Didukung NPU MariSilicon X, OPPO Reno8 Series Janjikan Peningkatan Foto dan Video

MariSilicon X merupakan NPU (Neural Processing Unit) garapan OPPO yang sebelumnya hanya tersedia pada ponsel seri flagship saja. Kabar baiknya, chipset yang dikembangkan khusus untuk mendukung kemampuan kamera ini bakal hadir bersama seri OPPO Reno8 dan siap masuk Indonesia dalam waktu dekat.

Apa itu MariSilicon X?

svg%3E

Dalam acara Reno Portrait Workshop yang digelar di Jakarta, Selasa (26/7), OPPO menjelaskan bahwa MariSilicon X adalah chip khusus untuk menghadirkan teknologi pencitraan yang baik ke sebuah perangkat smartphone. Lalu, apa bedanya dengan NPU bawaan dari SoC (System-on-Chip) milik Qualcomm atau MediaTek?

“MariSilicon X merupakan jawaban OPPO atas persepsi perbedaan hasil dan kualitas antara perangkat smartphone OPPO ketika menggunakan NPU yang berbeda-beda dari produsen chipset. Proses menghasilkan sebuah gambar dari perangkat smartphone acap kali menimbulkan permasalahan konsumsi daya. Oleh karena itu, NPU MariSilicon X diciptakan untuk berfokus pada optimalisasi manajemen daya dan beban kerja komputasi kecerdasan buatan,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Aryo menambahkan, NPU ini juga berfungsi untuk memberikan peningkatan kemampuan pencitraan smartphone baik untuk foto maupun video. MariSilicon X menjadi solusi atas kesenjangan konsumsi daya, kekuatan pemrosesan, dan hasil serta kualitas pencitraan yang disesuaikan melalui fotografi komputasional AI yang dihadirkan oleh para produsen chipset. Lebih lanjut Aryo menjelaskan, kalau sudah ada MariSilicon X maka otomatis NPU bawaan dari SoC akan dinonaktifkan dan yang dipakai adalah MariSilicon X saja.

Dalam sebuah SoC, NPU merupakan satu kesatuan dengan CPU dan GPU. Para pengembang chipset akan menambahkan sebuah memori shared DDR Bandwith yang bekerja untuk ketiga bagian tersebut, yaitu NPU, CPU, dan GPU. Karena sistemnya shared, proses pengolahan gambar berlangsung lebih lama dan lebih boros daya.

Inilah yang membedakan MariSilicon X dengan NPU bawaan SoC. MariSilicon X akan membuat pemrosesan pencitraan dapat berlangsung jauh lebih cepat, karena memiiki Extra DDR Bandwith Dedicated dengan kecepatan transmisi data hingga 8,5 GB/s yang bekerja secara eksklusif.

svg%3E

Janjikan peningkatan foto dan video

Yang lebih menggiurkan, MariSilicon X didukung Ultra High Dynamic Range dengan rasio kontras 1.000.000 : 1 atau 4 kali dynamic range yang dihasilkan oleh perangkat OPPO Find X3 Pro. Keunggulan ini bakal terasa ketika mengambil foto portrait dengan background yang terlalu terang karena adanya sumber cahaya yang kuat. Dynamic range tinggi akan tetap memberikan struktur wajah yang sangat jelas dengan warna alami.

svg%3E

MariSilicon X juga dibekali peningkatan mode RGBW yang menghadirkan tekstur 1,7 kali lebih jelas dan kecepatan pemrosesan file mentah 2 kali lebih cepat. Dengan algoritma RAW terbaru, chipset MariSilicon X dapat melakukan pengurangan noise melalui kecerdasan buatan pada masing-masing saluran warna R/G/B secara paralel untuk menghasilkan foto potret malam yang sangat jernih.

Soal spesifikasi lainnya, MariSilicon X merupakan chipset dengan fabrikasi 6nm (TSMC) yang punya performa AI 18 TOPS (Trilion Operation Per Second). NPU ini didukung Image Signaling Processor 20bit 128dB Ultra HDR, dan mampu merekam video 4K Ultra HDR dan 4K Ultra Night Video.

Hadir di OPPO Reno8

OPPO Reno8

Seperti disebutkan di atas, OPPO Reno8 series dipastikan akan mengandalkan NPU MariSilicon X untuk mendukung kemampuan kameranya. Belum ada informasi kapan OPPO Reno8 mulai dijual di Indonesia dan berapa harganya. Namun OPPO akan memperkenalkan ponsel baru ini secara resmi pada 3 Agustus 2022 mendatan

Verified by MonsterInsights