Inilah Pemenang Gadget Champions 2022 untuk Kategori Best for Traveller

Setelah 2 tahun didera pandemi, industri travel langsung menggeliat. Rupanya setelah “puasa” bepergian, masyarakat Indonesia langsung tancap gas untuk liburan dan bekerja. Ini terlihat dari ramainya gelaran pameran dan promo travel di berbagai kota di Indonesia.

Untuk membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan, dibutuhkan beragam gadget canggih yang menunjang hal itu. Selain smartphone yang handal dalam urusan foto video, cukup banyak pelancong yang membutuhkan laptop dan tablet saat bepergian. Kamera juga menjadi gadget yang sering dicari bagi pelancong yang ingin serius mengabadikan momen berharganya saat berlibur.

Kami telah memilih produk dan layanan teknologi yang cukup beragam di berbagai segmen sebagai gadget terbaik untuk traveller atau pelancong. Berikut deretan pemenang Gadget Champions 2022 di kategori Best for Traveller

1. Vivo V25 5G

vivo V25

Dengan sederet kelebihannya, Vivo V25 5G layak diandalkan para pelancong yang membutuhkan smartphone andal untuk teman perjalanan dengan harga yang terjangkau. Selain punya kinerja cepat, Vivo V25 juga punya kamera dengan foto dan video yang amat baik. Bahkan Vivo V25 mendukung perekaman video 4K di kamera depan maupun belakang. Ini membuatnya ideal bagi pelancong yang ingin mengabadikan momen indah saat berlibur.

Ulasan lengkap Vivo V25 5G bisa dibaca di artikel berikut.

2. ASUS Zenbook S13 OLED UM3502TA

ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302)

Anggapan bahwa laptop ekstra tipis dan ringan tidak bisa diajak main game biarpun pada setting rendah berhasil dipatahkan oleh ASUS melalui Zenbook S13 OLED (UM3502TA). Laptop tipis ini punya spesifikasi yang melebihi laptop tebal di kelas mainstream. Bahkan performanya cukup kencang dan masih memadai untuk bermain game pada setting rendah hingga menengah. Tapi yang utama, bobotnya amat ringan, hanya 1,1kg, sehingga tidak membebani saat Anda bawa berlibur. Bahkan unit pengisi dayanya juga hanya sedikit lebih besar dibandingkan charger smartphone kebanyakan.

Dengan kombinasi desain mewah yang tipis dan ringan serta performa yang kencang untuk beragam kebutuhan, ASUS Zenbook S13 OLED UM3502TA layak diandalkan sebagai laptop teman liburan.

3. OPPO Reno8 Pro 5G

svg%3E

Seri OPPO Reno8 paling tinggi ini mengandalkan kemampuan fotografi yang amat baik. Bahkan inilah satu-satunya seri OPPO Reno saat ini yang telah dibekali Mari SiliconX, chip gambar yang ada di OPPO Find X5 Pro. Dipadukan dengan sensor gambar Sony IMX766 dan lensa f/1.8, OPPO Reno8 Pro 5G memiliki performa dan kualitas foto setara dengan smartphone kelas flagship. Hasil foto OPPO Reno8 Pro 5G saat kami bawa liburan bisa dilihat di artikel berikut.

Bagi yang mengandalkan peta di ponsel, layar AMOLED berukuran 6,7 inci yang dimiliki OPPO Reno8 Pro 5G akan terlihat lega dan tajam sehingga memudahkan saat menavigasi destinasi yang dituju. Pengisian baterai SuperVOOC 80 watt ekstra cepat juga telah dimilikinya, sehingga Anda bisa mengisi baterai hingga 50 persen hanya dalam waktu sekitar 11 menit saja.

4. Telkomsel RoaMax

Akses Internet dan telekomunikasi merupakan hal yang amat penting saat bepergian. Untuk paket roaming dengan cakupan terluas saat ini (mencapai 103 negara), ada Telkomsel RoaMax. Terdapat banyak pilihan paket Internet untuk berbagai area atau tujuan khusus seperti Umroh, serta paket kombo Internet, telpon dan SMS yang mencakup satu benua atau seluruh negara yang dijangkau Telkomsel RoaMax. Yang menarik, Anda bisa membeli dulu paket RoaMax dan mengaktifkannya saat dibutuhkan. Fitur yang berguna jika Anda bepergian jauh dan ingin mengaktifkan paket Internet setelah sampai di tujuan.

Dengan keunggulannya ini, Telkomsel RoaMax bisa jadi andalan bagi Anda yang ingin bepergian baik untuk waktu yang singkat ataupun cukup lama.

5. DJI Mini 3 Pro

svg%3E

Dengan desain lipat yang ringkas, DJI Mini 3 Pro akan mudah dibawa-bawa tanpa tas khusus. Bobotnya yang kurang dari 249 gram ini membuat Mini 3Pro tidak perlu didaftarkan saat ingin digunakan di beberapa negara. Meskipun mungil, drone ini mamup merekam video Full HD 1080p 120fps dan video 4K 60fps.

Jangkauannya juga cukup jauh, mencapai 18km, dengan daya tahan baterai hingga 30 menit (dalam kondisi minim angin). Paket pembeliannya juga telah menyertakan remote yang membantu pengendalian drone dengan lebih presisi.

6. Sony WH-1000XM5

svg%3E

Pernah tersiksa mendengarkan tangisan bayi saat di pesawat atau celoteh penumpang sepanjang perjalanan? Lenyapkan semua itu dengan headphone wireless yang punya noise cancelling ampuh. Selain memiliki empat mikrofon di tiap earcup untuk menangkap suara sekitar, Sony WH-1000XM5 punya fitur yang disebut Auto NC Optimizer yang dapat mengoptimalkan noise cancelling berdasarkan kondisi dan lingkungan pemakaian. Hasilnya, kedamaian pribadi di tengah keramaian.

Bagi pengemar musik, headphone ini juga mampu menyajikan suara merdu dengan koneksi wireless, berkat dukungan Hi-Res Audio dan Hi-Res Audio Wireless dengan LDAC. Daya tahan baterainya juga memadai untuk perjalanan udara paling panjang sekalipun, mencapai 30 jam dalam keadaan terisi penuh.

7. Samsung Galaxy S22 Ultra

svg%3E

Smartphone flagship Samsung tahun ini mengandalkan layar menawan berukuran ekstra lega, performa kencang, serta kemampuan kamera yang amat baik. Bagi yang suka membuat sketsa saat bepergian, Samsung Galaxy S22 Ultra juga dapat disandingkan dengan S-Pen yang responsif dan presisi.

Sedangkan bagi yang gemar fotografi dan videografi, kamera Samsung Galaxy S22 Ultra mampu menghasilkan foto dan video spektakuler yang akan mengundang decak kagum saat dibagikan di media sosial. Hasil foto dan video Samsung Galaxy S22 Ultra bisa dilihat di artikel berikut.

8. Fujifilm XT5

Fujifilm X-T5
Inilah kamera Fujifilm X-T Series pertama yang dilengkapi sensor X-Trans CMOS HR generasi lima dengan resolusi 40 megapixel dan prosesor gambar X-Prosesor 5. Peningkatan spesifikasi ini membuatnya dapat menangkap foto hingga 20 frame per detik. Sedangkan untuk video, X-T5 dapat merekam video hingga resolusi 6,2K di 30fps dengan format 4:2:2 10-bit.

svg%3E

Perubahan yang paling menarik terlihat dari dimensi bodinya yang kini lebih ringkas. Ini membuatnya lebih mudah dibawa-bawa saat bepergian, cocok bagi para fotografer yang menyukai street dan landscape photography tapi tidak ingin terbebani menenteng kamera yang besar dan berat.

9. Lenovo Yoga Slim 7i Carbon

svg%3E

Dengan bobot kurang dari 1kg (tepatnya 988 gram), Lenovo Yoga Slim 7i Carbon menjadi salah satu laptop paling ringan yang diluncurkan di tahun 2022. Walaupun ringan, laptop ini tetap memiliki daya tahan yang kuat. Rahasianya terletak pada bahan serat karbon yang lebih ringan hingga 40% dengan tingkat kekakuan 25% lebih tinggi. Dipadukan dengan bahan magnesium, Lenovo Yoga Slim 7i Carbon sukses hadir sebagai sebuah laptop convertible yang kuat sekaligus amat ringan.

Kualitas tampilan layar 13,3 incinya juga memukau, dengan resolusi 2.5K (2560×1600 pixel) dan refresh rate 90Hz. Performanya termasuk amat baik, dengan paduan prosesor Intel Core i5-1240P dan RAM DDR5 16GB serta SSD PCIe 4.0 512GB NVMe.

10. Sony Alpha A7 IV

svg%3EInilah kamera mirrorless dengan sensor full-frame paling terjangkau yang muncul di tahun 2022. Dibandingkan seri terdahulu, Sony Alpha A7 IV hadir dengan membawa banyak peningkatan mulai dari sensor baru 33 megapixel, prosesor BIONZ XR yang lebih cepat, cakupan fokus yang lebih luas, fitur Eye AF untuk burung, serta viewfinder elektrik yang lebih tajam.

Untuk perekaman video, Sony Alpha A7 IV kini bisa merekam video 4K 30p tanpa crop dan 4K/50p dalam mode Super 35 atau APS-C. Selain itu ada dukungan perekaman internal 4:2:2 10-bit, opsi codec XAVC HS, All-Intra Recording, S-Cinetone, serta kemampuan merekam video tanpa batas waktu.

11. Canon EOS R10

svg%3E

Canon EOS R10 hadir sebagai kamera mirrorless dengan sensor APS-C yang bisa menggunakan lensa dengan mount RF dan RF-S. Ini berarti Anda akan dapat memasangkannya dengan puluhan lensa RF tanpa menggunakan adapter. Sistem fokusnya juga telah dilengkapi pendeteksi subyek yang dapat mengenali bagian tubuh manusia, binatang dan kendaraan seperti sepeda motor dan mobil balap.

Selain mengusung desain yang ergonomis, bodi Canon EOS R10 hanya seberat 429 gram. Relatif ringan saat dibawa di tas atau digantungkan di leher. Pasangkan dengan lensa Canon RF-S 18-150mm dan Anda akan mendapatkan kamera yang cocok digunakan di hampir semua kondisi.

12. Insta360 ONE RS 1-Inch 360 Edition

svg%3E

Menangkap momen dengan cara yang unik dan kreatif dapat diwujudkan dengan mudah menggunakan kamera berikut ini. Insta360 One RS 1-inch 360 Edition hadir dengan dua sensor gambar 1 inci dan dua lensa 360 derajat yang didesain oleh Leica. Dengan kamera ini, Anda bisa merekam video 360 derajat beresolusi 6K yang tetap jernih dan setara dengan hasil video 4K kamera normal saat diubah menjadi video biasa.

Menggunakan aksesori yang khusus dibuat untuk kamera 360 derajat, Anda akan bisa menciptakan video unik yang biasanya membutuhkan gimbal dan drone. Kamera ini juga akan cocok bagi yang suka berbagi foto 3D di Facebook.

svg%3E

Apple memperbaharui iPad Air di tahun 2022 dengan menanamkan chip M1 yang sebelumnya hanya digunakan di iPad Pro dan Mac. Daya tarik utamanya, Anda mendapatkan performa super kencang dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan iPad Pro.

Kualitas layar iPad Air (2022) juga tetap memukau, membuatnya cocok dipakai untuk menonton film atau bermain game saat bosan di kamar hotel. Atau untuk menyunting video bagi yang malas membawa laptop.

14. HP Spectre x360 14-ef0005TU (2022)

svg%3E

Laptop convertible bernuansa mewah dari HP ini merupakan salah satu laptop dengan desain terbaik di tahun 2022. Meneruskan tradisi kemewahan seri Spectre, HP menerapkan desain dengan sudut unik dan skema warna yang elegan dan tidak pasaran sehingga akan membuat Anda tampil istimewa saat menggunakannya di kafe atau tempat publik lainnya.

Di balik desainnya yang menawan, HP Spectre x360 14 (2022) memiliki performa yang bisa diandalkan berkat prosesor Intel Core i7-1255U dan RAM DDR5 32GB serta SSD 1TB. Layar 13,5″ dengan resolusi 1920×1280 pixel berlapis kaca Corning Gorilla Glass NBT tetap asyik saat dipakai menonton video atau membuat sketsa dengan stylus bawaannya.

Paduan desain yang mewah dan menawan, performa yang gegas, serta layar berkualitas tinggi menjadikannya cocok digunakan traveller yang ingin selalu tampil modis.

 

Mekanisme pemilihan Gadget Champions 2022:

Sama seperti tahun lalu, Gadget Champions 2022 dipilih dengan mekanisme tertutup. Pertama, tim redaksi YANGCANGGIH.COM, Gizmologi.id dan Hybrid.co.id menentukan nominasi dari perangkat dan layanan teknologi terbaik yang keluar di tahun 2022. Setelah menentukan nominasi, kami kemudian memilih pemenangnya berdasarkan kategori yang telah ditentukan.

Syarat menjadi salah satu nominasi Gadget Champions adalah gadget tersebut harus resmi dijual di Indonesia melalui distributor resmi yang ditunjuk merk tersebut.

 

Verified by MonsterInsights