OPPO Ungkap Peran Teknologi AINR di Kamera Find X5 Pro 5G

OPPO Find X5 Pro 5G merupakan smartphone flagship yang menjadikan kamera sebagai senjata utamanya. Salah satu fitur andalannya adalah 4K Ultra Night Video yang diklaim dapat merekam dengan baik di kondisi cahaya minim. Menurut OPPO, kemampuan tersebut hadir berkat dukungan teknologi AINR dan 3DNR. Apa itu?

Teknologi AINR dan 3DNR di OPPO Find X5 Pro 5G

OPPO Find X5 Pro 4

 

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, Jumat (17/6), OPPO menjelaskan bahwa 4K Ultra Night Video menggunakan perpaduan teknologi AINR (Artificial Intelligence Noise Reduction) dan 3DNR yang diberikan oleh MariSilicon X. Bagi yang belum tahun, MariSilicon X adalah chip NPU garapan OPPO yang difokuskan untuk mendukung kamera Find X5 Pro 5G.

Dengan kombinasi AINR dan 3DNR, OPPO mengklaim fitur 4K Ultra Night Video dapat memaksimalkan detail dan rentang dinamis dari video yang direkam. 3DNR sendiri bekerja dengan membandingkan frame berikutnya untuk mempresentasikan gambar sesuai aslinya. Find X5 Pro juga punya fitur DOL-HDR untuk menangkap dua frame secara bersamaan, sehingga pencitraan HDR real-time dijanjikan bebas bayangan.

“AINR merupakan teknologi yang dikembangkan oleh OPPO Research Institute. Algoritma ini mampu mendeteksi dan mengurangi noise pada setiap frame foto dan diproses secara pixel by pixel sehingga dapat mempertahankan detil gambar, warna kulit, dan warna objek yang lebih halus dan akurat,” kata Patrick Owen, Chief Creative Officer OPPO Indonesia.

Menariknya lagi, ketika digabungkan dengan sensor Sony IMX766 50 MP dengan ukuran sensor 1/1.56″, ukuran piksel 2?m setelah binning, dan sistem 5-axis OIS, OPPO mengklaim algoritma AINR dapat mengurangi efek hand shake, noise, dan mempertajam hasil rekaman video. Hasil rekaman dari OPPO Find X5 Pro 5G memiliki peningkatan night video resolution empat kali lebih besar, pengurangan efek pecah pada gambar, dan penangkapan warna yang lebih baik.

Find X5 Pro 5G

Spesifikasi OPPO Find X5 Pro 5G

Sekadar informasi tambahan, Find X5 Pro 5G didukung sensor utama Sony IMX766 50 MP, Sony IMX766 Ultra-Wide 50 MP, kamera tele 13 MP, dan kamera Selfie Sony IMX709 32 MP. Selain menanamkan NPU MariSilicon X, OPPO juga menggandeng Hasselblad untuk menghadirkan Hasselblad Natural Color Calibration dalam Pro Mode.

Ponsel ini juga dipersenjatai teknologi charging cepat Flash SuperVOOC 80W yang dapat mengisi daya 50 persen dalam 12 menit, layar 120Hz, dan pastinya dukungan jaringan 5G. Bagi yang berminat, Find X5 Pro 5G sudah dijual di Indonesia dengan harga Rp14.999.000.

 

OPPO Find X5 Pro

Your email address will not be published.