Review OPPO Enco Air2 Pro

svg%3E
8.1
Cek Harga

Selain Enco Buds2, OPPO Indonesia juga meluncurkan satu TWS lainnya yaitu Enco Air2 Pro. Dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibanding saudaranya, tentu teman-teman canggih boleh berharap perangkat ini mampu menyajikan kualitas audio yang lebih memanjakan telinga.

Penasaran bagaimana pengalaman saya selama mencoba OPPO Enco Air2 Pro? Yuk, langsung saja simak review di bawah ini!

Desain bertangkai yang super nyaman

Sama seperti Enco Buds2, OPPO kembali mengusung desain bertangkai lengkap dengan eartip berbahan silikon yang nyaman dipakai. Housing-nya agak besar, tapi tidak berlebihan sehingga masih ideal untuk Anda yang memiliki rongga telinga kecil.

OPPO Enco Air2 Pro
Morgan Oey dengan OPPO Enco Air2 Pro

OPPO Enco Air2 Pro merupakan TWS yang ringan. Bobotnya hanya 4,3 gram saja untuk masing-masing earbud. Saya selalu menggunakan TWS ini sehari-hari sambil bekerja. Sejauh pengujian, tidak ada rasa tekanan yang mengganggu di telinga dan amat nyaman untuk pemakaian berjam-jam.

Saya juga sempat mencoba menggunakan Enco Air2 Pro untuk jogging di pagi hari. Walaupun saya bergerak cukup aktif, TWS ini tetap aman di telinga alias tidak mudah lepas. Ada pula sertifikasi IP54 yang artinya tahan terhadap cipratan air, jadi tidak perlu khawatir ketika berkeringat.

svg%3E

Selain beberapa hal di atas, tidak banyak yang bisa diceritakan soal desain earbud dari Enco Air2 Pro. Yang cukup menarik perhatian justru casing-nya. Kalau teman-teman canggih masih ingat OPPO Enco Air generasi lama yang meluncur tahun lalu, tentu bakal familiar dengan desain Refractive Bubble pada casing tersebut. OPPO kembali mengedepankan tutup casing dengan sentuhan transparan yang unik, meskipun kali ini tidak transparan seluruhnya.

svg%3E

Di bagian depan casing terdapat LED indikator. Sementara di bagian bawah ada port USB-C untuk charging. Yang saya suka, masing-masing earbud punya tulisan L dan R yang cukup besar sehingga lebih memudahkan ketika mengembalikannya ke dalam casing.

svg%3E

Soal warna, sama seperti Enco Buds2 saya kembali mendapatkan unit review berwarna putih. Sejauh ini memang hanya warna putih saja yang tersedia di pasaran.

Dukungan ANC dan mode Transparency

Dengan harga yang lebih tinggi, wajar jika OPPO Enco Air2 Pro sudah dibekali fitur Active Noise Cancellation. Kemampuan peredam bisingnya menurut saya sudah cukup baik. Suara frekuensi rendah bisa diblokir, dan suara frekuensi tinggi masih sedikit terdengar. Berkat ANC, saya juga sempat merasakan pengalaman baru bermeditasi di tengah keramaian Plaza Indonesia, dengan bantuan Enco Air2 Pro ditambah fitur O-Relax dari ponsel OPPO.

svg%3E

Kalau teman-teman canggih sedang berada di luar ruangan, saya sarankan untuk mengaktifkan mode Transparency agar tetap bisa mendengar suara dari lingkungan sekitar. Mode ini cocok digunakan misalnya ketika sedang berjalan kaki di trotoar atau sedang berolahraga, sehingga bisa mengetahui ketika ada motor ada mobil yang melintas.

Untuk kebutuhan komunikasi, TWS ini dilengkapi dua mikrofon dengan algorima AI Noise Cancellation agar teman-teman canggih bisa bisa mendengar dan didengar secara jelas, termasuk ketika melakukan panggilan di tempat ramai.

Enco Air2 Pro juga memiliki In-Ear Detection, fitur yang belum tersedia pada Enco Buds2. Sesuai namanya, Fitur tersebut secara cerdas akan menjeda (pause) musik saat dilepas dari telinga, dan bakal memutarnya lagi ketika earbuds kembali terpasang di telinga.

Proses pairing dengan smartphone pun sangat mudah, apalagi kalau teman-teman canggih memakai ponsel OPPO, misalnya Reno8 Series. Lewat fitur Flash Connect, cukup buka casing-nya lalu smartphone OPPO akan langsung mendeteksi Enco Air2 Pro dan menghubungkannya secara otomatis.

OPPO pun menanamkan fitur Dual Device Fast Switching, agar teman-teman canggih bisa menghubungkannya ke dua perangkat secara bersamaan, lalu beralih antar perangkat dengan instan hanya dengan menyentuh dan menahan earbuds.

Audio mantap

Untuk kelas harganya, bisa dibilang OPPO Enco Air2 Pro merupakan salah satu TWS dengan kualitas audio terbaik. Berbekal driver diafragma besar Titanized 12,4mm yang memiliki area getaran 89 persen lebih besar dibanding driver 9mm pada TWS kebanyakan, bass yang disajikan terdengar lebih dalam dan rentang suaranya lebih luas.

Posisi vokal berada di depan, tidak terdengar di belakang alias tenggelam. Sound stage-nya jauh lebih baik dari Enco Buds2. Separasi antar frekuensi suara lebih jelas, tidak saling tumpang tindih. High-nya jernih namun tidak menusuk telinga.

svg%3E

Saya mencoba mendengarkan Wilderness dari Explosions In The Sky. Menurut pendengaran saya, masing-masing instrumen baik pada frekuensi low, mid, atau high terdengar cukup seimbang. Sound stage-nya juga terdengar cukup megah di lagu ini.

Saya juga sempat mencoba mendengarkan Paper Trails dari DARKSIDE untuk menguji bagaimana kemampuan OPPO Enco Buds2 dalam menangani bass. Walaupun punya kualitas bass yang nendang, bagi saya kurang enak jika detail dari frekuensi low-nya tidak bisa terdengar jelas atau lebih dominan dentuman saja.

Ternyata TWS ini masih bisa menyajikan bassline dan vokal low dari lagu ini dengan artikulasi yang baik. Detail low-nya oke. Lagu selanjutnya, Los Angeles dari The Midnight, tidak ada kendala sama sekali. Vokal terdengar jernih, empuk, detail mid-nya baik, dan hentakan kick serta snare-nya pas.

Untuk lagu rock, saya memilih IL SOGNO dari Isyana Sarasvati feat. DeadSquad. Saya cukup bisa menikmati lagu ini menggunakan Enco Air2 Pro, walaupun pada beberapa bagian terkadang terasa kurang seimbang.

Baterai tahan lama

Enco Air2 Pro memiliki baterai 43 mAh pada masing-masing earbud, dan 440 mAh di casing-nya. Daya tahan baterainya kurang lebih sekitar 5 jam jika ANC aktif, atau sampai 7 jam tanpa ANC. Jika ditambah baterai dari casing, total durasi pemakaian bisa sampai 28 jam (tanpa ANC). Charging butuh waktu sekitar 120 menit.

svg%3E

TWS untuk musik dan komunikasi

Kesimpulannya, OPPO Enco Air2 Pro mampu memberikan kualitas yang cukup sesuai dengan harapan saya. Kualitas audionya mantap untuk mendengarkan berbagai genre musik, sudah ada ANC dan mode transparan, serta asyik untuk dipakai komunikasi misalnya video call atau zoom meeting. Bagi yang gemar main game, TWS ini juga punya game mode agar latensinya rendah.

Bagi yang berminat, Enco Air2 Pro dijual dengan harga Rp1.099.000. Pembelian bisa melalui OPPO Store maupun toko retail OPPO lainnya.

Kelebihan OPPO Enco Air2 Pro:

  • Desain casing menarik
  • Ringan dan nyaman dipakai berjam-jam
  • Kualitas audio cukup memuaskan
  • Sudah didukung ANC dan mode Transparency
  • Fitur lengkap, termasuk in-ear detection dan kontrol sentuh
  • Komunikasi jernih dan minim noise
  • Baterai awet
  • Paket penjualan sudah termasuk kabel USB-C dan eartip ekstra
  • Rating IP54

Kekurangan OPPO Enco Air2 Pro:

  • Harga lebih mahal dari Enco Air sebelumnya
  • Akan lebih menarik jika opsi warna lain sudah tersedia, tidak hanya putih

OPPO Enco Air2 Pro cocok untuk:

  • Penggemar musik: Anda yang gemar mendengarkan beragam genre musik dan wajib memasukkan Enco Air2 Pro dalam daftar belanja.
  • Penggemar Netflix/drakor: Dengan latensi yang rendah dan koneksi stabil, TWS ini cukup ideal untuk menemani menonton film atau series favorit.
  • Gamer: Mode gaming memungkinkan bermain game tanpa delay yang mengganggu antara video dan audio
  • Karyawan: Komunikasi melalui panggilan suara atau ketika meeting online terdengar jernih dan minim noise. Cocok untuk yang sering kerja dari mana saja, misalnya di cafe.
SpesifikasiOPPO Enco Air2 Pro
WarnaPutih
Berat4,3 gram (masing-masing earbud), 41 gram (casing)
Dimensi casing66,84 x 51,45 x 25,04 mm
DriverTitanized 12,4mm
FiturActive Noise Cancellation, AI Noise Cancellation, Transparency
Resolution: 240 x 280240 x 280
Bluetooth5.2
CodecAAC/SBC
Baterai5 jam (ANC aktif), 7 jam (tanpa ANC), hingga 28 jam ditambah battery case
Waktu charging120 menit (earbud + casing pengisi daya
RatingIP54
HargaRp1.099.000
svg%3E
OPPO Enco Air2 Pro
Kualitas audionya mantap untuk mendengarkan berbagai genre musik, sudah ada ANC dan mode transparan, serta asyik untuk dipakai komunikasi misalnya video call atau zoom meeting
8.1
Cek Harga
Verified by MonsterInsights