Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNews

[CES 2023] Panasonic Lumix S5II dan Lumix S5IIx: Duo Mirrorless Full Frame Pertama Panasonic dengan Sistem Autofocus PDAF

Mengawali tahun 2023 Panasonic mengumumkan kehadiran Lumix S5II dan Lumix S5IIx. Kamera mirrorless dengan sensor full frame teranyarnya ini membawa pembaruan di sektor sensor dan autofocus.

Panasonic Lumix S5II dan Lumix S5IIx

Fitur Panasonic Lumix S5II dan Lumix S5IIx

Panasonic Lumix S5II dan Lumix S5IIx berbagi desain bodi yang mirip. Bedanya, Lumix S5II hadir dengan aksen merah di bagian dial atas bodinya dan logo Lumix berwarna putih. Sedangkan Lumix S5IIx warnanya serba hitam.

Panasonic Lumix S5II dan Lumix S5IIx

Menurut Panasonic, dua kamera mirrorless anyarnya ini akan menjadi yang pertama mengusung teknologi autofocus hibrid phase-detect (PDAF). Jadi, kinerja autofocus akan terasa lebih cepat dan akurat di segala kondisi pencahayaan. Lebih baik jika dibandingkan generasi sebelumnya yang menggunakan sistem autofocus deteksi kontras. Ini artinya, Lumix S5II dan Lumix S5IIx semakin bisa bersaing dengan kompetitornya seperti kamera mirrorless dari Sony dan Canon.

Lumix S5II dan Lumix S5IIx membawa sensor full frame 24.2 megapixel baru. Sensor tersebut membawa 315 titik autofocus deteksi kontras dan 779 titik autofocus phase-detect. Sensornya  juga mendukung Dual Native ISO dengan pengaturan ISO 100 hingga 51200 (bisa diekspansi dari ISO 50 hingga 204800).

Panasonic Lumix S5II dan Lumix S5IIx

Kinerja kedua kamera ini turut disokong prosesor L2 Engine yang diklaim mampu meningkatkan performanya menjadi dua kali lebih cepat. Pengguna bisa memotret tanpa henti dengan kecepatan hingga 30 FPS di mode AFS atau AFC menggunakan shutter elektronik.

Sistem penstabil turut diperbarui. Lumix S5II dan Lumix S5IIx kini dilengkapi sistem penstabil Acitive IS langsung di bodi. Sistem penstabil baru ini dirancang khusus untuk pengambilan video sambil berjalan. Dipasangkan dengan lensa tertentu yang kompatibel, sistem penstabilnya diklaim bisa mengurangi efek goyangan tangan hingga 200 persen. Dengan begitu akan menjadikan kedua kamera ini semakin ideal untuk vlogging dan tidak perlu lagi menggunakan tambahan gimbal kamera.

Panasonic Lumix S5II dan Lumix S5IIx

Lalu bagaimana dengan kemampuan videografinya? Keduanya mendukung perekaman video hingga resolusi 6K dengan format 4:2:0 10-bit. Didukung sistem pendingin yang telah ditingkatkan pengguna kini dimungkinkan untuk merekam video 5.9K (16:9) dan 4:2:2 10-bit C4K/4K tanpa batasan waktu. Generasi sebelumnya terbatas hanya 30 menit saja.

Modus videonya turut didukung fitur HFR (High Frame Rate) untuk perekaman video gerakan lambat hingga resolusi 4K, 14+ stop V-Log/V-Gamut, dan REAL TIME LUT untuk menambahkan color grading langsung di kamera yang akan sangat berguna untuk menghemat waktu penyuntingan. Untuk kebutuhan profesional di kedua kamera ini juga bisa ditemukan Waveform Monitor, Vector Scope dan Zebra Pattern.

Lalu apa bedanya Lumix S5II dan Lumix S5IIx? Perbedaannya Lumix S5IIx bisa merekam video RAW dan All-intra, serta mendukung perekaman video di format ProRes ke SSD lewat port USB-C. S5IIx juga mendukung IP streaming dengan kabel atau nirkabel dan tethering USB.

Harga dan ketersediaan

Dengan perbedaan tersebut Panasonic Lumix S5II bisa dijual lebih murah dengan harga US$1999. Sementara, harga Panasonic Lumix S5IIx US$2199. Untuk ketersediannya di pasaran Lumix S5II di bulan Januari 2023 dan Lumix S5IIx di bulan Mei 2023.

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button