Quantcast
Foto & VideoAksesoris Foto & VideoNewsProduct News

DJI RS 3 dan RS 3 Pro: Kemampuan Stabilisasi Lebih Baik, Dilengkapi Dukungan Sistem Autofocus LiDAR

DJI merilis gimbal kamera RS 3 dan RS 3 Pro. Keduanya akan menjadi suksesor DJI RS 2 dan RSC 2 yang diluncurkan tahun 2020 lalu.

DJI RS 3 dan RS 3 Pro 1

Fitur DJI RS 3

DJI RS 3 membawa cukup banyak pembaruan jika dibandingkan generasi sebelumnya, RS 2. Desainnya tetap ringkas. Bobotnya hanya sekitar 1,27 Kg. Walau begitu, gimbal ini bisa menahan bobot kamera, lensa dan aksesorisnya dengan bobot total hingga 2,9 Kg. Cukup untuk mengakomodir beragam model kamera mirrorless kekinian.

DJI RS 3 1

Menurut DJI, RS 3 kini hadir dengan sistem penguncian sumbu yang telah diperbarui. Imbasnya, RS 3 bisa langsung digunakan saat tombol power ditekan. Mekanisme piringan dudukan dengan quick-release juga tersedia. Jadi, tidak perlu lagi repot melakukan penyeimbangan ulang setiap mengganti kamera atau lensa.

Kepraktisan lain yang ditawarkan DJI RS 3 adalah tombol shutter dengan koneksi Bluetooth. Tombol ini bisa digunakan untuk mengendalikan tombol shutter shutter kamera tanpa perlu kabel.

DJI RS 3 3

Kemampuan stabilisasinya juga ditingkatkan. Dengan algoritma RS Stabilization generasi ketiga kemampuan stabilisasinya meningkat sekitar 20% dari DJI RSC 2. Peningkatan ini akan terasa saat pengambilan gambar sambil lari atau dipasang di kendaraan yang bergerak. RS 3 juga didukung kemampuan stabilisasi SuperSmooth yang kompatibel dengan jarak fokal lensa hingga 100mm.

DJI RS 3 4

Untuk mempermudah navigasi RS 3 dilengkapi layar sentuh OLED 1,8 inci. Area layarnya 80% lebih besar jika dibandingkan generasi sebelumnya. Antarmukanya juga diperbarui untuk kendali dan pengaturan yang lebih mudah. Tombol untuk beralih dari mode pan follow, pan dan tilt follow dan mode FPV juga tersedia.

DJI RS 3 ditenagai dengan baterai yang bisa digunakan hingga 12 jam. Pengisian baterainya mendukung fitur isi ulang cepat hingga 18 Watt lewat port USB-C.

Fitur DJI RS 3 Pro

DJI RS 3 Pro 1

Beralih ke DJI RS 3 Pro gimbal ini membawa fitur-fitur yang ada di RS 3. Bedanya dengan RS 3 ada di material yang diusungnya. DJI RS 3 Pro mengusung material serat karbon. Jadi, lebih ringan sekaligus tangguh. Bobotnya sekitar 1,4 Kg dan bisa menahan bobot kamera hingga 4,5 Kg.

DJI RS 3 Pro02

Rancangan lengannya juga lebih panjang. Dengan begitu akan kompatibel dengan kamera kelas profesional. Termasuk, kamera kelas sinema seperti Sony FX6, Canon EOS C70 dan RED Komodo.

DJI RS 3 Pro 3

Fitur paling menarik dari DJI RS 3 Pro adalah dukungan modul focus LIDAR Range Finder yang diadopsi dari gimbal DJI Ronin 4D. Berkat tambahan modul ini DJI RS 3 Pro bisa memungkinkan kamera dengan lensa manual bisa digunakan dengan autofocus.

Sistem autofocus-nya juga diklaim sangat cepat mengandalkan motor focus berkecepatan tinggi. Selain itu, tersedia juga dukungan fitur Active Track Pro untuk kemampuan pengenalan dan pelacakan subyek yang sangat akurat.

Harga DJI RS 3 dan RS 3 Pro

DJI RS 3 dan RS 3 Pro saat ini sudah tersedia di pasaran Amerika. Harga DJI RS 3 mulai US$549 dan US$869 untuk DJI RS 3 Pro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button