Review Canon PIXMA G670

Multifungsi dan sangat ekonomis untuk cetak dokumen dan foto dalam jumlah banyak

8.5

Canon PIXMA G-Series adalah lini printer yang dihadirkan untuk solusi cetak hemat dalam jumlah banyak. Salah satunya adalah Canon PIXMA G670. Printer inkjet ini mengusung sistem tinta 6 warna. Jadi, bisa untuk cetak dokumen dan foto. Apa saja kelebihan dan kekurangan Canon PIXMA G670? Simak ulasannya sebagai berikut.

 

canon pixma G670

Desain Canon PIXMA G670

Canon PIXMA G670 hadir dengan dimensi yang cukup besar. Wajar mengingat printer ini termasuk kategori all-in-one. Jadi, bisa mendukung fungsi cetak, pindai dan copy.

Setidaknya ada dua hal menarik dari printer ini. Pertama, rancangannya modular. Saat bodinya dibuka pengguna dimungkinkan untuk mengakses komponen seperti print head dan absorber (maintenance cartridge). Kabar baiknya, Canon mengijinkan pengguna untuk melakukan penggantian komponen tersebut secara mandiri. Jadi, tidak perlu repot membawa printer ke service center.

 

Canon PIXMA G670 2

 

Hal menarik kedua adalah sistem tintanya. Canon PIXMA G670 mengusung sistem tinta isi ulang. Tangki tinta bisa ditemukan di bagian depan. Panel transparan di tangki tintanya memungkinkan pengguna untuk bisa langsung melihat sisa isi tinta.

 

canon pixma G670 3

Printer ini mengusung sistem 6 tinta. Di antaranya warna Cyan, Magenta, Yellow, Black, Grey dan Red. Untuk isi ulang tangki tinta juga sangat mudah.

Canon PIXMA G570 dan G670 3

Anda hanya perlu membuka penutup tangkinya, kemudian tancapkan botol tinta langsung ke tangki tinta tersebut. Canon juga sangat cermat merancang botol tintanya. Dengan rancangan nozzle yang unik cairan tinta tidak akan tumpah dan pengisian tinta bisa berlangsung lebih cepat.

Di panel atas bodi sebelah kiri bisa ditemukan layar LCD kecil dan sederetan tombol. Termasuk tombol menu, navigasi, dan settings. Tiga tombol utamanya berukuran lebih besar mencakup Stop dan Start dengan pilihan Black untuk cetak hitam putih dan Color untuk cetak warna.

canon pixma G670 4

 

Panel dengan tombol-tombolnya ini nyaman untuk ditekan. Tapi, menurut kami kurang informatif. Hanya tombol menu dan ketiga tombol utamanya yang diberi keterangan. Pengguna awam bisa saja kebingungan dan kami sarankan untuk membaca panduan manual agar lebih memahami fungsi setiap tombol yang tersedia.

Fitur Canon PIXMA G670

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya Canon PIXMA G670 mendukung fitur cetak, pindai dan copy. Untuk mode cetak Canon PIXMA G670 mendukung cetak foto, cetak dokumen warna atau hitam putih dengan beragam format kertas, hingga kemampuan cetak dokumen duplex dan cetak dua sisi otomatis untuk menghemat kertas.

Untuk konektivitas Canon PIXMA G670 hanya mendukung koneksi USB dan WiFi untuk nirkabel. Tidak ada opsi konektivitas lain seperti Bluetooth ataupun port Ethernet. Dengan dukungan koneksi WiFi pengguna bisa mencetak foto langsung dari ponsel lewat aplikasinya. Jadi, tidak perlu menghubungkan printer ke komputer.

Untuk konektivitas lewat port USB Canon PIXMA G670 mengusung gaya plug and play. Saat kami coba menghubungkannya ke laptop dengan Windows 11 printer ini bisa langsung digunakan.

Menghubungkan printer ini ke WiFi juga tergolong mudah. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Canon Printer yang tersedia untuk pengguna Android dan iOS. Kemudian, ikuti panduan setup yang muncul di aplikasi tersebut.

canon printer apps 6

Aplikasi Canon Printer sangat mudah digunakan dan cukup informatif. Antarmukanya sederhana. Fitur-fitur dasar seperti cetak foto, dokumen, pindai, copy tersedia. Informasi yang berhubungan dengan printer ini seperti sisa tinta, manual penggunaan dan troubleshoot juga tersedia.  Sebelum mencetak foto dari ponsel lewat aplikasi ini pengguna masih dimungkinkan untuk melakukan penyuntingan. Tapi, tools yang tersedia hanya sebatas crop dan rotate saja.

Lalu bagaimana jika ingin berkreasi dengan printer ini? Canon menyediakan aplikasi lain yang bisa diunduh. Memang agak merepotkan karena tidak langsung dalam satu aplikasi.

canon printer apps 9

Untuk berkreasi dengan cetakan foto Anda tersedia aplikasi Editor Easy-PhotoPrint yang tersedia di platform iOS, Android, Windows dan MacOS. Untuk kebutuhan cetak poster ada aplikasi PosterArtistLite yang menyediakan 1.300 template, foto dan clip art secara gratis. Khusus untuk pengguna smartphone Android tersedia juga aplikasi Mopria yang menawarkan fungsi cetak foto, dokumen dan email.

Performa Canon PIXMA G670

Canon PIXMA G670 9 e1653316346296

Untuk menguji performa cetak Canon PIXMA G670 kami menggunakannya untuk mencetak beberapa foto dan dokumen dari ponsel dan laptop. Di pengujian cetak dokumen lewat laptop, Canon PIXMA G670 menurut kami bisa mencetak dengan cepat.

canon pixma 2

 

Satu dokumen dua halaman cetak hitam putih bisa selesai dalam waktu 45 detik saja. Kualitas hasil cetakannya sangat baik di pengaturan kualitas cetak standar.

Canon PIXMA G670 11

 

Beralih ke cetak warna kami mengujinya untuk mencetak foto dari ponsel. Dari pengujian kami satu cetakan foto berukuran 10 x 15 cm di kertas foto glossy borderless bisa selesai sekitar 1 menit. Sementara, cetakan foto borderless berukuran A4 bisa diselesaikan sekitar 2 menit.

 

Canon PIXMA G670 8

Canon PIXMA G670 10

Hasil cetakan fotonya sangat memuaskan. Ketajamannya amat baik dan sangat kaya warna. Perlu diingat sebelum memulai kegiatan cetak mencetak Anda juga wajib memperhatikan tipe kertas dan ukuran cetak yang digunakan untuk mendapatkan hasil cetakan yang tepat.

 

canon printer apps 5

Printer ini juga tergolong ekonomis. Terutama, dari segi biaya cetak per lembarnya. Kapasitas tinta yang dimilikinya mampu mencetak hingga 3.800 lembar foto tanpa tepi ukuran 4 × 6 inci.

Untuk pengujian fungsi copy dokumen, Canon PIXMA G670 bisa melakukan fungsi ini dengan cepat. Memindai dan menghasilkan cetakan dokumen hanya sekitar 40 detik saja. Hasil copy dokumen juga sangat baik dengan tulisan yang diberi efek penebalan untuk kualitas hasil cetak yang lebih jelas.

 

Hasil scan and copy 1
Cetakan di sebelah kanan adalah hasil scan dan copy

Kesimpulan Canon PIXMA G670

Untuk cetak dokumen hitam putih atau cetak foto warna kualitas cetakan Canon PIXMA G670 sangat memuaskan. Hasil cetakan terlihat tajam dan kaya warna. Printer ini juga menawarkan setup dan pengoperasian yang mudah. Ditambah sistem tangki tinta isi ulang, hemat tinta, dan pergantian komponen yang bisa dilakukan sendiri, menjadikan Canon PIXMA G670 sangat fleksibel dan efisien.

Harga Canon PIXMA G670 ada di kisaran 5 jutaan Rupiah. Harga tintanya juga ekonomis di kisaran 160.000 Rupiah. Jadi, ideal untuk pengguna rumahan ataupun UMKM. Jika tidak keberatan dengan harga jualnya tersebut Canon PIXMA G670 bisa dipilih untuk pengguna yang memerlukan printer inkjet multifungsi yang ekonomis untuk mencetak dokumen dan foto dalam jumlah banyak.

Kelebihan Canon PIXMA G670:

– Setup mudah
– Pengoperasian Mudah
– Dilengkapi WiFi dan dukungan pencetakan dari ponsel
– Kualitas cetak foto dan dokumen sangat baik dengan sistem 6 tinta
– Mode cetak lengkap
– Mendukung fungsi cetak, pindai dan copy
– Beberapa komponen diperbolehkan upgrade sendiri
– Harga tinta relatif terjangkau
– Isi ulang tinta mudah

Kekurangan Canon PIXMA G670:

– Panel tombol kurang informatif
– Tidak dilengkapi port Ethernet
– Tools penyuntingan di aplikasi Canon Printer sangat minim
– Perlu install banyak aplikasi untuk berkreasi

Canon PIXMA G670 Cocok untuk:

Pelajar/mahasiswa: Selain cetak dokumen, kemapuan cetak foto yang oke dan dukungan beragam aplikasi kreatif bisa diandalkan pelajar atau mahasiswa di rumah untuk mengasah kreativitas.
UMKM: Kemampuan cetak dalam jumlah banyak dan hemat tinta menjadikannya sangat ideal untuk para pelaku UMKM yang memprioritaskan budget dalam kegiatan cetak mencetak.
Bisnis cetak foto skala kecil: Hasil cetakan foto yang tajam dan kaya warna, serta harga tinta yang relatif murah cocok untuk siapa saja yang ingin memulai usaha cetak foto skala kecil.

Canon PIXMA G670 bisa dipilih untuk pengguna yang memerlukan printer inkjet multifungsi yang ekonomis untuk mencetak dokumen dan foto dalam jumlah banyak.
8.5

Your email address will not be published.

Desain
Fitur
Performa
Hasil Cetakan
Harga
Final Score