Review Xiaomi TV Q1E 55 Inci

svg%3E
8.5
Cek Harga

TV pintar dengan panel QLED biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal, apalagi untuk ukuran layar besar seperti 55 inci. Jika Anda mencari alternatif yang lebih ramah kantong, Xiaomi TV Q1E 55 inci bisa menjadi opsi yang amat menggiurkan.

Namun apakah dengan harga yang murah Xiaomi dapat menyajikan kualitas visual setara TV QLED pada umumnya? Kalau penasaran, langsung saja simak ulasan kami!

Desain premium untuk harganya

Xiaomi TV Q1E 55 Inci punya tampilan yang bisa dibilang cukup premium. Bodinya tipis dengan layar yang ramping dan nyaris tanpa bingkai. Bagian bezel dan stand/dudukannya terbuat dari bahan aluminium, dengan warna silver yang elegan sehingga cocok untuk menambah estetika ruangan di rumah modern.

Xiaomi TV Q1E 55 Inci

Karena ukurannya yang lebar, Anda tentu wajib menyiapkan meja yang panjang pula jika tidak ingin memasangnya di dinding. Apalagi, Xiaomi TV Q1E memiliki dua kaki (bukan single-stand seperti Xiaomi TV A2) yang terletak pada ujung kiri dan kanan. Panjang TV ini mencapai 1,23 meter, jadi siapkan meja yang panjangnya lebih dari itu.

Kakinya sendiri terasa sangat kokoh dan mampu menyangga TV dengan mantap. Wajar karena materialnya logam. Untuk memasang kedua kakinya sebenarnya cukup mudah dan hanya butuh obeng standar saja. Namun karena ini adalah TV yang besar dan berat (sekitar 14 kilogram menurut website Xiaomi), Anda mungkin bakal butuh bantuan orang lain untuk menopang TV saat sedang memasang kakinya.

svg%3E

TV ini hanya memiliki satu tombol fisik yang letaknya di bawah logo Xiaomi. Di bagian belakang, Anda akan menemukan penutup PCB berbahan plastik dengan sederet port yang menghadap ke samping maupun ke bawah. Ya, tidak ada port menghadap ke belakang yang artinya Anda tidak perlu khawatir kesulitan menghubungkan kabel saat posisi TV terlalu dekat dengan tembok.

Bicara port, Xiaomi TV Q1E 55 Inci punya 3 lubang HDMI (1 mendukung eARC), dua USB 2.0, Composite In (AV), Slot CI, Ethernet (LAN), antena, output audio digital optic, dan jack 3.5mm. Untuk koneksi nirkabel, ada dukungan Bluetooth 5.0 dan WiFi 2.4/5GHz.

Sekadar informasi tambahan, unit review yang datang ke Yangcanggih.com masih dibekali remote minimalis yang sama dengan yang digunakan pada TV Xiaomi lama atau Mi TV Stick. Padahal, menurut website resmi seharusnya remote yang diberikan sama seperti Xiaomi TV A2.

svg%3E

Setelah melakukan konfirmasi ke pihak Xiaomi Indonesia, bisa dipastikan bahwa dalam paket penjualan Xiaomi TV Q1E 55 inci Anda akan mendapatkan remote minimalis model lama. Kami sendiri lebih suka remote model baru yang walaupun lebih besar dan tombolnya banyak, terasa lebih praktis saat mengakses berbagai hal.

Visual mantap dengan hitam yang pekat

Seperti sudah disebutkan di atas, Xiaomi TV Q1E 55 inci merupakan smart TV yang mengusung panel QLED. Satu hal yang ada di benak kami ketika mendengar kata QLED adalah gamut warna yang luas dengan hitam yang lebih pekat. Resolusinya? Sudah pasti 4K.

svg%3E

Menurut Xiaomi, Q1E didukung HDR10+ dan Dolby Vision. Panel QLED-nya memungkinkan sajian hingga 1,07 miliar warna, 97 persen DCI-P3, dan NTSC 100 persen. Kontrasnya lebih oke dibanding TV dengan panel LED standar. Tidak ketinggalan ada dukungan MEMC 60Hz untuk membuat gambar bergerak tampak lebih halus.

Sejauh pengujian kami, harus diakui bahwa Xiaomi TV Q1E 55 inci mampu menghadirkan visual yang tajam dengan warna yang kaya, lebih hidup, dan tetap natural. Gambarnya juga tampak lebih cerah, khususnya ketika digunakan menonton konten HDR, dan saturasinya pas. Yang paling kami suka adalah kepekatan warna hitamnya yang gelap alias tidak terlihat agak abu-abu.

Dengan banderol 8 jutaan, mungkin tidak berlebihan jika kami menyebut Xiaomi TV Q1E 55 inci sebagai TV dengan kualitas gambar paling bagus di kelas harganya. Menonton film di Netflix, video di YouTube, atau sekadar siaran TV lokal terasa mantap. Mungkin yang sedikit menjadi catatan adalah sudut pandangnya, karena kami masih melihat adanya perubahan warna dan kualitas gambar ketika menonton dengan posisi agak ke samping atau bukan dari tengah.

svg%3E
MEMC 60Hz

Sama seperti TV Xiaomi lainnya, Anda juga bisa mengutak-atik pengaturan gambar dengan memilih beberapa mode bawaan yang sudah disediakan, atau mengubahnya secara manual. Pendapat kami terkait fitur MEMC 60Hz masih sama, yaitu belum tentu cocok untuk semua konten. Pada konten dengan frame rate 24fps seperti film, menurut kami fitur ini justru bikin pergerakan menjadi kurang natural dan menghilangkan nuansa sinematiknya. Kalau Anda juga menilai demikian, matikan saja fitur tersebut dari Settings.

svg%3E

Audio di atas rata-rata

Poin plus patut kami berikan pada kualitas audio dari speaker internal Xiaomi TV Q1E 55 inci. Total ada 6 speaker dengan daya maksimal masing-masing 15W. Speaker ini telah didukung fitur seperti Dolby Audio dan DTS-HD.

svg%3E

Kenapa harus kami berikan nilai plus? Karena suara yang dihasilkan terdengar jernih dan bertenaga, di atas ekspektasi kami terhadap rata-rata TV di bawah 10 juta rupiah. Bass-nya lumayan nendang, dan suara dialog saat menonton film juga terdengar jernih.

Intinya, kalau Anda belum ada dana untuk membeli soundbar atau sound system lainnya, speaker bawaan dari Xiaomi TV Q1E 55 inci sudah amat memadai.

Masih oke untuk main PS5

Ya, kami tahu ini bukan TV kelas gaming yang punya refresh rate 120Hz. Meski begitu, untuk bermain game dengan konsol PlayStation 5, menurut kami Xiaomi TV Q1E 55 inci merupakan opsi yang patut Anda pertimbangkan. Pendapat pribadi saja, game yang bisa berjalan hingga 120fps di PS5 juga belum terlalu banyak. Bahkan, yang dapat mengunci di native 4K 60fps pun hanya sebagian. Sebagian lainnya 60fps dengan resolusi yang sedikit diturunkan, atau 4K 30fps dengan tambahan ray tracing.

svg%3E

 

Jadi kalau untuk main game AAA, Xiaomi TV Q1E 55 inci bersama dengan TV 4K 60Hz lainnya masih terbilang memadai. Bedanya, Xiaomi TV Q1E 55 inci sudah pakai QLED dengan tampilan gambar yang terang, kontras maupun saturasi yang baik, serta hitam yang lebih gelap. Kami mencoba memainkan Ghost of Tsushima serta Spider-Man Miles Morales, dan hasilnya cukup memuaskan. Sama sekali tidak ada keluhan berarti.

Android TV 10 dan dukungan siaran DVB-T2

Xiaomi TV Q1E 55 inci dipersenjatai chipset MediaTek 9611 dengan CPU quad-core Cortex-A55 dan GPU Mali-G52. RAM-nya 2 GB dan storage internalnya 32 GB. TV ini mengadopsi sistem operasi Android TV 10 dan antarmuka khas Xiaomi, Patchwall.

Karena berbasis Android, tentunya Anda bisa mengunduh semua aplikasi yang ada di Google Play Store, termasuk game. Performanya pun terbilang gesit. Tidak ada kendala lag atau lemot saat beralih antar aplikasi atau menelusuri pengaturan.

svg%3E

Informasi tambahan, Q1E telah mendukung siaran digital DVB-T2. Artinya bisa menangkap siaran TV digital tanpa butuh STB tambahan. Proses pencarian siaran TV baik analog maupun digital berlangsung sangat cepat. Dalam waktu sekitar 1 menit saja, TV ini berhasil menangkap puluhan channel siaran dari berbagai stasiun TV lokal.

Kesimpulan

Kalau Anda menginginkan TV QLED murah dengan ukuran layar besar, Xiaomi TV Q1E 55 inci mungkin jawaban yang Anda cari. Kualitas visualnya tergolong bagus di kelas harganya, audionya pun oke. TV ini cocok untuk menunjang beragam kebutuhan hiburan mulai dari nonton film, YouTube, hingga main game konsol.

svg%3E

Bagi yang berminat, Xiaomi TV Q1E 55 inci dijual dengan harga Rp8.499.000 dan bisa dibeli secara online melalui Mi.com serta berbagai e-commerce ternama di Indonesia, atau offline melalui Xiaomi Store, Xiaomi Shop, dan Erafone.

Xiaomi TV Q1E 55 inci cocok untuk:

  • Pengguna yang ingin TV QLED besar: salah satu TV QLED termurah dengan ukuran 55 inci. Cocok untuk Anda yang berencana membeli TV lebih besar dan gambar yang lebih bagus.
  • Pengguna yang ingin menikmati siaran TV digital: Xiaomi TV Q1E sudah mendukung siaran digital DVB-T2, jadi tidak butuh STB tambahan.
  • Gamer PS5/XSX: Meski belum 120Hz, Anda yang memiliki konsol generasi terkini (PS5 atau Xbox Series X) namun belum punya TV 4K bisa membidik TV ini.
  • Penggemar film, series, dan anime: TV 4K ini sudah mendukung HDR10+ dan Dolby Vision.

Kelebihan Xiaomi TV Q1E 55 inci:

  • Desain premium dengan material logam
  • Bezel tipis
  • Kualitas gambar istimewa berkat panel QLED
  • Warna hitam lebih pekat
  • 4K dengan dukungan HDR10+ dan Dolby Vision
  • Speaker mampu menyajikan audio yang mantap
  • Berbasis Android TV 10, bisa unduh banyak aplikasi dari Google Play Store
  • Dukung siaran digital DVB-T2
  • Port cukup lengkap
  • Harga menarik untuk ukuran TV QLED 55 inci

Kekurangan Xiaomi TV Q1E 55 inci:

  • Remote bawaan masih model lama dengan tombol sedikit
  • Ada sedikit perubahan warna jika dilihat dari samping
  • Akan lebih menarik jika menggunakan single-stand (selera masing-masing)
svg%3E
Xiaomi TV Q1E 55 inci
Kalau Anda menginginkan TV QLED murah dengan ukuran layar besar, Xiaomi TV Q1E 55 inci mungkin jawaban yang Anda cari
8.5
Cek Harga