Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Mengenal Teknologi Quadra Binning dan RGBW OPPO Reno8 yang Mampu Tingkatkan Kemampuan Portrait

OPPO Indonesia mengungkap teknologi Quadra Binning dan RGBW pada smartphone terbarunya, Reno8, yang diklaim mampu meningkatkan kemampuan fotografi portrait. Selain itu, smartphone ini juga didukung algoritme AI cerdas yang ditanamkan pada chipset di dalamnya.

Mengenal teknologi Quadra Binning dan RGBW

OPPO Reno8

Dalam keterangan tertulisnya, Senin (31/10), OPPO menjelaskan bahwa hal paling penting untuk mendapatkan gambar yang lebih tajam, lebih jelas, dan lebih cerah adalah dengan mengumpulkan cahaya yang cukup pada sensor kamera. OPPO menemukan solusi inovatif untuk meningkatkan sensitivitas cahaya dengan mengadopsi desain piksel RGBW (merah, hijau, biru, dan putih).

Perlu diketahui bahwa OPPO sudah menggunakan desain sensor RGBW sejak 2015. Saat itu, teknologi ini tersedia pada perangkat OPPO R7 Plus yang mampu meningkatkan sensitivitas cahaya hingga 32%. Setelah meningkatkan sensitivitas cahaya, apa lagi yang diperlukan?

Menurut OPPO, masalah masih akan ditemui pada daya komputasi yang terbatas dari sensor gambar tradisional dan crosstalk sinyal antarpiksel. Masalah ini menyebabkan gambar yang diambil menggunakan sensor RGBW generasi awal ini rentan terhadap chromatic aberration dan warna yang tidak akurat.

Di tahun 2019, tim riset dan pengembangan OPPO terinspirasi oleh teknologi Quadra Binning yang melakukan penambahan dua sub-piksel putih ke setiap piksel merah, hijau, dan biru. Hasilnya setiap piksel mampu mendeteksi sinyal ‘berwarna’ dan spektrum yang lebih terang.

RGBW OPPO Reno8
RGBW

Tim peneliti juga menerapkan teknologi DTI (Deep Trench Isolation), sehingga setiap piksel dapat berfungsi secara independen tanpa bepengaruh pada yang lainnya. Setelah tiga tahun pengembangan, OPPO akhirnya berhasil menemukan terobosan teknologi baru dan sudah memperoleh 87 paten.

Pada September 2019, OPPO bekerja sama dengan Sony dalam membuat sensor RGBW generasi baru dan berhasil mengintegrasikan algoritme Quadra Binning ke dalam sensor RGBW, yang kini dikenal dengan nama IMX709 Ultra-Sensing Sensor.

Tertanam di kamera selfie OPPO Reno8

Selama pengembangan, tim R&D OPPO juga bekerja sama dengan produsen chipset seperti Qualcomm dan MediaTek untuk melakukan tes kompatibilitas pada IMX709, guna memastikan kompatibilitas sensor dengan SoC smartphone terbaik. Sensor IMX709 mampu menangkap 60% lebih banyak cahaya dan mengurangi noise hingga 35% jika dibandingkan dengan IMX615.

Sensor flagship IMX709 RGBW ini ditanamkan pada kamera selfie atau kamera depan OPPO Reno8 yang memiliki resolusi 32MP. Dengan perpaduan tersebut, OPPO Reno8 mampu memberikan gambar lebih jelas dan lebih cerah dalam kondisi lingkungan yang gelap.

OPPO Reno8 juga didukung beragam fitur kamera menarik seperti Bokeh Flare Portrait, Selfie HDR, Portrait Retouching, AI Palette, Ultra-Clear 108MP Image, AI Scene Enhancement, Flash Snapshot, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button