Review OPPO A77s

OPPO A77s
7.9

OPPO A77s merupakan smartphone yang mengusung fitur serba pertama di lini A7 series. Bukan hanya soal desain, OPPO juga membenamkan sederet teknologi canggih yang membuatnya tampil menarik di kelas harganya. Penasaran seperti apa kemampuannya? Yuk, langsung saja simak ulasan kami!

Desain dengan kulit fiberglass premium

Salah satu fitur serba pertama yang langsung bisa teman-teman canggih sadari dari tampilan luarnya adalah material kulit fiberglass. Warnanya Sunset Orange, sama persis dengan yang ada di seri Reno7 4G. Desain retro ultra-slim yang belakangan selalu menjadi andalan OPPO kembali terlihat di sini. Tepiannya datar dan cukup nyaman digenggam.

OPPO A77s

Warna Sunset Orange menggambarkan cahaya oranye yang hangat ketika matahari terbenam. Teksturnya seperti butiran leci, mulus dan halus ketika disentuh, serta tidak mudah kotor oleh bekas jari. Untuk mendapatkan material mewah seperti itu, OPPO melakukan proses pelapisan dan pemanggangan sebanyak 6 kali.

Selain hasilnya lebih ramping, lapisan tersebut juga lebih tahan lama dibandingkan kulit imitasi lainnya. Menurut kami, OPPO cukup berhasil menyajikan tampilan ala ponsel kelas atas pada ponsel yang harganya jauh lebih ramah kantong.

svg%3E

Selain Sunset Orange, OPPO menyediakan varian warna lain bernama Starry Black yang mengusung lapisan OPPO Glow khas seri Reno, yang bebas sidik jari dan tahan goresan. Warna ini cocok untuk teman-teman canggih yang ingin terlihat lebih kalem, namun tetap kekinian.

OPPO A77s merupakan perangkat yang ramping dan ringan. Ketebalannya hanya 8,04mm untuk varian Sunset Orange, dengan bobot 190 gram. Sangat pas untuk dioperasikan dengan satu tangan. Selain itu, kami juga merasa nyaman ketika memasukkan ponsel ini ke saku celana.

svg%3E

Di bagian bawah Anda masih akan menemukan port audio jack 3.5mm, berdampingan dengan lubang speaker dan port USB type-C. Di sisi kanan ada tombol power sekaligus sensor sidik jari, sedangkan tombol volume berada di kiri. Ponsel ini memiliki triple-slot, untuk dua nano-SIM dan satu microSD.

OPPO juga melengkapi perangkat ini dengan sertifikasi IP5X yang berarti tahan terhadap debu dan IPX4 yang berarti tahan terhadap cipratan air normal. Sekadar informasi tambahan, OPPO memastikan bahwa A77s diproduksi dengan standar OPPO Enduring Quality. Melalui standar ini OPPO berkomitmen untuk memastikan A77s bisa sampai di tangan konsumen dalam kualitas terbaik, dan juga tangguh untuk pemakaian jangka panjang. Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut tentang OPPO Enduring Quality.

svg%3E

Layar 90Hz

Di bagian depan Anda akan menemukan layar 6,56 inci dengan desain waterdrop. Resolusinya memang masih HD+ saja, namun sudah mengusung refresh rate 90Hz, saturasi warna 96 persen, touch sampling rate 180Hz, dan All-Day AI Eye Comfort dengan tingkat kecerahan maksimal 600 nits di siang hari, dan bisa turun hingga 2 nits di malam hari. Dengan begitu, mata kita akan lebih nyaman memandang layar dalam durasi yang lama.

svg%3E

Walaupun belum Full HD+, menurut kami kualitas layarnya sudah cukup tajam dan sedap dipandang. Selain itu, layar HD+ juga bikin performa lebih ringan dan efisien. Walaupun demikian, tentu bakal lebih memuaskan jika menggunakan layar Full HD+ untuk menikmati konten sehari-hari.

Sedikit membahas audio, OPPO A77s dibekali Ultra-Linear Dual Speaker (speaker ganda) untuk menyajikan audio dengan efek surround yang lebih baik dan jernih. Ada juga dukungan Ultra Volume agar suara terdengar lebih lantang namun tetap optimal alias tidak pecah, dan 3D Dolby Atmos Ringtone.

Kamera didukung Bokeh Flare Portrait

svg%3E

Fitur khas Reno Series ini juga diturunkan ke OPPO A77s. Dengan Bokeh Flare Portrait, teman-teman canggih bisa menciptakan foto dengan efek bokeh neon artistik, dengan bola-bola cahaya yang menawan.

Oh iya, A77s menawarkan konfigurasi kamera 50 MP f/1.8 dan bokeh 2 MP di belakang, serta kamera selfie 8 MP. Ya, sayangnya tidak ada kamera ultra-wide. Mungkin OPPO menanamkan kamera bokeh karena ingin lebih mengedepankan kemampuan portrait-nya.

auto (OPPO A77s) (3)

auto (OPPO A77s) (2)

Pemotretan di siang hari dengan cahaya yang pas tentu dapat dengan mudah menghasilkan foto yang tajam dan bagus. Dynamic range-nya cukup baik. Bokeh Flare Portrait juga mampu menyajikan foto yang oke, dengan subjek yang menonjol, efek bokeh rapi, dan efek neon yang menarik.

Bokeh Flare (OPPO A77s) (3)

Bokeh Flare (OPPO A77s) (2)

Beralih ke pemotretan indoor dengan cahaya yang agak temaram, hasil fotonya mulai terlihat sedikit noise dengan tangkapan detail yang juga menurun. Mengaktifkan mode malam cukup membantu membuat hasil fotonya lebih baik.

Indoor (OPPO A77s) (1)

Indoor (OPPO A77s) (2)

Indoor (OPPO A77s) (4)

Sementara untuk kamera selfie, hasilnya standar saja di kondisi cahaya yang terang.

Selfie (OPPO A77s) (2)

Performa cukup untuk sehari-hari

Sektor performa dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 680. Untuk storage, kapasitasnya 128 GB (UFS 2.2) dan bisa ditambah microSD hingga maksimal 1 TB. Untuk pertama kalinya, Multi-Cooling System dihadirkan di A7x Series. Sebelumnya teman-teman canggih hanya bisa menemukan fitur ini pada seri ponsel OPPO yang lebih mahal.

Multi-Cooling System berguna untuk menjaga suhu agar tidak panas sehingga performa tetap stabil ketika sedang bermain game atau menjalankan aplikasi berat lainnya. Dengan begitu, Anda bisa bermain lebih lama tanpa khawatir soal penurunan performa.

A77s menjadi anggota A7x Series pertama yang memungkinkan penggunanya menikmati ekspansi RAM hingga 8 GB. Ditambahkan dengan RAM bawaan sebesar 8 GB, maka total RAM yang tersedia di ponsel ini bisa mencapai 16 GB. Cocok untuk teman-teman canggih yang gemar multitasking.

Sesuai ekspektasi kami, performanya sudah memadai untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Perpindahan antar aplikasi terasa gesit, dan sama sekali tidak ada lag yang mengganggu. Untuk gaming pun masih oke, walaupun harus diakui agak tertinggal dibanding performa ponsel pesaing di harga yang sama.

Mobile Legends bisa dimainkan dengan lancar (refresh rate High) tanpa kendala. Sementara PUBG Mobile masih lumayan dengan setting grafis Smooth-High. Asalkan game yang dimainkan tidak menuntut grafis terlalu berat, menurut kami performa gaming OPPO A77s sudah lumayan.

33 SuperVOOC dan Charging Port Protection

Pengguna juga disuguhkan kemampuan charging cepat 33W SuperVOOC untuk mengisi baterai 5.000 mAh hingga 50 persen dalam waktu kurang dari 30 menit saja. Meski pengisian dayanya cepat, teman-teman canggih mungkin tidak perlu sering-sering melakukan charging karena efisiensi daya ponsel ini amat baik, dan bisa digunakan hingga seharian penuh.

Selain itu, untuk pertama kalinya pula di lini A7x Series, OPPO menambahkan teknologi Charging Port Protection. Sesuai namanya, fitur ini berguna untuk melindungi proses pengisian daya baterai. Contohnya ketika port charging dalam keadaan basah, maka proses charging tidak bisa dilanjutkan.

OPPO A77s
Fiberglass Leather Design A77s

Kesimpulan

Kalau Anda mencari ponsel 3 jutaan dengan desain mewah, baterai awet, charging cepat, dan punya fitur Bokeh Flare Portrait, maka OPPO A77s adalah jawabannya. Memang masih banyak sektor yang perlu perbaikan. Meski begitu, perangkat ini tetap wajib dipertimbangkan dan layak dijadikan daily driver.

Kelebihan OPPO A77s:

  • Desain mewah dengan kulit fiberglass
  • Ramping dan nyaman digenggam
  • Layar 90Hz
  • Kamera didukung Bokeh Flare Portrait
  • Ekspansi RAM hingga 8 GB
  • Baterai awet
  • 33W SuperVOOC
  • Charging Port Protection bikin tenang dan aman
  • Sudah didukung Multi-cooling System, suhu rendah dan performa stabil
  • Ultra-Linear Dual Speaker

Kekurangan OPPO A77s:

  • Resolusi layar HD+ saja
  • Desain bagian depan mungkin akan lebih kekinian jika memakai layar punch hole
  • Tidak ada kamera ultra-wide
  • Hasil foto masih perlu ditingkatkan lagi
  • Akan lebih menarik jika sudah dibekali NFC

OPPO A77s cocok untuk:

  • Pelajar/mahasiswa: Baterainya yang awet dan performanya yang seimbang menjadikan A77s cocok untuk anak muda dengan segudang aktivitas. Bodinya juga tangguh dan telah melalui beragam pengujian.
  • Karyawan: Teknologi SuperVOOC menjadi jawaban bagi karyawan yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk mengisi daya ponsel. Fitur RAM Expansion hingga 8 GB juga membantu saat multitasking.
  • Penggemar fashion: Ponsel ini punya desain stylish dengan warna Sunset Orange dan material kulit fiberglass. Cocok untuk Anda yang gemar tampil menawan dan ingin menjadi pusat perhatian.
  • Ibu rumah tangga: OPPO A77s cocok untuk ibu rumah tangga yang butuh ponsel untuk komunikasi, media sosial, dan foto-foto bersama anak.
  • Pengguna jangka panjang: Untuk Anda yang jarang gonta-ganti ponsel, A77s dirancang untuk pemakaian jangka panjang.
SpesifikasiOPPO A77s
Layar6,56 inci HD+ 90Hz
SoCQualcomm Snapdragon 680
RAM8 GB (Ekpansi RAM 8 GB)
Memori internalUFS 2.2 128 GB
Kamera Belakang50 MP + 2 MP
Kamera Selfie8 MP
Baterai5.000 mAh
Charging33W SuperVOOC
Sistem OperasiColorOS 12.1
Konektivitas4G, Bluetooth 5.0, WiFi a/b/g/n/ac, GPS
Sistem KeamananSidik Jari dan Pengenalan Wajah
WarnaSunset Orange dan Starry Black
HargaRp3.499.000
OPPO A77s
OPPO A77s
Kalau Anda mencari ponsel 3 jutaan dengan desain mewah, baterai awet, charging cepat, dan punya fitur Bokeh Flare Portrait, maka OPPO A77s adalah jawabannya.
7.9
Verified by MonsterInsights