Quantcast
Home GadgetAksesoris KomputerKomputerNews

[CES 2023] Acer eKinekt BD 3: Meja Sepeda Ramah Lingkungan, Ubah Energi Kinetik Jadi Listrik untuk Charging

CES 2023 tidak melulu soal perangkat mainstream seperti laptop. Acer memamerkan sebuah produk yang bisa dibilang cukup unik, karena merupakan perpaduan antara meja dan sepeda. Selain ramah lingkungan, perangkat bernama Acer eKinekt BD 3 ini juga dapat mengubah energi kinetik menjadi listrik.

Fitur Acer eKinekt BD 3

Acer eKinekt BD 3

Dalam siaran pers yang diterima Yangcanggih, Senin (9/1), Acer menjelaskan bahwa eKinekt BD 3 memiliki sepeda stasioner yang memungkinkan pengguna berolahraga sambil bekerja. Jadi pengguna dapat meletakkan laptop mereka di atas meja untuk kerja, sambil mengayuh sepedanya, sehingga tetap produktif sekaligus sehat.

Yang menarik, alat ini bukan cuma untuk kesehatan, tapi juga mampu mengubah energi kinetik yang dihasilkan selama pengguna mengayuh pedal sepeda, menjadi energi listrik. Nantinya listrik tersebut dapat dipakai untuk mengisi daya perangkat lainnya melalui port USB Type-A dan Type-C.

Menurut Acer, satu jam bersepeda dengan eKinekt BD 3 secara konstan pada 60 RPM dapat menghasilkan daya 75 Watt. Energi listrik ini ideal untuk charging laptop maupun smartphone. Indikator pengisian LED di bagian belakang sepeda menyala saat pengguna mengayuh, menandakan bahwa energi kinetik sedang dikonversi.

Acer eKinekt BD 3 memiliki dua mode, yaitu Mode Kerja dan Mode Olahraga. Pada Mode Kerja, permukaan meja bergerak lebih dekat ke kursi untuk membiarkan pengendara duduk di posisi yang benar saat mengetik dan mengayuh. Sementara untuk Mode Olahraga, bagian atas meja dibuat lebih jauh ke depan, memberikan lebih banyak ruang untuk bersandar, mirip dengan posisi pada sepeda standar atau sepeda latihan, untuk menambah ruang kaki dan meningkatkan daya saat mengayuh.

Acer eKinekt BD 3 3

Sekadar informasi tambahan, eKinekt BD 3 adalah perangkat yang mengedepankan konsep ramah lingkungan. Casing-nya terbuat dari plastik post-consumer recycled (PCR).

Harga dan ketersediaan

eKinekt BD 3 diperkenalkan di Las Vegas, Amerika Serikat pada konferensi pers global next@acer. Belum ada informasi apakah nantinya produk yang satu ini bakal dibawa ke Indonesia atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button