Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi TV A2 43 Inci (4K)

Xiaomi TV A2 43 inci (4K) menjadi salah satu opsi paling menggiurkan bagi pengguna yang sedang mencari smart TV dengan harga ramah kantong. Selain resolusinya sudah UHD, TV ini juga memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menonjol di kelas harganya. Tapi perlu diingat, ada juga sedikit kekurangan minor yang patut diketahui.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut kelebihan dan kekurangan Xiaomi TV A2 43 Inci (4K)!

Kelebihan Xiaomi TV A2 43 Inci (4K)

1. Kualitas visual cukup bagus

TV dengan desain single stand ini memiliki resolusi 3840 x 2160 dan sudah didukung Dolby Vision, HDR 10, HLG, serta 90 persen DCI-P3 colour gamut. Ada pula teknologi 60Hz MEMC (Motion Estimation, Motion Compensation) untuk gambar yang lebih halus pada adegan dengan pergerakan cepat.

Xiaomi TV A2 43 Inci

Di kelas harganya, bisa dibilang kualitas visual Xiaomi TV A2 43 Inci (4K) sudah cukup bagus. Gambarnya tajam dan warnanya tampak hidup walaupun untuk warna hitam belum bisa menyamai TV mahal. Sudut pandangnya juga lumayan luas, 178 derajat, sehingga tidak ada penurunan kualitas yang signifikan jika menonton dengan posisi agak ke samping.

2. Android TV 10

Xiaomi TV A2 43 Inci mengadopsi sistem operasi Android TV 10. Memang belum Google TV, tapi bagi kami bukan masalah selama beragam aplikasi dari Google Play Store bisa diunduh dan dinikmati. YouTube, Netflix, Disney+ Hotstar, Prime Video, HBO GO, Mola TV, Vidio, dan sebagainya, semua tersedia.

svg%3E

3. Performa gesit

Dibanding smart TV di bawah 4 juta kebanyakan, kinerja Xiaomi TV A2 43 Inci bisa dibilang gesit. Berpindah antar aplikasi terasa gegas alias tidak lemot. Storage-nya juga lumayan lega, 16 GB, sehingga lebih leluasa mengunduh aplikasi maupun games.

4. Siaran digital DVB-T2

Ya, TV ini sudah mendukung siaran digital DVB-T2. Yang saya suka, proses pencarian siaran TV baik analog maupun digital berlangsung sangat cepat. Dalam waktu sekitar 1 menit saja, TV ini berhasil menangkap puluhan channel siaran dari berbagai stasiun TV lokal.

svg%3E

5. Speaker lumayan bertenaga

svg%3E

Untuk ukuran TV 43 inci, Xiaomi mampu menghadirkan speaker stereo dengan kualitas audio yang lumayan mantap dan bertenaga. Bagi kami sudah memadai untuk sekadar menemani menonton film atau TV series. Namun jika dirasa masih kurang, Anda bisa menghubungkannya ke soundbar lewat port Optical Audio Out.

6. Remote lebih lengkap

Masih ingat remote lama Xiaomi yang minimalis? Untuk Xiaomi TV A2 43 Inci (4K), Anda kini diberikan remote berbeda dengan tombol yang lebih banyak sehingga memudahkan akses ke beragam pengaturan tanpa harus keluar dari aplikasi. Misalnya saat sedang menonton YouTube, Anda cukup menekan tombol Set untuk membuka jendela Settings, lalu mengubah pengaturan yang dibutuhkan seperti Network, Device Prefences (termasuk pilihan mode gambar), dan sebagainya.

svg%3E

7. Konektivitas cukup komplit

Di bagian belakang, Anda akan disuguhkan port yang cukup lengkap seperti 3x HDMI yang satu di antaranya mendukung eARC, 2x USB 2.0, audio jack 3.5mm, Composite In (AV), Optical Digital Audio Out, Ethernet (LAN), dan port antena.

TV ini juga dibekali koneksi Bluetooth 5.0 yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan aksesori seperti TWS, gamepad, atau keyboard Bluetooth. Selain itu, ada juga dukungan WiFi Dual-Band yang kompatibel dengan jaringan 2.4 GHz dan 5 GHz.

8. Harga murah

Xiaomi TV A2 43 inci adalah salah satu TV 4K HDR paling murah yang ada di pasar Indonesia sekarang. Selain untuk nonton, TV ini bisa menjadi opsi menarik bagi gamer PS5 atau Xbox Series X yang belum punya TV 4K HDR di rumah.

svg%3E

Kekurangan Xiaomi TV A2 43 Inci (4K)

1. Mode HDR Game tidak otomatis aktif

Ketika pertama kali menghubungkan PS5 dengan Xiaomi TV A2 43 inci (4K), ternyata HDR tidak langsung aktif dan PS5 mendeteksinya sebagai TV non-HDR. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dan menurut kami kurang praktis. Klik tautan berikut ini untuk mengetahui caranya.

2. Fitur 60Hz MEMC belum tentu cocok untuk semua konten

Fitur 60Hz MEMC terkadang bikin pergerakan menjadi kurang natural dan menghilangkan nuansa sinematik. Secara default fitur ini langsung aktif, dan perlu usaha ekstra dengan mengutak-atik pengaturan untuk mematikannya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Xiaomi TV A2 43 inci (4K). Bagi yang berminat, Xiaomi TV A2 43 inci (4K) dijual dengan harga Rp3.999.000. Penjualan eksklusif di Shopee selama periode 7-14 Juli 2022. Sementara penjualan di platform lain seperti Lazada, Tokopedia, Blibli, Akulaku, JD.ID, maupun offline di Xiaomi Store, Xiaomi Shop, dan Erafone digelar 14 Juli 2022.