Semua Hal yang Perlu Diketahui tentang ASUS ExpertBook B3 Flip 4G (B3402)

ASUS ExpertBook B3 Flip 4G (B3402) hadir di Indonesia dengan membawa fitur menarik yang jarang ditemukan pada laptop konvertibel pada umumnya, yaitu dukungan konektivitas 4G. Karena itu, laptop ini bisa menjadi solusi praktis untuk bekerja maupun belajar dari mana saja dan kapan saja.

Namun apakah dukungan 4G menjadi satu-satunya hal menarik yang ditawarkannya? Nah, dalam artikel kali ini, kami ingin mengajak Anda mengenal ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) lebih jauh lagi.

Apa saja konektivitas yang tersedia?

ExpertBook B3 Flip (B3402) bisa dibilang merupakan salah satu laptop konvertibel dengan konektivitas paling lengkap di kelasnya. Di bagian samping Anda akan menemukan slot SIM-card layaknya smartphone. Cukup masukkan kartu SIM Anda, dan laptop ini bakal langsung terhubung ke jaringan 4G LTE.

ASUS ExpertBook B3 Flip 4G 1

Dengan begitu Anda tidak hanya bergantung pada WiFi untuk bisa berselancar di dunia maya, atau menggunakan smartphone untuk tethering yang bikin baterai cepat habis. Bahkan, ASUS ExpertBook B3 Flip 4G (B3402) memiliki fungsi hotspot untuk membagikan koneksi 4G-nya ke perangkat lain lewat WiFi. Menyinggung soal WiFi, laptop ini sudah mengadopsi teknologi WiFi 6.

Opsi konektivitas lainnya yang tersedia antara lain port ethernet (LAN), USB Type-A, USB Type-C dengan Thunderbolt 4 yang mendukung DisplayPort serta USB Power Delivery, dan HDMI. Tidak ketinggalan ada Bluetooth untuk terhubung ke perangkat lain seperti mouse atau TWS.

Apakah ASUS ExpertBook B3 Flip 4G (B3402) nyaman dibawa bepergian?

Laptop ini mengusung layar IPS 14 inci Full HD. Ketebalannya sekitar 1,92-1,95 cm dengan bobot 1,61 kilogram. Melihat spesifikasi seperti itu, tentunya ExpertBook B3 Flip (B3402) termasuk laptop yang masih oke untuk dibawa bepergian.

Seberapa tangguh bodinya?

Anda yang selalu bekerja secara mobile tidak perlu khawatir soal ketangguhan bodi dari ExpertBook B3 Flip (B3402). Menurut ASUS, laptop ini sudah mengatongi sertifikasi ketahanan berstandar militer (MIL STD-810H) setelah melalui berbagai pengujian ekstrem.

ASUS ExpertBook B3 Flip 4G 4

Di berbagai bagian bodinya ada perlindungan khusus misalnya keyboard dengan fitur anti-spill yang aman dari tumpahan air, port dengan struktur penahan khusus untuk meminimalisir kerusakan fisik, serta rangka bodi yang solid dan bisa diandalkan.

Apakah ExpertBook B3 Flip 4G (B3402) mendukung stylus?

Ya. Selain difungsikan sebagai laptop, perangkat dengan layar sentuh ini juga mendukung gaya penggunaan lainnya seperti mode tent dan tablet. Untuk memaksimalkan fungsinya, ExpertBook B3 Flip (B3402) dibekali dengan stylus yang dapat disimpan di kompartemen pada bodinya.

ASUS ExpertBook B3 Flip 4G 5

 

 

ASUS menjelaskan, stylus-nya menggunakan baterai yang dapat diisi ulang secara otomatis saat tersimpan di kompartemennya. Charging-nya juga cepat. Mengisi daya 15 detik memungkinkan penggunaan 45 menit. Itu artinya, Anda tidak akan menemui skenario ingin memakai stylus tapi dayanya habis.

Bagaimana soal webcam?

Pastinya tersedia. Bahkan tidak hanya satu, ASUS membenamkan dua kamera sekaligus. Yang pertama adalah webcam standar, dan yang satunya disebut World Facing Camera dengan posisi sejajar dengan keyboard dan menghadap ke atas ketika laptop digunakan dalam mode clamshell standar. Pada mode tent atau tablet, kamera tersebut berfungsi layaknya kamera utama di smartphone karena posisinya yang berada di balik layar laptop ini.

ASUS ExpertBook B3 Flip 4G 3

Apakah performanya bisa diandalkan?

ASUS ExpertBook B3 Flip 4G (B3402) dipersenjatai prosesor dengan opsi hingga Intel Core i7-1165G7 yang ditemani kartu grafis Intel Iris Xe Graphics. Media penyimpanannya sudah NVMe PCIe SSD 3.0 dan didukung RAM DDR 3200 MHz. Kombinasi yang tentunya memadai untuk menunjang beragam kebutuhan pebisnis maupun pelajar.

Seperti apa sistem keamanannya?

Karena tergolong sebagai laptop bisnis, tentunya ExpertBook B3 Flip (B3402) dibekali sistem keamanan kelas enterprise baik dari sisi software maupun hardware. Ada modul TPM 2.0 untuk melindungi data. Selain itu, Anda juga akan menemukan pembaca sidik jari untuk login ke Windows sekaligus mencegah orang lain mengaksesnya.

Untuk menghindari ancaman lain seperti spionase, laptop ini memiliki webcam shield yang dapat menutup webcam secara fisik. Ada pula fitur secure file shredder yang memastikan data Anda benar-benar dihapus dan tidak bisa dikembalikan lagi.

ASUS ExpertBook B3 Flip 4G

Apa ada fitur menarik lainnya?

Selain sederet penawaran di atas, ASUS ExpertBook B3 Flip 4G (B3402) masih memiliki fitur menarik lainnya contohnya lapisan anti bakteri yang dipasang pada bagian bodi yang sejajar dengan keyboard. ASUS mengklaim, lapisan ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri hingga 99 persen.

Sementara untuk kesehatan mata, layar ExpertBook B3 Flip (B3402) telah dilengkapi fitur Eye Care yang memungkinkan meredam cahaya biru hingga 70 persen. Fitur ini sudah mendapat sertifikasi low blue light dari TUV Rheinland.

Berapa harga ASUS ExpertBook B3 Flip 4G (B3402)?

Kalau Anda berminat, ExpertBook B3 Flip 4G (B3402) dijual dengan harga mulai dari 15 jutaan rupiah.

Cocok untuk siapa?

ExpertBook B3 Flip 4G (B3402) ideal untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan membutuhkan laptop konvertibel tahan banting dengan konektivitas lengkap. Kalangan pendidikan seperti mahasiswa, dosen, guru, maupun akademisi juga cocok menggunakannya.

Your email address will not be published.