[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba Lenovo ThinkPad Z16

Lenovo akan segera merilis ThinkPad Z16 ke Indonesia. Laptop bisnis ini sangat istimewa. Bahkan, berbeda dengan varian ThinkPad yang pernah ada sebelumnya. Ini karena ThinkPad Z16 dikembangkan dengan mengedepankan kontribusi pada kelestarian lingkungan. Fitur dan performanya juga sangat menggiurkan untuk sebuah laptop bisnis. Yuk, langsung saja simak kesan pertama kami!

Lenovo ThinkPad Z16

1. Desain modern yang mewah

Modern dan mewah. Itulah kesan pertama saat berjumpa dengan ThinkPad Z16. Gaya laptop ThinkPad klasik yang monoton dan serba hitam resmi ditinggalkan. Gantinya, bodinya kini dilapisi dengan warna artic grey.

Tampilannya yang kekinian dipadukan dengan rancangan bodi yang tipis dan ringan. Bobotnya hanya sekitar 1,9 Kg. Tergolong ringan untuk sebuah laptop 16 inci. Jadi, ideal untuk para pebisnis dan profesional yang mobilitasnya tinggi.

2. Tetap tangguh dengan Material yang ramah lingkungan

Lenovo ThinkPad Z16

Keistimewaan yang paling utama dari ThinkPad Z16 ada di materialnya. ThinkPad Z16 adalah laptop bisnis ThinkPad yang paling ramah lingkungan. Rancangan bodinya terbuat dari 75% material alumunium daur ulang. Walau mengusung material daur ulang, sebagai laptop bisnis ThinkPad Z16 tetap tangguh. Rancangan bodinya sudah memenuhi standar militer MIL-STD-810H.

Material daur ulang juga digunakan di power adapternya. Sementara, untuk kotak kemasannya terbuat dari material bambu dan serat tebu daur ulang. Penggunaan material yang berkelanjutan dan ramah lingkungan ini menjadi bukti komitmen Lenovo untuk ikut berkontribusi dalam pelestarian lingkungan.

3. Layar sentuh OLED 16 inci

Lenovo ThinkPad Z16

Bergeser ke area layar ThinkPad Z16 membawa panel layar sentuh OLED 16 inci. Panel layarnya hadir dengan bezel yang sangat tipis. Rasio layar ke bodinya mencapai 92.3%. Imbasnya, area webcam dirancang sedikit menonjol keluar.

Resolusi layarnya 3840 x 2400 pixel dengan rasio aspek 16:10. Selain terlihat tajam tampilan di layarnya juga kaya warna dengan standar cakupan warna sRGB 100%. Untuk kenyamanan pengguna panel layarnya tersebut telah dilapisi lapisan anti reflektif dan anti smudge. Jadi, tidak memantulkan bayangan dan tidak akan meninggalkan jejak jari saat layarnya disentuh. Fitur lain, layar ThinkPad Z16 sudah mendukung Dolby Vision dan mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland.

4. Performa kencang dengan AMD Ryzen 6000 Pro

svg%3E

Menurut Lenovo, ThinkPad Z16 menjadi salah satu ThinkPad pertama yang didukung prosesor dan kartu grafis diskrit dari AMD. Tidak tanggung-tanggung prosesor yang digunakan adalah AMD Ryzen 6000 Pro H-Series. Opsi yang tersedia hingga AMD Ryzen 9 PRO 6950H. Sementara, sektor grafisnya dipercayakan pada kartu grafis AMD Radeon RX 6500M 4GB dengan TGP 135W. Dengan spesifikasinya tersebut laptop ini tidak hanya bisa diandalkan untuk produktivitas saja. Tapi, bisa juga untuk konten kreasi, dan bermain game untuk hiburan di waktu luang.

Sekilas spesifikasi Lenovo ThinkPad Z16:

ThinkPad Z16
OSWindows 11
Prosesorup to AMD Ryzen 9 Pro 6950H
RAMUp to 32GB LPDDR5
Kartu grafisup to AMD Radeon RX6500M 4GB
Ruang penyimpananUp to 2TB M.2 PCIe 4.0 SSD
Layar16 inches
16:10 aspect ratio
1920×1200 (WUXGA)
400 nits, Low power
Touch (optional)
3840×2400 (WQUXGA)
OLED, 400 nits
Touch, Low blue light
Dolby Vision
KonektivitasThree USB-C (USB4)
3.5mm audio
SD card reader
AudioDolby Atmos
Dolby Voice
WirelessWi-Fi 6E
Bluetooth 5.2
4G LTE
KameraFront-facing FHD
IR camera
eShutter
KeyboardBacklit
Touchpad120mm Haptic ForcePad
PengamanFingerprint reader
Baterai70Wh
Dimensi13.95 x 9.34 x 0.62 inches
(354.4mm x 237.4mm x 15.8mm)
Bobot4.3 pounds (1.97kg)
WarnaArctic Grey Recycle

 

5. Touchpad unik dan Trackpoint fungsional

Lenovo ThinkPad Z16

Ciri khas ThinkPad yang tetap dipertahankan ThinkPad Z16 adalah titik merah trackpoint yang ada di area keyboard. Tapi, trackpoint ThinkPad Z16 berbeda dengan trackpoint ThinkPad standar.

Lenovo ThinkPad Z16

Selain untuk navigasi kursor mouse, Trackpoint ThinkPad Z16 kini ditambahkan fungsi double tap. Jadi, saat trackpoint di tap dua kali akan langsung membuka akses ke fitur Communication Quick Menu. Di menu ini Anda bisa mengakses pengaturan kamera dan mikrofon dengan lebih cepat.

Meski masuk kategori laptop 16 inci area keyboard ThinkPad Z16 tidak dilengkapi dengan tombol Num. Di keyboardnya juga bisa ditemukan sensor sidik jari dan tombol pintas F9 untuk mematikan fungsi kamera saat tidak digunakan.

Lenovo ThinkPad Z16

Paling mencuri perhatian adalah area Trackpad mouse-nya yang sangat besar. Trackpad mouse yang bernama ForcePad ini mengusung material kaca. Tidak ada tombol klik kiri dan kanan seperti trackpad mouse ThinkPad umumnya. Gantinya dengan teknologi haptic seluruh area touchpad bisa di tap. Saat kami mencobanya memang terasa agak sedikit aneh. Jadi, perlu adaptasi untuk terbiasa dengan teknologi baru ini.

Harga dan ketersediaan

Laptop ini rencananya akan tersedia di Indonesia bulan Desember 2022. Tapi, untuk segmen korporasi ThinkPad Z16 sudah mulai bisa dipesan. Perkiraan harga Lenovo ThinkPad Z16 nanti di pasaran ada di kisaran mulai dari 45 Jutaan Rupiah.

Verified by MonsterInsights