Cara Membuat Folder di Spotify untuk Permudah Kelola Playlist

Tahukah Anda kalau Spotify bisa membuat Folder untuk mengelola berbagai playlist favorit? Kalau belum tahu, artikel kali ini mungkin bisa bermanfaat agar koleksi playlist Anda tidak berantakan dan lebih mudah diakses tanpa perlu scrolling lama. Penasaran bagaimana cara menggunakan fitur Folder di Spotify? Yuk, langsung saja simak!

Cara membuat Folder playlist di Spotify

Spotify

Singkatnya, Folder yang Anda buat dapat menampung playlist atau kompilasi lagu yang bisa Anda kelompokkan berdasarkan tema, suasana hati, sumber, atau kategori lainnya. Keberadaan Folder ini akan menghemat waktu Anda ketika mencari playlist yang diinginkan. Cara membuatnya:

  1. Buka aplikasi Spotify di desktop atau pemutar web
  2. Klik kanan pada playlist yang dipilih, lalu klik “Buat folder”. Anda akan melihat folder kosong baru pada layar bernama “Folder Baru” di aplikasi dekstop atau pemutar web Spotify.
  3. Ubah nama asli “Folder Baru” sesuai dengan preferensi.
  4. Cukup seret dan lepas (drag and drop) untuk menambahkan lebih banyak playlist ke dalam folder.
  5. Folder untuk playlist siap digunakan. Gunakan tombol panah di sebelah nama folder untuk memperluas atau mengecilkan tampilan folder.
  6. Pengguna juga dapat membuat folder di dalam folder. Cukup dengan klik kanan pada folder yang dimaksud dan klik “Buat folder”.

Bagaimana? Mudah, ‘kan?

Spotify 1
Source: TIME

Folder bisa dihapus

Jika sewaktu-waktu Anda berubah pikiran, Anda dapat menarik keluar playlist yang diinginkan dari dalam Folder. Bahkan, Anda juga bisa menghapus Folder. Tapi perlu diketahui, menghapus folder secara permanen akan menghapus seluruh playlist yang ada di dalamnya.

Your email address will not be published.