Review POCO F4

svg%3E
8.1
Cek Harga

POCO Indonesia belum lama ini meluncurkan POCO F4 Series yang kembali mengedepankan performa super kencang dengan harga ramah kantong. Yang menarik, pada seri F4 untuk pertama kalinya POCO membenamkan OIS (Optical Image Stabilization) di kamera utamanya.

Penasaran seperti apa kemampuan POCO F4 baik dari segi performa maupun kamera? Yuk, langsung saja simak ulasannya!

Desain lebih fresh

Kalau dibandingkan dengan F3, penampilan F4 terlihat lebih segar berkat tepian yang kini flat atau rata, dan frame kamera dengan sudut yang lebih tegas. Konsep desainnya bisa dibilang cenderung ke arah modern minimalis. Tidak ada elemen trendy dan berani khas POCO yang melambangkan semangat anak muda.

POCO F4

Dengan tepian yang rata, dari segi kenyamanan pengoperasian POCO F4 termasuk perangkat yang enak digenggam. Ketebalannya 7,7mm dengan bobot 195 gram. Masih ideal untuk dimasukkan ke saku celana termasuk kalau dipasangkan softcase bawaannya.

Varian warna yang datang ke meja pengujian kami adalah Nebula Green. Warna hijaunya agak redup alias kurang cerah meski finishing-nya glossy. Cocok untuk Anda yang ingin tampil kalem tapi agak bosan dengan warna standar seperti hitam. Sedikit catatan, panel belakangnya yang glossy ini tidak mudah kotor oleh bekas jari.

POCO F4

Beralih ke depan, Anda kembali disuguhkan layar dengan panel datar berukuran 6,67 inci yang memiliki punch hole mungil di tengah untuk menampung kamera selfie. POCO juga tidak lupa menyertakan perlindungan lewat kaca Gorilla Glass 5.

Di bagian bawah ada port USB-C, lubang speaker, dan mic. Tidak ada port audio jack 3.5mm, tapi kabar baiknya, POCO sudah menyertakan converter USB-C to 3.5mm di dalam kemasan ponsel ini. Slot SIM-card seperti biasa ada dua, namun tanpa slot microSD. POCO F4 merupakan perangkat dengan rating IP53 untuk ketahanan terhadap debu dan percikan air.

svg%3E

Layar AMOLED 120Hz

POCO F4 mengusung panel E4 AMOLED 6,67 inci FHD+ dengan refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 360Hz. Layar ini punya tingkat kecerahan hingga 1300 nits dan dilengkapi dukungan HDR 10+. Selain itu ada pula satu peningkatan menarik pada layarnya berupa dukungan Dolby Vision.

svg%3E

Menurut kami layar ponsel ini cukup memanjakan mata. Dari segi ketajaman amat baik, dan sajian warnanya pun mantap, Ada tiga mode warna yang bisa Anda pilih, yaitu Vivid (DCI-P3), Saturated (DCI-P3 dengan saturasi yang diangkat), dan Standard (sRGB).

Refresh rate-nya pun dapat diatur antara Default dan Custom. Yang pertama bisa juga disebut otomatis dan akan menyesuaikan refresh rate dengan aplikasi yang sedang Anda jalankan. Kalau Custom, Anda bisa menguncinya pada 60Hz atau 120Hz.

Secara keseluruhan kami tidak punya keluhan terhadap layar POCO F4. Penggunaan di luar ruangan pada siang hari dengan matahari terik pun masih nyaman. Untuk kebutuhan menonton film dari platform streaming populer juga tidak ada masalah karena sudah didukung Widevine L1.

Asyiknya lagi, sektor audio POCO F4 mengandalkan speaker stereo yang terletak di bagian bawah dan atas perangkat. Selain kualitas suaranya cukup lantang dan bertenaga, Anda juga akan menemukan fitur Dolby Atmos di sini.

Ponsel POCO pertama dengan OIS

Seperti disebutkan di awal artikel, POCO F4 menjadi smartphone POCO pertama yang kameranya telah dibekali OIS. Konfigurasi kamera belakangnya antara lain 64 MP f/1.8 dengan PDAF dan OIS, ultra-wide 8 MP f/2.2, dan makro 2 MP f/2.4.

svg%3E

Bisa dilihat, selain OIS peningkatan kamera F4 dibanding F3 juga terjadi pada sensor utamanya. Sebelumnya 48 MP, sekarang 64 MP. Keberadaan OIS sendiri diyakini bisa bikin hasil foto dan videonya lebih stabil. Untuk kamera selfie-nya masih sama, 20 MP f/2.5.

Sejauh pengujian kami, kualitas foto dari kamera utama POCO F4 memang tergolong bagus. Pada kondisi cahaya ideal, detail yang ditangkap tinggi dan reproduksi warnanya pun terlihat hidup dengan kontras yang pas dan akurasi warna yang baik. Peredaman noise-nya minim sehingga tidak sampai mengurangi ketajaman gambar. Dynamic range-nya juga luas.

IMG_20220714_164349

IMG_20220714_164406

IMG_20220714_164857

svg%3E

IMG_20220714_170109

Walaupun tidak dibekali depth sensor, POCO F4 tetap menawarkan mode Portrait dengan efek bokeh yang rapi dan natural. Sementara kamera sudut lebarnya juga dapat memberikan foto dengan detail dan warna yang oke, bahkan dynamic range-nya pun di atas rata-rata kamera ultra-wide pada ponsel 5 jutaan lainnya.

IMG_20220714_170009

Ultra-wide

Beralih ke pemotretan indoor dengan kondisi yang agak temaram, POCO F4 mampu menjaga detail, kontras, dan saturasi secara baik dengan tetap menjaga noise di level yang rendah. Adanya OIS terbukti sangat membantu mengurangi kemungkinan foto blur karena tangan yang tidak stabil, terutama untuk pemotretan malam hari dengan Night Mode.

Low-light (2)

Low-light (5)

Low-light (1)

Bagaimana untuk videografi? Kamera belakang POCO F4 mampu merekam hingga resolusi 4K di 60fps. Cukup istimewa di kelas harganya. Sayangnya, kamera depannya mentok di 1080p 30fps saja. Berikut hasil rekaman baik menggunakan kamera belakang maupun depan, yang sama-sama kami atur di 30fps agar lebih stabil:

1080p 30fps

4K 30fps

1080p 30fps (kamera utama)

Performa kencang, suhu aman

Qualcomm Snapdragon 870 yang menjadi senjata POCO F4 menurut kami masih sangat bisa diandalkan untuk beragam kebutuhan, termasuk gaming. Meski begitu, pemakaian chipset yang sama dengan generasi sebelumnya membuat ponsel ini bakal kurang menggiurkan bagi pengguna F3 yang ingin upgrade.

Selain kencang, satu hal lainnya yang kami sukai dari Snapdragon 870 adalah suhunya yang mudah dijinakkan. Kali ini POCO menggunakan LiquidCool Technology 2.0 dengan vapor chamber berukuran 3,112m² untuk penyebaran panas yang optimal. Hasilnya suhu dapat dikendalikan di level yang aman dan nyaman tanpa mengganggu kinerja.

Untuk gaming, POCO F4 jelas mampu menjalankan judul-judul kelas berat seperti Genshin Impact, termasuk di setting grafis Highest 60fps sekalipun. Namun kalau Anda ingin mengurangi kemungkinan throttling dan konsumsi daya yang boros, kami sarankan untuk bermain di setting Medium saja. Kalau untuk game-game seperti Mobile Legends atau PUBG Mobile pastinya lancar tanpa kendala.

Ada dua varian memori yang tersedia, yaitu 6/128 GB dan 8/256 GB. Teknologi RAM-nya LPDDR5 sedangkan storage-nya UFS 3.1. Ingat, F4 tidak memiliki slot microSD. Jadi kalau Anda termasuk heavy user yang sering menyimpan file foto, video, atau game berukuran besar, kami sarankan memilih varian 256 GB saja.

Charging ngebut!

Smartphone ini mempunyai baterai 4.500 mAh yang didukung teknologi 67W Turbo Charging. Kapasitas tersebut masih memungkinkan untuk penggunaan dari pagi hingga malam hari, dengan gaya pemakaian kami yang cenderung moderate. Untuk pengisian daya, dari kondisi di bawah 10 persen hingga penuh 100 persen hanya butuh waktu sekitar 40-45 menit.

Kesimpulan

Sama seperti pendahulunya, POCO F4 merupakan perangkat yang menawarkan performa ala ponsel flagship dengan harga yang lebih terjangkau. Bedanya, kini ada tambahan OIS dan kemampuan charging yang lebih kencang. Termasuk menggiurkan di kelas harganya, namun upgrade yang ditawarkan belum terlalu signifikan untuk pengguna yang sudah punya F3.

Bagi yang berminat, POCO F4 dijual POCO F4 6GB+128GB dijual dengan harga Rp5.199.000 dan varian 8GB+256GB bisa ditebus dengan dana Rp5.699.000.

POCO F4 cocok untuk:

  • Pelajar/mahasiswa: Performanya istimewa. Mantap untuk belajar, bikin konten, atau main games.
  • Gamers: F4 sanggup diajak menjalankan semua game dengan lancar, termasuk yang menuntut grafis berat seperti Genshin Impact.
  • Kreator konten: Adanya OIS membuat ponsel ini ideal untuk berkarya secara on-the-go, dengan hasil yang terbilang oke untuk kelas harganya.
  • Karyawan yang mobile: Selain kinerjanya gesit, F4 juga didukung charging berkecepatan tinggi. Cocok untuk karyawan yang selalu mobile dan tidak punya banyak waktu untuk mengisi daya.
  • Penggemar film: Layar ponsel ini cukup memanjakan mata. Sudah Widevine L1 pula dan mendukung Dolby Vision.

Kelebihan POCO F4:

  • Kualitas rancang bangun amat baik
  • Desain kekinian dengan tepian flat
  • Performa termasuk salah satu yang paling kencang di kelasnya
  • Kamera didukung OIS
  • Bisa rekam video hingga 4K 60fps
  • Charging cepat 67W
  • Layar bagus dan sudah 120Hz
  • Ada NFC
  • Paket penjualan komplit
  • Harga kompetitif

Kekurangan POCO F4:

  • Tidak ada slot microSD
  • Belum ada opsi 60fps untuk perekaman video dengan kamera depan
  • MIUI ada iklan
  • Meski masih kencang, akan lebih menarik jika menggunakan chipset yang lebih baru, terutama bagi yang ingin upgrade dari F3
svg%3E
POCO F4
Sama seperti pendahulunya, POCO F4 merupakan perangkat yang menawarkan performa ala ponsel flagship dengan harga yang lebih terjangkau.
8.1
Cek Harga