Cara Mengoptimalkan Pengaturan TV untuk PS5 dan Xbox Series X

PlayStation 5 (PS5) dan Xbox Series X merupakan dua konsol masa kini yang dibekali hardware mumpuni, sehingga mampu menyajikan tampilan grafis yang memukau. Namun tahukah Anda kalau pengalaman gaming dengan kedua konsol bisa jadi kurang memuaskan jika tidak Anda menerapkan pengaturan TV yang optimal?

PS5

Ya, TV memang punya peran yang sangat penting dalam memaksimalkan potensi yang dimiliki PS5 dan Xbox Series X. Sama halnya seperti monitor pada PC gaming, teman-teman canggih juga harus memastikan TV yang dipakai punya fitur yang sesuai. Bukan cuma soal resolusi 4K maupun dukungan HDR, ada beberapa poin lainnya yang terkadang dilewatkan oleh para gamer.

Dalam artikel kali ini kami ingin mengajak teman-teman canggih untuk menyimak beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan pengaturan TV, ketika sedang bermain game menggunakan PS5 atau Xbox Series X.

1. Pastikan port HDMI yang digunakan sudah tepat

svg%3E

Meski terlihat sama saja, perlu diketahui bahwa port HDMI pada TV punya konfigurasi yang berbeda-beda. Pastikan teman-teman canggih menghubungkan konsol ke port HDMI 2.0 atau HDMI 2.1. Beberapa TV menyediakan teknologi HDMI 2.0 atau HDMI 2.1 secara terbatas, misalnya hanya di salah satu port saja yaitu HDMI 1 atau HDMI 2. Padahal, total port HDMI-nya bisa sampai tiga atau lebih.

2. Aktifkan fitur VRR

VRR atau Variable Refresh Rate bisa memaksimalkan kualitas gaming dari PS5 dan Xbox Series X. Biasanya fitur ini tersedia di TV keluaran baru dengan refresh rate native 120Hz. Fungsinya untuk mengeliminasi screen tearing dan ghosting, serta meminimalisir input lag. Nah, kalau TV milik teman-teman canggih punya fitur tersebut, jangan lupa untuk diaktifkan.

svg%3E

3. Gunakan Gaming Mode atau Mode Permainan

Pada sebagian besar TV modern dari brand ternama, Gaming Mode atau Mode Permainan bukan sekadar gimmick marketing belaka. Bisa dibilang, ini adalah fitur wajib.

Ketika diaktifkan, Mode Permainan akan mematikan beberapa fitur bawaan lainnya seperti mode hemat energi, sharpening, oversampling, dan sebagainya karena dapat bikin response time lebih lambat atau bahkan meningkatkan input lag. Intinya, dengan Mode Permainan performa TV akan lebih difokuskan untuk kebutuhan gaming.

PS5

4. Cek kompatibilitas TV terhadap PS5 dan Xbox Series X

Anda bisa mengecek kompatibilitas TV dalam mendukung kemampuan PS5 dan Xbox Series X. Di PS5, masuk ke Settings -> Screen & Video -> Video Output. Anda akan menemukan beragam informasi untuk mengetahui apakah TV Anda mendukung HDR, VRR, atau refresh rate 120Hz. Di Xbox Series X, caranya adalah masuk ke Settings -> General -> TV & Display Options.

Itulah beberapa langkah sederhana untuk mengoptimalkan pengaturan TV saaat bermain PS5 atau Xbox Series X. Semoga artikel ini bermanfaat!

Verified by MonsterInsights