Samsung Perkenalkan ISOCELL HP3 200 MP dengan Teknologi Tetra Pixel dan Super QPD Auto Focus

Samsung mengumumkan kehadiran sensor kamera terbarunya yang disebut ISOCELL HP3. Mengusung resolusi 200 MP, sensor ini juga dibekali beragam teknologi canggih yang diyakini mampu menyajikan kualitas tangkapan gambar yang lebih baik. Seperti apa?

Fitur Samsung ISOCELL HP3

ISOCELL HP3

ISOCELL HP3 merupakan suksesor dari HP1 yang meluncur tahun lalu. Sensor baru ini memiliki ukuran pixel 0,56 micrometer, alias yang terkecil di industri. ISOCELL HP3 mengemas 200 juta pixel dalam 1/1.4″ optical format, yang memungkinkan modul kamera 20 persen lebih kecil sehingga desain smartphone tetap bisa terlihat ramping.

Yang menarik, Samsung membenamkan fitur Super QPD yang memungkinkan semua pixel pada sensor didukung kemampuan auto focus. Super QPD menggunakan lensa tunggal pada empat pixel yang berdekatan untuk mendeteksi perbedaan fase pada arah horizontal dan vertikal. Cara seperti ini diklaim menjadikan auto focus lebih akurat dan lebih cepat.

Samsung ISOCELL HP3 Tetra

Teknologi selanjutnya adalah Tetra Pixel yang menggabungkan empat pixel menjadi satu untuk mengubah sensor 200 MP 0,56 micrometer menjadi 50 MP 1,12 micrometer, atau 12.5 MP 2,24micrometer dengan menggabungkan 16 pixel menjadi satu. Dengan begitu, kamera dijanjikan dapat menghasilkan bidikan yang lebih cerah bahkan di kondisi low-ligth atau malam hari.

Samsung ISOCELL HP3 dapat merekam video hingga resolusi 8K di 30fps, atau 4K di 120fps. Untuk memaksimalkan jangkauan dynamic range, sensor ini mengadopsi fitur Smart-ISO Pro yang ditingkatkan. Teknologi ini menggabungkan informasi dari pengambilan gambar ISO rendah dan ISO tinggi, untuk menghasilkan gambar HDR.

Smart ISO Pro and staggered HDR

Jadwal ketersediaan

Samsung saat ini sudah mulai mengirimkan sensor ISOCELL HP3 ke OEM. Sayangnya belum ada informasi kapan smartphone pertama dengan sensor ini bakal tersedia di pasaran. Kita tunggu saja!

Your email address will not be published.