lalu. Kami juga menghadiri acara Samsung Local Unpacked di Jakarta dan sempat mencoba kamera Samsung Galaxy S23 Ultra.

Samsung Galaxy S23 Ultra spread

Ada dua perubahan yang dibawa oleh Samsung Galaxy S23 Ultra ini, yaitu penggunaan sensor gambar Samsung ISOCELL HP2 dengan resolusi 200 megapixel yang pernah kami bahas di artikel ini serta lensa kamera utama yang lebih terang dengan diafragma f/1.7. Perubahan lain ada di kamera depan yang kini memiliki resolusi 12 megapixel.

Kamera Samsung Galaxy S23 Ultra

Mengingat keterbatasan waktu, kami langsung mencoba memotret dengan semua kameranya. Untuk resolusi, kami memilih 12 megapixel. Alasannya, ini adalah setting gambar terbaik dengan 16 pixel yang menyatu menjadi satu pixel. Sekali lagi, megapixel bukanlah indikator kualitas hasil foto sebuah kamera, termasuk kamera smartphone. Megapixel adalah besaran ukuran gambar yang dapat dihasilkan sebuah kamera. Kualitas hasil foto juga ditentukan oleh kualitas sensor gambar, kualitas lensa, serta teknik memotret penggunanya.

Samsung Galaxy S23 Ultra lavender cream

Satu hal positif yang langsung kentara saat memotret dengan Samsung Galaxy S23 Ultra adalah kualitas foto pada setting ultra lebar serta zoom 3x dan 10x yang lebih baik dibandingkan S22 Ultra. Selain mampu menampilkan detil yang lebih baik, ketajaman juga mengalami peningkatan. Seperti terlihat pada hasil foto berikut ini.

Ultra wide
ultra wide

Wide
wide

Zoom 3x
zoom 3x

Dalam penjelasan oleh tim Samsung Indonesia dikatakan bahwa Samsung Galaxy S23 Series menggunakan AI (Artificial Intelligence) untuk meningkatkan kualitas hasil fotonya sesuai kondisi saat pemotretan. Dari contoh foto di atas, skin tone atau warna kulit model terlihat natural dan tidak dihaluskan hingga terlihat aneh. Ini merupakan salah satu peran AI yang dapat mengenali subyek dan menerapkan optimalisasi gambar yang sesuai.

Samsung Galaxy S23 Ultra juga kembali mengandalkan zoom 100x yang sedikit lebih baik dibandingkan tipe terdahulu, walaupun masih hanya nyaman dilihat di layar ponsel saja. Berikut contoh hasil foto dalam semua setting zoom.

Ultra wide
ultra wide

Wide
wide

Zoom 3x
zoom 3x

Zoom 10x
zoom 10x

Zoom 100x
zoom 100x

Samsung Galaxy S23 Ultra juga mendukung perekaman video 8K hingga 30fps, meningkat dari maksimum 24fps di S22 Ultra. Namun karena video 8K masih sangat berat untuk dimainkan, kami merekam video dalam format 4K yang amat baik. Berikut hasil video Samsung Galaxy S23 Ultra langsung dari ponsel tanpa penyuntingan sama sekali.

20230202_155614

Sedari dulu, Samsung Galaxy S Series adalah smartphone dengan kamera terbaik dari Samsung. Dan S23 Series ini akan meneruskan tradisi tersebut. Bagi yang ingin memiliki Samsung Galaxy S23 Ultra, dapat memesan awal untuk mendapatkan beragam keuntungan yang menarik seperti upgrade kapasitas penyimpanan hingga 2x dan bonus e-voucher. Info lengkap tentang promo pre-order Samsung Galaxy S23 Series bisa dibaca di artikel ini.

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button