Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Galaxy Z Flip4 5G hadir di Indonesia sebagai penerus Flip3. Jika Dibandingkanpendahulunya, smartphone ini masih tampil dengan desain senada tapi dengan kenyamanan dan kepraktisan pemakaian yang lebih baik. Selain itu, kekuatan fisiknya juga ditingkatnya dan pastinya didukung performa serta kamera yang semakin canggih.

Untuk Anda yang berminat meminang Galaxy Z Flip4 5G dalam waktu dekat, berikut kami sajikan apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip4

1. Lebih kuat dan lebih ringkas

Galaxy Z Flip4 5G

Anda tidak perlu khawatir soal ketahanan desainnya. Dari pengujian kami yang sempat menjatuhkan Flip4 beberapa kali secara tidak sengaja, ponsel lipat ini memiliki kualitas rancang bangun yang cukup kokoh.

Penggunaan Corning Gorilla Glass Victus+ membuat layar dan ponsel lebih tahan terhadap benturan. Sementara Ultra Thin Glass yang meningkatkan ketahanan layar saat dibuka tutup. Dari segi dimensi pun perangkat ini lebih ringkas dibanding generasi sebelumnya.

2. Kinerja gegas untuk beragam tugas

Samsung Galaxy Z Flip4 5G mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Plus Gen 1 (4nm) dan RAM LPDDR5 8GB yang cepat. Hasilnya adalah kinerja yang gegas untuk beragam tugas, termasuk gaming berat sekalipun.

3. Kualitas tampilan layarnya amat baik

Layar Flip4 mampu menampilkan visual yang memanjakan mata. Warna terlihat dalam, dengan kontras yang tinggi. Begitu juga respons layar terhadap sentuhan. Layarnya juga cocok untuk diajak main game, walaupun layarnya terlihat lebih melebar (atau memanjang) dibandingkan layar ponsel kebanyakan.

svg%3E

Dukungan refresh rate 120Hz akan membuat pengalaman main game menyenangkan bagi game yang kompatibel. Namun perlu diingatkan bahwa mengaktifkan refresh rate 120Hz akan membuat konsumsi baterai lebih boros.

Bagian lipatan di tengah layar akan terlihat jika Anda baru pertama kali menggunakannya untuk main game atau menonton video. Tapi begitu terbiasa, lipatan itu tidak akan terasa mengganggu.

4. Kamera utama di cover terbilang bagus

Hasil foto kamera utama di kondisi cahaya ideal seperti di luar ruangan terlihat amat baik, dengan detil dan warna yang menyenangkan di mata. Bahkan jika Anda memotret dari jarak cukup dekat, efek bokeh yang dihasilkan juga cukup alami.

20220811_114146_114549

20220908_160647

20220903_164226

Beralih ke kondisi minim cahaya, hasil fotonya masih termasuk bagus walaupun terlihat penurunan detil dan ketajaman jika foto dilihat dalam perbesaran 100%. Noise cukup minim dan baru terlihat kentara di area gelap.

20220903_181042

Yang menarik, Anda juga bisa menggunakan kamera utama ini untuk selfie dengan layar cover sebagai viewfinder. Suatu keunggulan ponsel lipat yang tidak tersedia pada ponsel biasa. Sangat bermanfaat khususnya ketika selfie di kondisi minim cahaya.

20220903_181107

5. Cover Screen fungsional

Seperti disebutkan sebelumnya, Cover Screen Flip4 dapat dialihfungsikan menjadi viewfinder untuk mengatur komposisi saat Anda mengambil foto dengan kamera utamanya yang memiliki spesifikasi lebih baik.

svg%3E

6. Desain lipat memudahkan pengambilan foto dan video

Satu keuntungan desain lipat Flip4 adalah kemudahan untuk memotret dari berbagai sudut tanpa bantuan tripod, yang seringkali susah diwujudkan dengan ponsel biasa. Contohnya seperti foto selfie berikut, yang bisa mudah dihasilkan hanya dengan menaruh Flip4 dalam keadaan setengah terbuka.

20220903_163316

7. Aksesori unik dan melimpah

Anda disuguhkan beragam aksesori unik yang bisa dibeli untuk mewujudkan gaya sesuai selera. Pilihannya tergolong cukup melimpah.

Galaxy Z Flip4 5G

8. Harga masih sama dengan Flip3

Ya, harga Flip4 sama dengan Flip3 ketika pertama kali diluncurkan di Indonesia.

Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip4

1. Daya tahan baterai masih di bawah rata-rata

Samsung Galaxy Flip4 telah mengemas baterai berkapasitas 3700mAh, meningkat sekitar 20 persen dibandingkan Flip3. Namun bagi pengguna yang aktif merekam foto atau main game, Flip4 hanya akan bisa bertahan sekitar 7 jam. Masih di bawah rata-rata smartphone flagship lainnya.

2. Kualitas kamera dalam hanya setara dengan ponsel kelas menengah

Berbeda dengan kamera utama, kualitas kamera yang ada di bagian dalam sedikit kurang memuaskan. Hasilnya hanya setara dengan ponsel kelas menengah.

svg%3E

3. Bodi ponsel agak panas saat kerja berat

Saat bekerja penuh seperti memutar game atau merekam video 4K, bodi Flip4 akan terasa panas. Untungnya masih dalam kategori wajar yang masih nyaman digunakan.

4. Aspect ratio layar yang memanjang membuat keyboard virtual terasa lebih sempit

Dibanding ponsel Android biasa, aspect ratio dari layar Galaxy Z Flip4 5G yang lebih memanjang membuat dimensi keyboard virtual terasa lebih sempit. Butuh adaptasi untuk bisa mengetik secara nyaman.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy Z Flip4 5G. Bagi yang berminat, Galaxy Z Flip4 5G dijual dengan harga Rp13.999.000.

Verified by MonsterInsights