Review Samsung Galaxy A23 5G

Reader Rating0 Votes
0
7.7

Galaxy A23 kini punya varian baru yang sudah mendukung jaringan 5G. Yang menarik, perbedaannya bukan cuma soal chipset saja. Samsung juga menghadirkan peningkatan pada refresh rate layarnya. Penasaran seperti apa kemampuannya? Langsung saja simak ulasan kami!

Desain khas Samsung dengan warna kekinian

Tidak banyak yang bisa digali dari desain Galaxy A23 5G. DNA desainnya masih khas Galaxy A-series dengan opsi warna kekinian dan finishing matte yang membuatnya tidak mudah kotor oleh bekas jari. Varian warna yang ada di artikel review kami adalah Orange. Selain itu, Samsung juga menawarkan warna Light Blue dan Black.

Galaxy A23 5G

Di bagian belakang, teman-teman canggih bakal menemukan area kamera yang menonjol keluar tapi memiliki lekukan untuk menyatu dengan bodi. Sementara di depan ada layar berukuran 6,6 inci dengan desain Infinity-V yang menurut kami agak kurang modern. Bagi tampilannya kami bakal lebih oke jika mengadopsi gaya punch hole.

Galaxy A23 5G memiliki sensor sidik jari yang menjadi satu dengan tombol power. Posisi tombol ini ada di kanan, bersebelahan dengan tombol volume. Sementara di bagian bawah ada port USB-C, lubang speaker, dan port audio jack 3.5mm. Slot yang disediakan ada tiga (triple-slot), jadi tidak perlu mengorbankan SIM-card 2 jika ingin memasang microSD.

svg%3E

Berbeda dari beberapa saudaranya yang harganya lebih mahal, Galaxy A23 5G belum memiliki IP rating untuk ketahanan terhadap air dan debu. Sementara dari segi pengoperasian tidak ada yang spesial dari perangkat ini. Bukan yang paling ramping, namun tetap nyaman untuk digunakan dengan satu tangan.

svg%3E

Sedikit membahas paket penjualannya, di dalam kemasan teman-teman canggih akan langsung mendapatkan kabel USB-C beserta charger 15W. Tergolong lumayan karena masih dapat charger, walaupun sesungguhnya ponsel tersebut sudah mendukung pengisian 25W.

Layar 120Hz

Layar merupakan salah satu sektor yang terbilang cukup istimewa di Galaxy A23 5G. Seperti disebutkan di atas, ukurannya 6,6 inci dengan panel PLS LCD dan resolusi Full HD+. Yang jadi sorotan adalah refresh rate-nya, 120Hz. Dengan refresh rate yang tinggi tentunya pergerakan gambar bakal terlihat lebih mulus.

svg%3E

Sayangnya Anda tidak bisa mengunci refresh rate di 120Hz seterusnya. Opsinya hanya Adaptif, yaitu menyesuaikan refresh rate sampai dengan 120Hz tergantung konten, atau Standar yang mengunci refresh rate di 60Hz saja.

Bagaimana dengan tingkat kecerahannya? Masih tergolong baik karena konten dapat terlihat dengan lumayan jelas di bawah sinar matahari. Sajian warnanya pun cukup sedap dipandang. Secara keseluruhan tidak ada keluhan berarti soal layar Galaxy A23 5G walaupun panelnya bukan Super AMOLED.

Sedikit membahas audio, smartphone ini hanya menyediakan speaker mono saja. Belum stereo seperti kebanyakan ponsel pesaing.

Kamera 50 MP dengan OIS

svg%3E

Samsung Galaxy A23 5G didukung kamera utama 50 MP yang dilengkapi OIS (Optical Image Stabilization) yang diklaim Samsung jago untuk foto maupun video. Ada juga kamera pendamping yang terdiri dari ultra-wide 5 MP, depth sensor 2 MP, dan makro 2 MP. Untuk selfie, pengguna disuguhkan kamera depan 5 MP.

Portrait Galaxy A23 5G

Hasil fotonya seperti kebanyakan kamera ponsel kelas menengah pada umumnya. Pada kondisi cahaya yang pas, detail bakal tertangkap dengan baik sehingga foto terlihat tajam. Pada kondisi tertentu reproduksi warnanya tampak kurang natural, dan dynamic range-nya agak terbatas. Yang cukup disayangkan adalah kamera selfie-nya. Entah kenapa hasilnya kurang tajam dan banyak noise, meski pemotretan dilakukan pada kondisi cahaya yang ideal.

mode auto Galaxy A23 5G (4)

mode auto Galaxy A23 5G (3)

svg%3E

ultra-wide Galaxy A23 5G (2)

Selfie Galaxy A23 5G (1)

Selfie Galaxy A23 5G (2)

Sementara untuk foto di dalam ruangan menggunakan kamera utama, hasilnya masih lumayan oke asalkan cahayanya tidak terlalu minim. Untuk foto selfie menggunakan kamera depan pun masih perlu peningkatan. Samsung mungkin perlu merilis update untuk mengoptimalkan potensi dari kameranya.

Indoor (auto) Galaxy A23 5G (2)

Indoor (auto) Galaxy A23 5G (1)

Ultra Wide Galaxy A23 5G

Kamera Galaxy A23 5G hanya mampu merekam video di resolusi maksimal 1080p 30 fps, baik menggunakan kamera belakang maupun kamera depan. Kalau saja ada opsi 60 fps pastinya lebih menarik. Selain itu, stabilisasi videonya terasa kurang bila Anda merekam sambil berjalan.

1080p 30 fps Galaxy A23 5G

rekaman indoor Galaxy A23 5G 1080p 30fps

1080p 30 fps selfie Galaxy A23 5G

Performa gesit, baterai awet

Galaxy A23 5G dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G, yang ditemani RAM 6 GB dan storage internal 128 GB. Samsung tidak lupa memberikan fitur RAM Plus untuk menambahkan RAM ekstra hingga 6 GB, sehingga totalnya bisa mencapai 12 GB. Sedangkan untuk ruang penyimpanan, jika masih kurang Anda bisa memasang microSD.

Sesuai dugaan, Snapdragon 695 mampu memberikan performa yang gesit untuk pemakaian sehari-hari. Membuka dan beralih antar aplikasi terasa cepat, tanpa lag. Untuk Anda yang kebutuhan dasarnya hanya seputar komunikasi, media sosial, foto dan video, serta gaming ringan, Galaxy A23 5G sudah mampu memberikan kinerja yang amat memadai.

Lebih lanjut soal gaming, game seperti PUBG Mobile bisa dimainkan dengan lancar di setting grafis Smooth-Ultra. Sementara game yang lebih ringan seperti Mobile Legends dapat dijalankan dengan frame rate rata-rata di 60 fps tanpa kendala. Kalau mau memaksimalkan refresh rate 120Hz dari layarnya, Anda bisa mencoba memainkan Subway Surfer.

Beralih ke baterai, kapasitas 5.000 mAh tentunya cukup untuk menemani aktivitas seharian penuh. Terlebih manajemen daya Galaxy A23 5G tergolong baik. Untuk charging, menggunakan charger bawaan 15W butuh waktu sekitar 1,5 jam untuk dapat terisi penuh 100 persen. Kalau ingin lebih cepat, Anda bisa membeli charger 25W secara terpisah.

Kesimpulan

Galaxy A23 5G dijual dengan harga Rp3.999.000. Selain 5G, perbedaan utama antara Galaxy A23 LTE dengan Galaxy A23 5G ada pada refresh rate layar. Upgrade yang lumayan terutama jika Anda merasa dukungan 5G dan refresh rate tinggi adalah fitur wajib dalam memilih daily driver. Namun jika belum butuh 5G, meminang versi LTE-nya merupakan pilihan yang lebih bijak karena harganya jauh lebih terjangkau, yakni kisaran 3 sampai 3,2 jutaan.

Kelebihan Samsung Galaxy A23 5G:

  • Desain modern dengan pilihan warna yang menarik
  • Layar 120Hz
  • Mendukung jaringan 5G
  • Performa mulus untuk pemakaian sehari-hari dan gaming (dengan setting grafis yang pas)
  • Kamera cukup baik di kondisi cahaya ideal
  • Baterai tahan lama
  • Ada NFC
  • Triple slot
  • Masih dapat charger, walaupun hanya 15W

Kekurangan Samsung Galaxy A23 5G:

  • Fungsi stabilisasi pada perekaman video kurang oke
  • Hasil foto kamera selfie kurang tajam dan banyak noise
  • Perekaman video maksimal hanya 1080p 30fps, tidak ada opsi 60fps
  • Speaker belum stereo

Galaxy A23 5G cocok untuk:

  • Pengguna yang ingin beralih ke 5G: Galaxy A23 5G bisa dipertimbangkan jika Anda ingin beralih dari ponsel 4G ke 5G.
  • Penggemar media sosial: Anda yang gemar foto-foto dan mengunggahnya ke media sosial bisa mengandalkan kamera ponsel ini, asalnya cahaya memadai.
  • Pelajar/mahasiswa: Galaxy A23 5G termasuk komplit untuk menunjang produktivitas dan kreativitas anak muda. Desainnya pun modern.
  • Karyawan: Performa yang cukup seimbang di hampir sektor membuat ponsel ini cocok untuk bekerja. Ada pula Samsung Knox untuk keamanan.
  • Penggemar Netflix/drama Korea: Layar ponsel ini cukup memanjakan mata, dan cocok untuk menonton konten-konten dari layanan streaming seperti Netflix.
Galaxy A23 5G
Samsung Galaxy A23 5G
Galaxy A23 5G bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin beralih dari ponsel 4G ke ponsel 5G.
Desain
8
Performa
8
Kamera
7
Baterai
8
Harga
7.5
Reader Rating0 Votes
0
7.7
Verified by MonsterInsights