Sennheiser MTW3 FC 10

Review Sennheiser Momentum True Wireless 3

TWS terbaru Sennheiser ini mengandalkan kualitas suara audiophile, noise cancelling dan daya tahan baterai 20 jam

Reader Rating0 Votes
0
8.5

Jika dicermati, True Wireless Stereo atau TWS kini menjadi produk yang amat marak ditemukan di berbagai pasar. Anda bisa menemukan TWS mulai dari harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Dengan bentuk dan fitur yang diklaim mirip, apa yang menjadi kelebihan TWS harga jutaan rupiah?

Itulah yang menghinggapi benak kami saat melihat TWS terbaru dari Sennheiser, Momentum True Wireless 3. Dan rasa penasaran tersebut langsung terjawab dalam hitungan menit setelah mencobanya untuk mendengarkan musik. Sebagai informasi, kami tidak menggunakan DAP dan hanya menghubungkannya ke smartphone OPPO Reno8.

Kualitas suara kelas atas

Performa bass yang dalam dan terkendali menjadi kejutan pertama saat mencobanya. Saat menonton film Jurassic Park, dentuman langkah T-Rex yang mendekat begitu terasa dan meyakinkan. Begitu juga saat memutar lagu Another One Bites The Dust dari Queen. Dentuman bass di awal lagu terdengar jelas dan terasa pas.

Beralih ke musik, kami disuguhi soundstage yang cukup luas saat memutar musik klasik Chopin dan Mozart yang mengambil latar di teater. Dentingan piano dapat diperdengarkan dengan dimensi yang pas, begitu juga suara biola terdengar merdu dan merasuk di telinga.

Saat memutar lagu dengan suara vokal dominan seperti Bianca Wu atau Joanna Wang, Sennheiser Momentum True Wireless 3 juga mampu menyajikannya dengan artikulasi yang terdengar jelas. Reproduksi treble terasa sedikit diredam atau terkesan dark sehingga tidak membuat telinga cepat lelah.

svg%3E

Agar pas di telinga, TWS ini dilengkapi 4 tip dan 3 cantolan telinga dalam berbagai ukuran. Jika dipakai dengan benar, TWS akan aman di telinga walaupun saat pengguna bergerak cukup aktif. Dari pengujian, kenyamanan cukup baik saat digunakan. Saat mencobanya untuk mendengarkan musik hingga 45 menit tanpa henti, TWS ini terasa nyaman di telinga.

Bagi yang sering menggunakan TWS untuk menelpon, noise cancelling TWS ini cukup efektif meredam suara bising. Anda juga bisa mengendalikannya melalui sentuhan di earbud kanan atau kiri. Sistem pengendalian ini cukup rumit mengingat ketukan satu, dua, tiga atau empat kali akan mengeksekusi fungsi yang berbeda. Total ada 8 fungsi yang bisa diakses melalui cara ini, mengingat ketukan yang sama di earbud kanan akan memiliki fungsi yang berbeda dengan earbud kiri. Tapi keuntungannya, Anda tidak perlu meraih smartphone hanya untuk mengakses suatu fungsi.

Aplikasi Smart Control

svg%3E

Walaupun tidak menggunakannya dengan smartphone, Anda tetap disarankan memasang aplikasi Smart Control dari Sennheiser. Alasannya, ada beberapa fitur Momentum True Wireless 3 yang hanya bisa diaktifkan dari aplikasi ini. Contohnya, pembaharuan firmware, pengaturan noise cancellation, serta setting kendali sentuh.

Anda juga bisa memilih, mengatur dan menyimpan preset EQ (equalizer) di aplikasi ini. Walaupun bisa diatur, pengaturan EQ yang ada di aplikasi ini terlalu disederhanakan dengan hanya mencantumkan bass, mid, treble serta pilihan untuk meningkatkan bass dan vokal untuk podcast. Tidak ada opsi untuk mengatur frekuensi suara, tapi hal ini memang disengaja mengingat produk ini juga ditujukan bagi pengguna awam.

Fitur menarik yang hanya bisa diakses melalui aplikasi adalah Sound Zone. Jadi Anda bisa mengatur agar setting EQ dan ANC (Active Noise Cancellation) menyesuaikan lokasi Anda berada. Misalnya, saat pulang ke rumah dari kantor, Sound Zone akan menyesuaikan dengan setting yang telah ditentukan. Sebaliknya, sesampai di kantor, setting akan disesuaikan otomatis.

Konektivitas dan Baterai

Konektivitas TWS ini juga cukup handal. Ada dukungan aptX Adaptive terbaru yang dapat beralih ke latensi rendah saat dibutuhkan dan menjaga koneksi Bluetooth agar tetap lancar. Dari pengujian, jarak koneksi Bluetooth yang optimal untuk TWS ini ada di jarak 2 meter.

svg%3E

Daya tahan baterai juga patut diacungi jempol. Kami mampu menggunakannya untuk mendengarkan musik terus menerus hingga sekitar 5 jam. Case penyimpanannya ternyata mampu mengisi baterainya hingga penuh sebanyak 3 kali. Ini berarti total baterainya mampu bertahan lebih dari 20 jam. Selain mengisi baterai case dengan kabel USB-C, Sennheiser Momentum True Wireless 3 juga mendukung pengisian wireless dengan standar Qi. Untuk pengisian baterai, dibutuhkan 1,5 jam untuk mengisinya hingga penuh. Jika sedang buru-buru, Anda bisa mengisinya sekitar 10 menit dan TWS ini bisa dipakai untuk mendengarkan musik hingga 1 jam.

Alternatif baru TWS kelas premium

Sennheiser Momentum True Wireless 3 ini hadir sebagai pesaing kuat Apple AirPods Pro dan Sony WF1000 Mk4 yang termasuk kelas premium. Keunggulan TWS dari Sennheiser ini terletak pada kualitas suara dan daya tahan baterainya. Bagi penggemar suara khas Sennheiser, pasti akan langsung terbuai dengan sound signature yang dimiliki Sennheiser Momentum True Wireless 3.

Daya tahan baterai juga patut diacungi jempol. Lebih dari cukup bagi pengguna yang sering menelpon atau wajib ditemani musik dalam kesehariannya. Jadi jika memang harga tidak menjadi masalah, Sennheiser Momentum True Wireless 3 ini layak dipertimbangkan untuk dimiliki.

Kelebihan Sennheiser Momentum True Wireless 3 

+ Kualitas suara amat baik, terutama untuk musik yang didominasi suara vokal

+ Performa bass mantap dan tidak berlebihan

+ Desain cukup nyaman di telinga, dengan opsi fit yang lengkap

+ Daya tahan baterai panjang

+ Earbud tahan cipratan air dengan sertifikasi IPX4

+ Noise cancelling efektif

+ Aplikasi Smart Control mudah digunakan dengan opsi pengaturan cukup lengkap

 

Kekurangan Sennheiser Momentum True Wireless 3 

– Harga relatif premium

– Pengaturan fungsi lewat sentuhan cukup rumit

– Kotak dari bahan kain yang tidak tahan cipratan air

– Desain terlihat biasa saja, tidak semewah harganya

– Pengaturan equalizer kurang komprehensif dan terlalu disederhanakan

 

Siapa yang cocok untuk menggunakan Sennheiser Momentum True Wireless 3 ?

Pekerja profesional dan pebisnis

Fitur noise cancellation dan daya tahan baterai yang panjang membuatnya bisa diandalkan para pebisnis dan pekerja yang sering menelpon dalam satu hari. Kualitas suaranya juga jernih sehingga akan membuat komunikasi lebih lancar.

Penggemar film

Adanya koneksi Bluetooth 5.2 dengan dukungan aptX Adaptive membuatnya cukup gesit untuk meminimalisir lag saat memutar film. Hal ini juga akan bermanfaat bagi pemain game.

Penggemar musik dan audiophile

Kualitas suara akan menjadi hal utama yang membuat penggemar musik jatuh cinta dengan Sennheiser Momentum True Wireless 3. Ditambah dengan fitur noise cancellation, Anda akan bisa melarikan diri sejenak dari kebisingan dunia saat mendengarkan musik dengan TWS ini.

 

 

 

 

 

 

svg%3E
Sennheiser Momentum True Wireless 3 ini hadir sebagai pesaing kuat Apple AirPods Max dan Sony WF1000 Mk4 yang termasuk kelas premium. Keunggulan TWS dari Sennheiser ini terletak pada kualitas suara dan daya tahan baterainya. Bagi penggemar suara khas Sennheiser, pasti akan langsung terbuai dengan sound signature yang dimiliki Sennheiser Momentum True Wireless 3. Daya tahan baterai juga patut diacungi jempol. Lebih dari cukup bagi pengguna yang sering menelpon atau wajib ditemani musik dalam kesehariannya. Jadi jika memang harga tidak menjadi masalah, Sennheiser Momentum True Wireless 3 ini layak dipertimbangkan untuk dimiliki.
Desain
8.5
Fitur
9
Performa
9.5
Harga
7
Reader Rating0 Votes
0
8.5