Samsung Galaxy Z Fold4 5G: Andalkan Kamera 50 MP dan Lensa Tele, Pertama dengan Android 12L

Selain Galaxy Z Flip4 5G, Samsung juga memperkenalkan satu ponsel layar lipat terbaru lainnya yaitu Galaxy Z Fold4 5G. Mengedepankan performa gahar untuk kebutuhan multitasking yang optimal, perangkat ini dibekali banyak fitur penunjang produktivitas.

Spesifikasi dan fitur Galaxy Z Fold4 5G

Galaxy Z Fold4 5G

Dalam rilis persnya, Samsung mengklaim Galaxy Z Fold4 5G sebagai smartphone mereka yang paling powerful hingga saat ini dan menjadi perangkat pertama yang menjalankan Android 12L. Menurut Samsung, sistem operasi ini didesain khusus oleh Google untuk perangkat layar besar termasuk foldable.

Untuk urusan multitasking, Galaxy Z Fold4 5G memiliki fitur Taskbar baru dengan layout layaknya PC. Lewat fitur ini, pengguna diberikan akses langsung menuju aplikasi favorit maupun yang baru digunakan. Ada pula dukungan Swipe Gesture baru yang diklaim lebih intuitif, serta kemudahan beralih dari tampilan full screen ke pop-up windows maupun split screen secara cepat.

svg%3E

Yang lebih menarik, Samsung juga berkolaborasi dengan Google dan Microsoft untuk meningkatkan fungsi multitasking. Misalnya pada aplikasi Chrome dan Gmail, pengguna kini bisa melakukan drag-and-drop atau copy-paste teks hingga foto dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

Sementara untuk yang sering memakai Google Meet, pengguna dapat terhubung lebih banyak orang sembari melakukan aktivitas virtual lainnya secara bersama-sama, seperti nonton YouTube atau main games. Microsoft Office dan Outlook pun menampilkan lebih banyak informasi pada layar dan interaksi yang cepat dengan konten yang ditampilkan. Tidak ketinggalan, Samsung juga menambahkan S Pen serta Standing Cover with Pen case.

svg%3E

Pengguna pun bisa buka aplikasi streaming seperti Netflix dan menonton secara hands-free dengan Flex Mode. Bahkan, untuk aplikasi yang tidak teroptimalisasi sekalipun, pengguna bisa mengontrol perangkat tanpa mengganggu konten yang sedang dinikmati menggunakan Flex Mode Touchpad terbaru, seperti pause, rewind, dan play video maupun zoom in dan zoom out.

svg%3E

Peningkatan lainnya dapat ditemukan di sektor kamera. Galaxy Z Fold4 5G mengusung kamera utama 50 MP yang ditemani kamera tele 10 MP dengan kemampuan 3x optical zoom dan 30x digital zoom, serta kamera ultra-wide 12 MP. Ada juga kamera selfie 10 MP dan kamera under display 4 MP.

Galaxy Z Fold4 5G punya layar utama Dynamic AMOLED 2X 7,6 inci QXGA+ Infinity Flex, dengan Adaptive Refresh Rate 1-120Hz. Layar di bagian cover juga memakai panel serupa, Dynamic AMOLED 2X, dengan ukuran 6,2 inci HD+ dan Adaptive Refresh Rate 48-120Hz.

svg%3E

Smartphone ini dipersenjatai chipset Snapdragon 8+ Gen 1 dan RAM 12 GB. Pilihan storage-nya antara lain 256 GB, 512 GB, dan yang paling besar 1 TB. Untuk baterai, kapasitasnya 4.400 mAh lengkap dengan dukungan Super Fast Charging 25W dan 15W Wireless Charging.

Harga dan ketersediaan

Baik Galaxy Z Flip4 5G maupun Galaxy Z Fold4 5G sama-sama memiliki rating IPX8 tahan air. Bagi yang berminat, Galaxy Z Fold4 5G tersedia dalam beberapa opsi warna antara lain Graygreen, Beige, Phantom Black, dan Burgundy. Harganya mulai dari Rp24.999.000 dan sudah bisa dipesan di Indonesia.