Mengintip Proses Produksi OPPO A77s yang Mengusung Standar OPPO Enduring Quality

Pabrik baru dengan kualitas internasional

OPPO A77s sudah resmi diperkenalkan di Indonesia pada 13 Oktober 2022 lalu. Tampil mewah dengan desain kulit fiberglass, perangkat ini juga dibuat menggunakan standar OPPO Enduring Quality sehingga tangguh untuk pemakaian jangka panjang.

Untuk memamerkan seperti apa kualitas produksi dari A77s, OPPO Indonesia, Selasa (18/10), mengajak awak media untuk berkunjung langsung ke pabrik baru OPPO yang berlokasi di Kecamatan Periuk, Tangerang. Penasaran bagaimana ponsel ini dibuat dan pengujian apa saja yang dilakukan OPPO untuk memastikan kekuatannya? Yuk, langsung saja simak!

Proses produksi OPPO A77s

OPPO A77s

Pabrik OPPO di Periuk baru beroperasi sejak awal Agustus 2022. Dibandingkan dengan pabrik lama, pabrik baru ini jauh lebih besar dengan luas lahan mencapai 10 hektar, dan sudah menggunakan OPS (OPPO Production System) yang mengadopsi Lean Manufacturing System.

Dengan sistem berstandar internasional ini, proses produksi OPPO A77s menjadi lebih efisien dalam hal waktu dan kualitas. Sistem tersebut mempersingkat waktu menggunakan conveyor belt mulai dari tahap assembly hingga packing secara berkelanjutan.

svg%3E

Menariknya lagi, produksi A77s juga telah dimodernisasi dengan menggunakan digitalisasi big data terkait dengan output monitoring, yang dilakukan secara real-time baik mesin pada produksi ataupun kualitas produk.

Yangcanggih.com bersama awak media lainnya diajak mengikuti alur pembuatan A77s, mulai dari awal sampai ke barang jadi yang siap dijual. Proses pembuatannya cepat. Selain karena warehouse yang terintegrasi dengan production line (hanya berbeda lantai), dalam satu production line sepanjang kurang lebih 50 meter didukung banyak karyawan dan mesin berteknologi canggih. Satu production line dapat membuat hingga 2.800 unit perangkat per hari.

svg%3E

OPPO juga telah memastikan komponen yang terpilih sudah lolos uji pemeriksaan sebelum masuk ke tahap produksi. Pada lini produksi, OPPO juga akan mengambil sampel acak dari produk OPPO A77s yang sudah dibuat untuk kemudian dilakukan uji kontrol kualitas. Apabila ditemukan permasalahan pada lini produksi, maka secara otomatis proses produksi pada lini tersebut akan dihentikan.

Sekilas tentang OPPO Enduring Quality

Seperti disebutkan di atas, OPPO A77s merupakan perangkat yang dibuat dengan standar OPPO Enduring Quality. Singkatnya, melalui standar ini OPPO berkomitmen untuk memastikan A77s bisa sampai di tangan konsumen dalam kualitas terbaik, dan juga tangguh untuk pemakaian jangka panjang.

“Lini seri A dibuat dengan menggunakan standar tertinggi OPPO yang kami sebut sebagai OPPO Enduring Quality, terdiri dari berbagai macam uji baik uji komprehensif maupun uji keandalan. Walaupun termasuk dalam lini kelas menengah, produksi perangkat OPPO A77s selalu diutamakan kualitasnya,” kata Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia.

svg%3E

OPPO Enduring Quality terdiri dari 6 uji utama termasuk di antaranya uji jatuh dari ketinggian, uji jatuh, tahan air, radiasi, perubahan iklim, dan tes kualitas sinyal. Lebih dari itu, OPPO juga melakukan uji tekan pada tombol daya sebanyak 500.000 kali, uji tekan tombol suara sebanyak 150.000 kali, uji cabut pasang pada lubang audio 3,5mm sebanyak 10.000 kali, dan uji cabut pasang pada port USB sebanyak 20.000 kali.

Agar lebih bisa diandalkan di berbagai kondisi, OPPO juga melengkapi perangkat ini dengan sertifikasi IP5X yang berarti tahan terhadap debu dan IPX4 yang berarti tahan terhadap cipratan air normal. Selain itu, di pabrik OPPO juga dilakukan berbagai macam pengujian hingga mencapai 30 jenis uji kontrol kualitas yang berkaitan dengan beragam aktivitas konsumen saat menggunakan perangkat smartphone, di antaranya uji hasil kamera dan uji speaker.

svg%3E

Tidak hanya pada perangkat smartphone, pengujian juga dilakukan terhadap aksesoris seperti kabel smartphone dengan cara memberikan beban untuk melihat kekuatannya dan memastikan kabel daya tidak mudah putus.

Verified by MonsterInsights