OPPO Pamerkan Teknologi Ray Tracing dan Heterogeneous Computing di SIGGRAPH 2022

OPPO baru-baru ini memamerkan beragam inovasi terbarunya seperti Ray Tracing dan Heterogeneous Computing di ajang SIGGRAPH 2022. Bagi yang belum tahu, SIGGRAPH 2022 merupakan konferensi teknologi internasional yang digelar di Vancouver, Kanada.

OPPO Ray Tracing

OPPO

Dalam siaran pers yang diterima Yangcanggih.com, Kamis (18/8), OPPO menjelaskan bahwa rencana pengembangan teknologi Ray Tracing pertama kali diumumkan mereka pada ajang ODC 2021. Kini OPPO meluncurkan open-source Ray Tracing dalam bentuk Physray Engine 1.0, yang mampu menghadirkan teknologi visual generasi baru dan dikembangkan bersama dengan para mitra globalnya.

OPPO turut memperkenalkan ColorOS Ray Tracing 3D Wallpaper, sebuah aplikasi yang memanfaatkan teknologi mobile and real-time ray tracing pertama di dunia. Aplikasi ini dikembangkan sendiri oleh OPPO dan bakal terus menerima update serta bisa diunduh oleh pengguna melalui OPPO App Store.

OPPO juga mendemonstrasikan kemajuan teknis terbaru dalam penerapan ray tracing dengan Physray Engine 2.0. Engine baru ini mengintegrasikan kemampuan ray tracing yang lebih canggih, termasuk efek ray tracing eksklusif OPPO, global rendering pipeline, dan full path tracing.

svg%3E

Yang lebih menarik, dalam SIGGRAPH 2022 OPPO menampilkan War Zone, sebuah game bergenre action yang dikembangkan menggunakan Physray Engine 2.0 dengan animasi yang menampilkan kemampuan full path tracing dalam perangkat mobile.

“Kualitas graphics rendering dalam perangkat mobile sudah semakin luar biasa. Mobile hardware dan berbagai teknologi rendering generasi baru akan mampu menampilkan gambar dengan detil yang lebih sempurna dalam beberapa tahun ke depan. OPPO telah melakukan banyak pengembangan dalam bidang ini dan ingin mempertunjukkan kemajuan terbaru kami kepada para audiens dalam ajang SIGGRAPH tahun ini, kata Dr. Hongyu Sun, Head of the OPPO Seattle Engineering Team.

OPPO Heterogeneous Computing System

Heterogeneous Computing System dirancang untuk aplikasi heterogeneous software yang menggunakan processing cores dalam jumlah banyak. Dengan Heterogeneous Computing System milik OPPO, developer diharapkan dapat mengatasi berbagai masalah terkait performa aplikasi dan mengembangkan program yang berjalan lebih cepat serta efisien.

Di ajang SIGGRAPH 2022, OPPO memamerkan demo game yang dijalankan dengan Heterogeneous Computing System. Hasilnya, sistem mampu memindahkan semua rendering 2D dari GPU ke DSP, sehingga mengurangi konsumsi daya dan mengoptimalkan system load.

Dalam hal high-performance computing, OPPO juga akan memperkenalkan inference framework yang ringan dan efisien. Framework ini dikembangkan oleh OPPO secara mandiri dan akan mempertunjukkan video format conversion tool berdasarkan teknologi tersebut.

OPPO Digital Human

svg%3E

Selain Ray Tracing dan Heterogeneous Computing System, di ajang yang sama OPPO juga memamerkan Digital Human. Ini adalah teknologi manusia digital hiper-realistis dari OPPO. Digital Human memiliki penampilan dan kepribadian seperti manusia sesungguhnya dan mampu menghadirkan pengalaman interaktif.

Dengan memanfaatkan AI, Digital Human dirancang untuk melalui pelatihan AI berkelanjutan agar mampu meningkatkan kecerdasannya. OPPO juga membenamkan fitur canggih seperti semantic recognition, feature recognition, voice synthesis, lip syncing, dan dynamic expressions.

OPPO AR Glass 2021

Perangkat yang pertama kali diperkenalkan pada ajang INNO Day 2020 ini kembali tampil di ajang SIGGRAPH 2022. Yang menarik, produk dengan split design ini memiliki bobot 75 persen lebih ringan dibandingkan dengan produk sebelumnya, sehingga lebih nyaman dipakai dalam waktu yang lama.

svg%3E

AR Glass menggabungkan solusi optik Birdbath yang unik dan meningkatkan contrast sebesar 53 persen, brightness uniformity sebesar 98 persen, dan pixels per degree sebesar 40 persen dibandingkan dengan produk yang terdahulu, sehingga memberikan tampilan gambar yang lebih tajam dan lebih halus.