Review Infinix Hot 20 5G

Infinix Hot 20 5G merupakan salah satu ponsel dengan Dimensity 810 5G paling terjangkau yang teman-teman canggih bisa beli di Indonesia. Harganya tidak sampai 2,5 juta rupiah, namun menawarkan sederet fitur yang bisa dibilang cukup menggiurkan di kelasnya.

Penasaran seperti apa kemampuan perangkat ini? Yuk, langsung saja simak ulasan kami!

Desain khas ponsel 2 jutaan

Hot 20 5G tampil dengan desain khas ponsel 2 jutaan. Tidak ada yang spesial, dan tetap menyajikan dua pola finishing khas Infinix pada cover belakangnya. Bagian atas yang dekat dengan kamera dibuat glossy dan penuh glitter, sementara bagian bawahnya ditambahkan pola garis vertikal.

Infinix Hot 20 5G

Meski desainnya terbilang standar, menurut kami kualitas rancang bangunnya sudah cukup baik dan solid. Bodinya juga cukup nyaman digenggam meski bukan yang paling tipis dengan ketebalan 8,93mm. Memang agak bongsor dan bakal terasa semakin besar ketika dipasangkan softcase bawaan.

Yang menjadi catatan kami adalah ponsel ini gampang kotor oleh bekas jari. Bobotnya mencapai 204 gram. Bagi sebagian orang, kombinasi bodi yang lebar dan berat yang lumayan mungkin bakal tidak terlalu nyaman ketika dimasukkan ke saku celana.

svg%3E

Di bagian depan Anda akan menemukan layar 6,6 inci dengan poni minimalis bergaya waterdrop. Sementara di bawah ada port USB-C, port audio jack 3.5mm, mic, dan lubang speaker. Sensor sidik jari berada di samping, menjadi satu dengan tombol power.

Infinix Hot 20 5G memiliki dua slot nano SIM-card dan satu slot yang terdedikasi khusus untuk microSD. Dalam kemasannya Anda juga langsung mendapatkan charger 18W. Sekadar informasi tambahan, ponsel ini sudah didukung NFC.

Layar 120Hz

Berapa banyak ponsel di bawah 2,5 juta rupiah yang layarnya sudah 120Hz? Kami yakin cukup langka. Infinix Hot 20 5G menjadi salah satu yang punya penawaran tersebut. Infinix menyebutnya dengan nama HyperVision Gaming-Pro Display. Agak berlebihan ya?

svg%3E

Layar ini memiliki resolusi Full HD+. Panelnya masih IPS berukuran 6,6 inci. Belum AMOLED, tapi tergolong wajar di kelas harganya. Apalagi Anda sudah disuguhkan refresh rate tinggi. Tingkat kecerahannya pun cukup baik dan masih ideal untuk penggunaan di luar ruangan.

Sayangnya pada unit yang kami review, sensor adaptive brightness sering lambat dalam menyesuaikan kecerahan layar. Jadi ketika berpindah lokasi dan butuh layar yang lebih terang, layar tidak langsung beradaptasi dan kami harus mengaturnya secara manual. Entah apakah hal ini terjadi pada semua Hot 20 5G, atau hanya unit kami saja yang bermasalah.

Satu lagi kekurangan yang kami temukan, ternyata layar ponsel ini belum Widevine L1. Artinya, Anda tidak bisa nonton dengan kualitas HD dari layanan streaming seperti Netflix.

Kamera 50 MP

Infinix menanamkan kamera utama 50 MP di belakang dan ditemani satu kamera lainnya yang sayangnya tidak dijelaskan apa fungsinya. Mungkin untuk sekadar pelengkap saja. Sementara di depan, ada kamera selfie 8 MP.

Hasilnya pun belum bisa disebut istimewa, namun sudah memadai untuk sekadar mengabadikan momen sehari-hari terutama pada kondisi cahaya yang ideal. Foto yang disajikan terlihat cukup tajam dengan warna yang sedikit diangkat agar tampak lebih menggugah selera. Dynamic range standar saja, meski sudah mengaktifkan mode HDR.

IMG_20221208_124259_126

IMG_20221208_153851_252

IMG_20221208_153243_422

Foto di dalam ruangan pun masih lumayan. Detailnya oke, dan noise belum muncul berlebihan. Asalkan digunakan pada kondisi cahaya yang tidak terlalu ekstrem, untuk sebuah smartphone 2 jutaan, kami tidak punya keluhan berarti terkait kemampuan kameranya.

IMG_20221208_151057_271

IMG_20221208_151332_835

IMG_20221208_151813_467

Untuk perekaman video, resolusi maksimal yang bisa dicapai adalah 2K. Hasil rekamannya khas ponsel 2 jutaan dengan dynamic range yang agak terbatas. Selain itu, Infinix sepertinya tidak membekali kamera Hot 20 5G dengan kemampuan stabilisasi khusus, sehingga videonya kurang smooth ketika merekam sambil berjalan.

VID_20221208_153623

Performa kencang

Infinix Hot 20 5G dipersenjatai chipset MediaTek Dimensity 810 5G. Biasanya chipset ini dipakai oleh ponsel yang harganya 3-4 jutaan rupiah. Terlihat menggiurkan, tapi sayangnya kapasitas RAM bawaannya hanya 4 GB saja. Infinix mengakalinya dengan menyediakan fitur ekspansi RAM hingga 3 GB, sehingga totalnya bisa mencapai 7 GB. Untuk storage-nya sebesar 128 GB.

Pada beragam skenario penggunaan sehari-hari, kinerja Hot 20 5G bisa dibilang mulus. Perpindahan antar aplikasi terasa gesit dan minim lag. Dengan Dimensity 810 Infinix meyakini produk andalannya itu mampu memberikan pengalaman gaming yang mumpuni.

Hasilnya memang sesuai dugaan. Mobile Legends bisa dimainkan dengan lancar pada setting grafis tinggi dan mode refresh rate tinggi aktif. Sementara PUBG Mobile asyik pada pengaturan Smooth-Ultra. Genshin Impact pun masih oke di Lowest-60fps, walaupun kadang-kadang terjadi frame drop.

Infinix Hot 20 5G dibekali baterai sebesar 5.000 mAh, yang bisa menemani aktivitas kami dari pagi hingga malam hari. Yang harus Anda perhatikan adalah teknologi charging-nya. Karena hanya 18W, butuh waktu lebih dari 2 jam untuk dapat terisi penuh.

Kesimpulan

Dari sekian banyak ponsel yang membanjiri kisaran 2 jutaan rupiah, Infinix Hot 20 5G layak disebut sebagai salah satu yang paling menarik di kelasnya untuk Anda yang memang mencari performa. Selain kencang, kamera ponsel ini juga cukup memadai, layarnya sudah 120Hz, dan didukung NFC.

Kalau Anda menginginkan ponsel terjangkau dengan fitur yang komplit, Infinix Hot 20 5G wajib dipertimbangkan. Di e-commerce ternama, smartphone ini rata-rata dijual dengan harga 2,3-2,4 jutaan rupiah.

Kelebihan Infinix Hot 20 5G:

  • 5G ready
  • Performa kencang dengan Dimensity 810
  • Layar 120Hz
  • Kamera cukup oke di kelasnya
  • Perekaman video bisa sampai resolusi 2K
  • Baterai tahan lama
  • Ada NFC
  • Triple slot, bukan hybrid

Kekurangan Infinix Hot 20 5G:

  • Sensor penyesuaian tingkat kecerahan layar terkadang lambat (setidaknya pada unit review yang kami terima)
  • Bodi mudah kotor oleh bekas jari
  • Akan lebih menarik jika ada opsi RAM yang lebih besar
  • Kamera kedua di belakang tidak jelas fungsinya
  • Tidak ada fungsi stabilisasi video
  • Layar belum Widevine L1

Infinix Hot 20 5G cocok untuk:

  • Pengguna yang ingin beralih ke 5G: Harganya yang ramah kantong membuat ponsel ini bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin beralih ke ponsel 5G.
  • Gamer kasual: Gamer dengan dana pas-pasan bisa menjadikan Hot 20 5G sebagai andalannya.
  • Karyawan yang mobile: Kinerjanya mulus, dan baterainya tergolong awet

 

svg%3E
Infinix Hot 20 5G
Infinix Hot 20 5G layak disebut sebagai salah satu yang paling menarik di kelasnya untuk Anda yang memang mencari performa
8
Verified by MonsterInsights