Inilah Hasil Foto Low Light OPPO Reno8 Pro 5G yang Didukung NPU MariSilicon X

OPPO Reno8 Pro 5G segera hadir di Indonesia dengan menjadikan sektor kamera sebagai salah satu nilai jual utamanya. Yang menarik, smartphone ini bakal menjadi seri Reno pertama yang mengusung NPU MariSilicon X garapan OPPO. Menurut OPPO, salah satu keunggulan NPU tersebut bisa dirasakan saat pengguna memotret pada kondisi cahaya minim.

Peran NPU MariSilicon X

svg%3E

Salah satu inovasi paling menarik yang dibawa oleh Reno8 Pro 5G adalah NPU MariSilicon X. Bagi yang belum tahu, chip 6nm ini pertama kali hadir di seri flagship Find X5 Pro. Namun OPPO berkomitmen untuk dapat menyajikan teknologi terbarunya ke berbagai kelas agak dapat dinikmati oleh lebih banyak orang.

MariSilicon X memiliki peran khusus untuk menghadirkan teknologi pencitraan yang baik ke sebuah smartphone, baik untuk urusan foto maupun video. Chip ini menjadi jawaban OPPO atas persepsi hasil dan kualitas antara smartphone OPPO ketika memakai NPU berbeda-beda dari produsen chipset.

OPPO menjelaskan bahwa MariSilicon X menjadi solusi atas kesenjangan konsumsi daya, kekuatan pemrosesan, dan hasil serta kualitas pencitraan yang disesuaikan melalui fotografi komputasional AI yang dihadirkan oleh para produsen chipset. MariSilicon X memiliki Extra DDR Bandwidth terdedikasi dengan kecepatan transmisi data hingga 8,5 GB/s yang bekerja secara eksklusif, artinya tidak berbagi dengan CPU dan GPU.

OPPO Reno8 Pro 5G

Karena berperan untuk meningkatkan kemampuan foto dan video, MariSilicon X didukung Ultra High Dynamic Range dengan rasio kontras 1.000.000 : 1 atau 4 kali lebih tinggi dari OPPO Find X3 Pro. Keunggulannya bakal terasa ketika mengambil foto portrait dengan background yang terlalu terang karena adanya sumber cahaya yang kuat. Dynamic range tinggi akan tetap memberikan struktur wajah yang sangat jelas dengan warna alami.

Contoh hasil foto low light OPPO Reno8 Pro 5G

Dalam acara OPPO Reno8 1st Impression Design & Night Portrait Feature yang digelar di Jakarta pekan lalu, Yangcanggih.com berkesempatan untuk mencoba langsung kemampuan fotografi dari OPPO Reno8 Pro 5G pada kondisi low-light. Berikut beberapa contoh hasil fotonya:

OPPO Reno8 Pro 5G Low Light (4)

svg%3E

OPPO Reno8 Pro 5G Low Light (3)

OPPO Reno8 Pro 5G Low Light (2)

Dari foto-foto di atas, dapat terlihat bahwa kamera OPPO Reno8 Pro 5G dapat meredam noise dengan amat baik pada area gelap. Warna hitamnya tampak pekat, hampir tanpa noise sama sekali, dan area sekitar wajah yang mendapat cahaya dapat diabadikan dengan ketajaman yang terjaga.

Sekadar informasi, lokasi pemotretan berada di dalam ruangan yang benar-benar gelap. Sumber cahaya hanya berupa garis yang menerangi bagian wajah saja. Meskipun keadaan ruangan gelap, OPPO Reno8 Pro 5G dapat mengunci fokus secara cepat. Warnanya pun cukup akurat dan tidak terlihat peningkatan exposure berlebihan sehingga nuansa foto yang dihasilkan mirip dengan kondisi aslinya.

Kami juga sempat mencoba memotret dengan kamera selfie dari Reno8 Pro 5G dalam kondisi ruangan yang juga minim cahaya, namun sedikit terbaru dengan beberapa lampu. Hasilnya seperti di bawah ini:

OPPO Reno8 Pro 5G Low Light (1)

Tanggal rilis

OPPO Indonesia menjanjikan bahwa Reno8 Pro 5G akan meluncur di bulan Agustus 2022. Sayangnya belum ada pengumuman tanggal resmi maupun bocoran terkait harga. Informasi lebih lanjut soal ponsel ini bakal diungkap pada 11 Agustus mendatang. Kita tunggu saja!

svg%3E