Gigabyte Rilis Rangkaian Motherboard AMD X670

Gigabyte meluncurkan rangkaian motherboard AMD X670 terbarunya, yang terdiri dari model X670E dan X670. Motherboard ini ditujukan sebagai pasangan dari prosesor Ryzen 7000 Series. Apa saja fiturnya?

Motherboard Gigabyte X670

Gigabyte

Dalam keterangan tertulis yang diterima Yangcanggih, Senin (3/10), dijelaskan bahwa motherboard model X670E secara native mendukung slot grafis PCIe 5.0. Sementara model mainstream X670 mengusung PCIe 4.0.

“Motherboard Gigabyte X670 dirancang untuk kinerja, kenyamanan pengguna dan desainer profesional, serta peningkatan fitur 18+2+2 fase desain daya digital langsung, desain termal VRM canggih, desain EZ-Latch yang inovatif, set PCIe 4.0 atau bahkan interface SMD PCIe 5.0 M.2 dengan pelindung termal, LAN yang sangat cepat, dan penyesuaian R&D,” kata Jackson Hsu, Direktur Divisi Pengembangan Produk dan Channel Solutions Gigabyte.

svg%3E

Motherboard ini juga mendukung DDR5 pada kecepatan teoritis 5200 MHz, dan mengemas Shielded Memory Routing, DIMM memori SMD, serta pelindung logam ganda untuk kinerja overclocking memori. Ada pula peningkatan di BIOS untuk mendukung mode AMD EXPO 2 dan Intel XMP. Gigabyte juga memperkenalkan memori dengan mode ganda teknologi AORUS XMP dan AMD EXPO.

Untuk meningkatkan pembuangan panas saat overclocking dan kecepatan penuh, motherboard baru ini mengandalkan desain termal canggih seperti teknologi Fins-Array III, desain Direct-Touch Heatpipe baru, dan heatsink VRM. Yang lebih menarik, Heatsink Thermal Guard III dengan bantalan termal hingga 12W/mK diklaim dapat meningkatkan efisiensi pembuangan panas secara signifikan, dan memastikan kinerja cepat SSD NVMe tanpa pembatasan termal, serta meningkatkan stabilitas hingga 50 persen.

Jajaran X670 dari Gigabyte juga menawarkan kecepatan koneksi Ethernet 2,5 Gbpsl. Semua model sudah didukung Wi-Fi 6E 802.11ax yang memberikan kecepatan koneksi 2.4 Gbps. Tidak ketinggalan ada juga USB 3.2 Gen 2×2 Type-C dengan bandwidth hingga 20 Gbps.

Jadwal ketersediaan

Seri motherboard Gigabyte X670 terdiri dari empat pilihan, antara lain X670E AORUS XTREME, X670E AORUS MASTER, X670 AORUS ELITE AX, dan X670 GAMING X AX. Sayangnya belum ada informasi soal jadwal kehadirannya di Indonesia.

Verified by MonsterInsights