Canon Speedlite EL-5: Flash Pertama Khusus Untuk Mirrorless EOS R

Ekosistem aksesoris untuk mirrorless full frame Canon EOS R bertambah. Canon Speedlite EL-5 akan menjadi flash pertama yang khusus diciptakan untuk EOS R.

Canon Speedlite EL-5

Fitur Canon Speedlite EL-5

EL-5 hadir dengan mengadopsi fitur flash kelas profesional Speedlite EL-1 yang dirilis tahun 2020 lalu. Tapi, rancangan bodinya lebih ringkas dan harga jualnya lebih murah.

Perbedaan keduanya ada di kipas pendingin. EL-5 tidak dilengkapi sistem pendingin seperti EL-1. Jadi, kinerjanya lebih terbatas. Di pengaturan output cahaya maksimum EL-1 bisa digunakan hingga 335 kali. Sementara, EL-5 terbatas hanya 95 kali saja. Jika output cahaya diatur lebih rendah EL-5 bisa digunakan hingga 350 kali untuk sekali isi ulang baterai.

Canon Speedlite EL-5

Perbedaan lain ada di waktu recycle. Setiap satu jepretan foto EL-5 membutuhkan waktu recycle sekitar 1,2 detik di pengaturan output cahaya maksimum. EL-1 jauh lebih singkat hanya sekitar 0,9 detik saja.

Kabar baiknya, GN (Guide Number) dan power output maksimum EL-5 sama seperti EL-1. Flash ini menawarkan GN 60m di 200mm (ISO 100) dengan power output maksimum 76Ws. Sangat mengesankan mengingat harga jualnya jauh lebih murah dari EL-1.

Canon Speedlite EL-5

Beberapa fitur EL-1 yang ada di EL-5 antara lain baterai isi ulang lithium-ion, sirkuit high-speed charging, antara muka yang sama dengan layar LCD dan kendali joystick. Selain itu, EL-5 juga sudah dirancang tahan cuaca.

Canon Speedlite EL-5

EL-5 mengusung konektor Canon Multi-Function Shoe. Ini menjadikannya terbatas bisa digunakan di kamera mirrorless EOS R. Kamera yang kompatibel dengan flash ini antara lain EOS R3, EOS R7, EOS R10 dan EOS R6 Mark II.

Harga dan ketersediaan

EL-5 rencananya akan tersedia di bulan Maret 2023. Harga Canon EOS EL-5 US$400. Jauh lebih murah daripada EL-1 yang harganya US$900.

Verified by MonsterInsights