Review Acer Aspire 5 Slim A514-55

Acer Aspire 5 Slim
7.6

Acer memiliki lini laptop yang lengkap, terutama di kelas mainstream yang banyak diminati oleh konsumen Indonesia. Salah satunya adalah Acer Aspire 5 Slim A514-55. Dengan harga yang cukup kompetitif, perangkat ini bisa menjadi pilihan yang ideal bagi bagi pelajar, mahasiswa, maupun karyawan kantoran.

Penasaran seperti apa kemampuannya? Yuk, langsung saja simak review Yangcanggih.com untuk Acer Aspire 5 Slim A514-55!

Ramping dan ringan

Acer Aspire 5 Slim A514-55 merupakan laptop 14 inci dengan bodi yang lumayan ramping dan ringan. Ketebalannya 17,90mm dan beratnya 1,49 kilogram. Kombinasi yang membuatnya nyaman untuk dibawa beraktivitas sehari-hari.

Acer Aspire 5 Slim

Desainnya minimalis namun elegan. Tampilannya luarnya bisa dibilang bersih, dengan hanya menempatkan logo Acer berukuran kecil di satu sisi tanpa ada ornamen tambahan lainnya. Varian yang kami review kali ini adalah warna Gold.

Begitu layar dibuka lebih dari 90 derajat, engsel bergaya elevated-nya membuat bagian keyboard sedikit terangkat dan sensasi mengetik pun jadi lebih enak. Selain itu, desain seperti ini juga memberikan ruang ekstra untuk pembuangan panas dari kipas di bagian bawah.

svg%3E

Materialnya terasa solid dengan top cover aluminium yang juga premium dan nggak mudah kotor oleh bekas jari. Bikin lebih percaya diri ketika Anda memakainya saat meeting bersama klien, maupun ketika dibawa ke sekolah atau kampus bagi para pelajar.

svg%3E

Keyboard-nya standar saja, tapi masih nyaman untuk mengetik cepat dan pastinya sudah dibekali backlit dua level. Di bawah keyboard ada touchpad dengan ukuran yang tidak terlalu besar, dan sekaligus menampung sensor sidik jari.

Untuk ketersediaan port, di sisi sebelah kanan terdapat USB 3.1 Gen 1, Audio jack combo, dan Kensington Lock. Sementara di sebelah kiri Acer membenamkan port USB 3.2 Gen 1 with USB Charging, USB 3.2 Gen 1, Thunderbolt 4, HDMI 2.1, RJ-45 Lan, dan power connector. Slot SD card? Sayangnya tidak ada.

svg%3E

Layar IPS

Aspire 5 Slim A514-55 mengusung layar IPS 14 inci dengan resolusi Full HD 60Hz LED-backlit TFT LCD. Acer tidak lupa menambahkan fitur Comfy View agar lebih nyaman dipandang dalam durasi yang lama.

Sejauh pemakaian kami, tidak ada yang perlu dikeluhkan dari layar Aspire 5 Slim A514-55. Gambarnya cukup tajam dan sajian warnanya pun oke. Tidak ada yang spesial dari akurasi warnanya, karena memang tidak dirancang untuk kebutuhan seperti editing foto/video atau desain grafis.

svg%3E

Bezel di sekitar layar tergolong lumayan besar, terutama pada bagian atas dan bawah. Pada bagian atas layar, Anda disuguhkan webcam HD yang kualitasnya lumayan untuk sekadar mengikuti meeting atau kelas online di Zoom. Sedikit membahas audio, laptop ini sudah didukung speaker stereo dengan kualitas yang bagi kami biasa-biasa saja.

Performa mulus pekerjaan standar

Aspire 5 Slim A514-55 dipersenjatai prosesor Intel Core i5-1235U 10-core 12-thread up to 4.4GHz dengan teknologi Intel Turbo Boost. Sementara grafisnya mengandalkan Intel UHD Graphics, namun bisa mengaktifkan Intel Iris Xe dengan catatan Anda meng-upgrade memori menjadi dual-channel.

svg%3E

Ya, RAM bawaannya masih single-channel saja, 8 GB DDR4. Anda bisa membuatnya menjadi dual-channel dengan memasang RAM 8 GB lagi pada slot kosong yang tersedia. Selain itu, Anda juga dapat menambah storage lewat slot SATA 2.5 inci, jika storage bawaan 512 GB NVMe Gen4 dirasa masih kurang.

svg%3E

Lalu, bagaimana kinerjanya? Untuk kebutuhan pekerjaan standar sehari-hari, jelas lebih dari cukup. Performanya sudah cukup gesit, walaupun bakal lebih mantap lagi ketika RAM di-upgrade menjadi dual-channel. Kalau untuk kerja kantoran, belajar, atau menikmati hiburan seperti nonton film HD, tanpa upgrade pun tidak masalah.

svg%3E

Baterainya bisa bertahan 6-7 jam pada gaya pemakaian kami. Kalau butuh mengisi daya, Acer memberikan charger berukuran mungil yang mudah dimasukkan ke dalam tas. Soal konektivitas nirkabel, laptop ini dibekali WiFi 6E dan Bluetooth 5.2.

svg%3E

Sekadar informasi, Aspire 5 Slim A514-55 mengadopsi sistem operasi Windows 11 Home dan telah mendapatkan Microsoft Office Home & Student secara gratis.

Kesimpulan

Untuk Anda yang mencari laptop ramping dan ringan untuk bekerja atau belajar, Acer Aspire 5 Slim A514-55 bisa menjadi salah satu opsi yang amat menarik. Tampilannya cukup premium, performanya oke, dan mudah dibawa bepergian. Kalau ingin kinerjanya lebih optimal, Anda bisa upgrade RAM menjadi dual-channel.

Bagi yang berminat, Acer Aspire 5 Slim A514-55 dijual dengan harga 10 jutaan rupiah.

Kelebihan Acer Aspire 5 Slim A514-55:

  • Desain minimalis modern
  • Ramping dan ringan, nyaman diajak bepergian
  • Performa cukup untuk kebutuhan standar
  • Bisa upgrade RAM dan storage
  • Ada port HDMI 2.1 dan Thunderbolt 4
  • WiFi 6

Kekurangan Acer Aspire 5 Slim A514-55:

  • Tidak ada slot SD Card
  • Intel Iris Xe tidak aktif secara default, harus upgrade dulu

Acer Aspire 5 Slim A514-55 cocok untuk:

  • Karyawan yang mobile: Bodinya yang ringan membuatnya cocok bagi karyawan dengan aktivitas segudang.
  • Pelajar/mahasiswa: Laptop ini ideal untuk anak muda karena punya penawaran yang pas untuk kebutuhan belajar sehari-hari maupun hiburan.
Acer Aspire 5 Slim
Acer Aspire 5 Slim A514-55
Untuk Anda yang mencari laptop ramping dan ringan untuk bekerja atau belajar, Acer Aspire 5 Slim A514-55 bisa menjadi salah satu opsi yang amat menarik
7.6
Verified by MonsterInsights