YouTube Hadirkan Fitur Picture-in-Picture untuk iPhone dan iPad

Setelah melalui tahap pengujian untuk pengguna di Amerika Serikat tahun lalu, YouTube akhirnya merilis fitur Picture-in-Picture untuk iPhone dan iPad secara global. Sekadar informasi, fitur tersebut sudah lebih dulu tersedia untuk Android.

Cara menggunakan fitur Picture-in-Picture di YouTube

YouTube
image credit: 9to5mac.com

Picture-in-Picture bisa dinikmati oleh pengguna iPhone dan iPad dengan sistem operasi iOS/iPadOS 15.0 atau lebih tinggi. Meski dipastikan meluncur secara global, fitur ini akan tersedia secara bertahap untuk pengguna di berbagai negara dalam beberapa hari ke depan.

Cara mengaktifkan fitur Picture-in-Picture di iPhone dan iPad cukup mudah. Pengguna hanya perlu memilih video yang ingin mereka tonton, lalu swipe up dari bagian bawah layar atau tekan tombol Home. Selanjutnya, video akan tetap diputar dalam jendela kecil dan memungkinkan pengguna mengakses aplikasi lainnya tanpa harus menutup video.

svg%3E

Pastikan pula fitur Picture-in-Picture sudah aktif dengan cara masuk ke Settings di perangkat iOS -> General -> Picture-in-Picture -> lalu tap Start PiP Automatically. Setelah itu masuk ke aplikasi YouTube -> Settings -> General -> aktifkan Picture-in-Picture.

Khusus untuk member Premium

Perlu diketahui bahwa secara global fitur Picture-in-Picture pada iPhone dan iPad hanya bisa diakses oleh member Premium, baik untuk konten musik maupun non-musik. Berbeda dengan di Amerika Serikat yang tersedia untuk semua pengguna tanpa kecuali, namun terbatas pada konten non-musik saja.

Verified by MonsterInsights