Instagram Rilis Sederet Fitur Anti Bullying

Pada acara Creator Week 2022 di Bali baru-baru ini, Instagram mengumumkan kehadiran beberapa fitur yang ditujukan untuk melindungi pengguna dari aksi perundungan atau bullying. Apa saja fitur yang dimaksud?

Fitur anti bullying di Instagram

Instagram

Dalam siaran pers yang diterima Yangcanggih, Instagram menjelaskan bahwa fitur anti perundungan pertama adalah Multi-Blokir. Fitur ini didesain agar orang yang sudah diblokir tidak bisa mengulang perilakunya, meski mereka membuat akun baru.

Yang menarik, berdasarkan tes awal yang dilakukan oleh pihak perusahaan, fitur ini telah mengurangi jumlah akun yang diblokir para publik figur di seluruh dunia hingga 4 juta akun.

Fitur kedua disebut Kata-Kata Tersembunyi (Hidden Words). Sejak dirilis tahun lalu, data internal menunjukkan penurunan hingga 40% dalam jumlah komentar negatif saat seseorang mengaktifkan fitur Hidden Words.

Fitur ini sekarang diperluas untuk mencakup pesan ofensif di DM yang dikirim orang melalui balasan Stories. Instagram juga menambahkan daftar kata-kata di Hidden Words dari berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Fitur ini akan dinyalakan secara otomatis bagi pengguna yang menggunakan opsi Akun Kreator.

Terakhir adalah Nudges, fitur yang berguna untuk memberi peringatan saat seseorang mengetik kata-kata bersifat negatif. Fitur ini sekarang tersedia di kolom komentar, dan pengguna akan mendapatkan notifikasi untuk berhenti sebelum mereka menggunakan kata-kata yang dipindai bersifat ofensif oleh sistem Instagram. Fitur ini tersedia dalam Bahasa Inggris, dan akan diperluas ke bahasa lain dalam waktu dekat.

Verified by MonsterInsights