Mengenal NPU MariSilicon X dan Peran Hasselblad di Kamera OPPO Find X5 Pro

Dalam acara tanya jawab bersama awak media dari beberapa negara di Asia Tenggara yang digelar secara online, Selasa (17/5), OPPO mengungkap seperti apa peran chip MariSilicon X dan campur tangan pabrikan kamera legendaris asal Swedia, Hasselblad, pada kamera dari Find X5 Pro.

Yang pasti, keduanya diklaim mampu meningkatkan kualitas foto dan video dari ponsel flagship terbaru OPPO itu. Seperti apa?

MariSilicon X di OPPO Find X5 Pro

OPPO Find X5 Pro 1

 

Bagi yang belum tahu, MariSilicon X merupakan chip NPU yang dikembangkan oleh OPPO untuk mendukung kamera dari Find X5 Pro. Konfigurasi kameranya terdiri dari sensor utama Sony IMX766 50 MP, Sony IMX766 Ultra-Wide 50 MP, kamera tele 13 MP, dan kamera Selfie Sony IMX709 32 MP. Proyek MariSilicon X sendiri dimulai sejak 4 tahun lalu dan OPPO menggarapnya secara serius dengan melakukan berbagai upaya dan persiapan.

Menurut Travis Zhao selaku Product Manager of Find Series OPPO HQ menjelaskan, yang menjadi sorotan utama dari dukungan MariSilicon X adalah untuk perekaman video. Dengan MariSilicon X, Find X5 Pro mendukung 4K AINR (AI Noise Reduction) dan HDR. Itu artinya, di kondisi cahaya minim sekalipun ponsel ini mampu menghasilkan video yang bagus.

Travis menambahkan, untuk merekam video 4K di malam hari atau kondisi low-light, pengguna Find X5 Pro bisa menemukan sebuah switch di ujung bawah UI kamera untuk mengaktifkan fitur bernama AI Highlight Video. Bila AI Highlight Video dalam kondisi aktif ponsel dapat mengetahui dengan sendirinya ketika pengguna sedang menggunakan kamera di situasi minim cahaya.

Selain itu, algoritma AI dan noise reduction juga langsung bekerja secara otomatis. Pengguna tidak perlu menyalakan fiturnya lagi secara manual, karena 4K AI Night Mode ini bakal aktif sesuai kebutuhan. MariSilicon X juga memungkinkan pemrosesan data yang lebih baik pada domain RAW.

OPPO Find X5 Pro Camera

Peran Hasselblad pada kamera OPPO Find X5 Pro

Selanjutnya soal Hasselblad. Bagi yang belum tahu, pabrikan kamera yang sudah berusia 81 tahun ini merupakan nama besar di industri fotografi. OPPO percaya kolaborasi ini adalah sebuah kesempatan besar dan mereka bisa belajar banyak dari Hasselblad.

“Bicara tentang fotografi, kita tahu warna adalah bagian yang sangat penting. Dan kami percaya bahwa OPPO dan Hasselblad memiliki filosofi warna yang serupa. Misalnya, Hasselblad memiliki HNCS (Hasselblad Natural Color Solution). Kami (OPPO dan Hasselblad) percaya bahwa, kami perlu menghasilkan pengalaman warna yang natural dan otentik bagi pengguna kami. Itu juga merupakan fondasi yang cukup penting bagi kemitraan kami,” kata Travis Zhao, Product Manager of Find Series OPPO HQ.

Pada Find X5 Pro, OPPO membenamkan fitur bernama X Pan Mode yang mereproduksi pengalaman fotografi dengan gaya Hasselblad. Misalnya, pengguna disuguhkan antarmuka yang disesuaikan dengan cara meniru kamera Hasselblad. Ada juga fitur Hasselblad Master Filter yang merupakan hasil pengembangan bersama dengan beberapa fotografer ahli Hasselblad. OPPO mengklaim, filter ini cocok untuk berbagai skenario pengguna.

Siap meluncur di Indonesia

Find X5 Pro 5G merupakan flagship terbaru OPPO yang diluncurkan pada Februari 2022 lalu. Selain kamera kelas atas, ponsel ini juga dipersenjatai teknologi charging cepat Flash SuperVOOC 80W yang dapat mengisi daya 50 persen dalam 12 menit, layar 120Hz, dan pastinya dukungan jaringan 5G.

OPPO Find X5 Pro

 

Selain itu, OPPO Find X5 Pro menjadi salah satu smartphone pertama di dunia yang mendapatkan update sistem operasi dari Google, Android 13 Beta 1. OPPO juga akan menghadirkan developer preview untuk ColorOS berbasis Android 13 Beta 1 untuk mengulas berbagi fitur dan perubahan barunya, misalnya notifikasi untuk perizinan akses foto, API dengan ikon tema, pengaturan cepat untuk tile placement, pilihan bahasa untuk setiap aplikasi, serta dukungan audio Bluetooth LE dan MIDI 2.0 melalui USB.

Kabar baiknya OPPO akan memboyong Find X5 Pro ke Indonesia yang menurut website OPPO, peluncurannya bakal digelar 2 Juni 2022 mendatang. Informasi terkait blind pre-order bisa diakses melalui link berikut ini.

Anda juga dapat menyimak review Yangcanggih.com soal kamera OPPO Find X5 Pro yang memanfaatkan kecanggihan MariSilicon X dan racikan Hasselblad di tautan berikut ini.

Your email address will not be published.