Review Huawei FreeBuds SE

Sangat Nyaman Digunakan, Kualitas Suara Oke di Harga 400 Ribuan Rupiah

TWS atau earbud nirkabel murah biasanya kompromi pada kualitas. Nah, TWS kelas entry pertama dari Huawei, FreeBuds SE, dihadirkan dengan menawarkan kualitas premium dan harga yang tetap ramah di kantong. Apakah FreeBuds SE sanggup bersaing dengan TWS lain di kelas harganya? Simak ulasannya sebagai berikut. berikut.

Huawei FreeBuds SE 2 1

Desain Huawei

Huawei FreeBuds SE langsung berhasil mencuri perhatian kami dengan desain ringkasnya yang sangat cantik. Tampilannya juga terlihat premium dengan dua pilihan warna yakni putih dan biru amazonite.

 

TWS Huawei 1

Warna biru amazonite ini tidak pasaran. Jadi, cocok untuk pengguna yang ingin tampil beda atau sudah bosan dengan warna putih.

Huawei FreeBuds SE 3

Modul earbud dan kotak pelindungnya hadir dengan bobot yang sangat ringan. Bobot masing-masing modul earbud hanya 5.1 gram saja. Sementara, bobot kosong kotak pelindungnya hanya sekitar 35 gram. Sangat hemat tempat dan mudah dibawa berpergian.

Sekilas desain FreeBuds SE mengingatkan kami dengan TWS Huawei sebelumnya, FreeBuds 4i. Terlihat cukup mirip. Bedanya, rancangan stem atau batangnya terlihat lebih lonjong dan membulat.

Huawei FreeBuds SE 9

Huawei FreeBuds SE mengadopsi desain semi in-ear. Menurut Huawei, desain ini dibuat sesuai dengan kontur telinga luar dan mengurangi tekanan pada kanal telinga.

huawei freebuds SE 2

Dari pengujian kami desain semi in-ear dan bobotnya yang sangat ringan berhasil menjadikannya sangat nyaman digunakan. Untuk mendengarkan musik, menonton film, hingga bermain game berjam-jam pun tidak membuat kepala atau telinga cepat terasa lelah.

Huawei FreeBuds SE 6

Satu poin positif dari desain semi in-ear ini adalah rancangan bagian kepala earbud tidak masuk ke dalam kanal telinga seperti TWS atau earbud dengan gaya in-ear. Untuk memastikan agar terpasang sempurna di telinga dalam paket pembeliannya Huawei menyediakan tiga opsi ukuran ear tips silikon yang lembut.

Selama kami gunakan ear tips ini memang terbukti bisa menjaga FreeBuds SE agar tidak mudah lepas dari telinga. Diajak jalan atau olahraga sangat aman. Ear tips tersebut juga mampu memberikan isolasi suara pasif yang cukup baik dari suara bising yang ada di sekitar.

Sebagai tambahan FreeBuds SE telah dirancang tahan debu dan air dengan standar IP54. Jadi, tidak perlu khawatir terkena keringat atau hujan di kondisi cuaca yang tidak menentu.

Fitur Huawei FreeBuds SE

Untuk fitur Huawei FreeBuds SE memang tergolong standar. FreeBuds SE belum dilengkapi dengan fitur ANC atau penangkal bising aktif, mode transparansi, dan mendukung pengisian daya secara nirkabel.

Huawei FreeBuds SE 1 1

Absennya fitur ANC juga tidak perlu dikhawatirkan. Pasalnya, seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, rancangan semi in-ear dan ear tips silikonnya sudah mampu menangkal suara bising secara pasif dengan cukup baik.

Tidak mendukung mode transparansi artinya Anda wajib waspada saat menggunakannya di kondisi jalanan yang ramai saat olahraga atau mobilitas di luar ruangan. Anda juga harus sedikit repot melepas modul earbud dari telinga atau mengecilkan volume suara saat berbicara dengan orang lain.

Untuk lebih mudah melakukan pengaturannya Huawei menyertakan aplikasi Huawei AI Life yang bisa diunduh semua pengguna ponsel Android dan iOS. Aplikasinya ini sangat sederhana. Hanya tersedia opsi pengaturan gestur dan opsi untuk menonaktifkan fitur wear detection.

Untuk pengaturan gestur dan wear detection FreeBuds SE mengandalkan Sensor G dan Sensor IR. Fitur gesturnya hanya mendukung fungsi tap 2x di bagian atas stem modul earbud kiri dan kanan. Fungsi standar untuk pause/play dan menjawab panggilan telepon. Untuk opsi lain seperti next/previous track dan asisten virtual bisa dipilih lewat aplikasi Huawei AI Life.

Cukup disayangkan fungsi gesturnya belum mendukung fitur pengaturan volume suara dengan melakukan gestur geser di bagian stem atau batangnya. Pengaturan volume suara hanya bisa dilakukan lewat pengaturan volume dari perangkat yang tersambung.

Sementara, untuk fitur wear detection tergolong sangat responsif. Saat FreeBuds SE kami lepas dari telinga musik yang diputar otomatis berhenti. Musik kembali otomatis diputar saat FreeBuds SE terpasang lagi di telinga.

Di TWS ini Huawei menyematkan dua mikrofon terintegrasi dengan fitur penangkal bising aktif. Saat mencoba untuk melakukan panggilan telepon suara kami bisa terdengar lebih jernih oleh lawan bicara. Sementara, untuk konektivitas FreeBuds SE mengandalkan konektivitas Bluetooth 5.2. Fitur ini memungkinkan FreeBuds SE bisa terhubung ke semua perangkat dengan cepat lewat koneksi Bluetooth. Untuk mulai terhubung Anda bisa menekan tombol di bagian dalam kotak pelindungnya hingga lampu LED berkedip cepat.

Fitur Open-to-pair juga didukungnya. Berkat fitur tersebut FreeBuds SE hanya perlu dihubungkan sekali saja saat pertama kali digunakan ke ponsel atau perangkat lain. Untuk penggunaan selanjutnya saat kotak pelindungnya dibuka FreeBuds SE akan langsung terhubung dan siap digunakan.

Kualitas Audio Huawei FreeBuds SE

Untuk menghasilkan suara Huawei FreeBuds SE membawa driver dynamic berukuran 10mm dan rancangan ultra-sensitive polymeric diaphragm. Untuk pengujian kualitas audionya lebih lanjut kami memasangkan FreeBuds SE ke ponsel Huawei P50 Pro. Musik diputar lewat aplikasi Spotify dengan kualitas streaming Very High.

Huawei FreeBuds SE 7

Pengujian pertama kami mencoba seberapa bertenaga gebukan suara bassnya dengan memutar lagu The Motto dari Tiesto ft. Ava Max dan Crazy What Love Can Do dari David Guetta ft. Becky hill, Ella Henderson. Di kedua lagu tersebut FreeBuds SE menurut kami mampu menghadirkan performa bass yang bertenaga. Gebukan bass terasa bulat, tidak mendominasi sehingga suara vokal dan efek suara lain tetap terdengar dengan jelas.

Pengujian berlanjut ke lagu genre rock. Kami memutar Duality dan Psychosocial dari Slipknot. Di lagu ini lagi-lagi FreeBuds SE mampu menghadirkan performa suara yang sangat oke. Umumnya TWS murah di lagu rock akan kurang nyaman di telinga. Ini karena dominan di suara treble atau suara frekuensi tinggi yang cenderung akan terasa pedas di telinga. Tapi, berbeda dengan FreeBuds SE. Di kedua lagu tersebut kami masih bisa menikmati suara cabikan gitar, bass, hingga gebukan dobel pedal drum yang cepat dan teriakan-teriakan sang vokalis dengan sangat nyaman di telinga. Separasi suara vokal terdengar jernih dan semua instrumen pengiringnya terdengar dengan detil dan jelas.

Selanjutnya kami memutar musik audiophile By The Time I Get The Phoenix dan Overjoyed dari Varitda Bhirombhakdi. Dari pengujian kami efek staging FreeBuds SE terasa cukup luas. Di sini suara vokal terdengar sangat jernih. Sementara, instrumen pengiring di latar lagi-lagi bisa disajikan dengan separasi yang sangat detil dan rapih.

Pengujian terakhir adalah untuk gaming dan menonton konten multimedia. Tidak komplit rasanya memang tidak menggunakan TWS ini untuk bermain game atau menonton film dari ponsel. Dari pengujian kami dengan mengandalkan Bluetooth 5.2 tingkat latensinya cukup rendah. Walau tidak ada mode Game suara dari game dan video yang kami putar tidak terasa delay.

Singkatnya, menurut kami FreeBuds SE cocok untuk semua genre musik. Performa suara yang seimbang dengan menonjolkan karakter suara vokal yang jernih dan detil menjadi keunggulannya. Cukup jarang bisa kami temukan TWS dengan kualitas suara seperti FreeBuds SE di kelas harganya. Kembali lagi soal suara setiap orang pasti punya selera dan preferensi masing-masing. Bagi sebagian orang yang lebih suka suara bass boomy sehingga menutupi suara yang lain, FreeBuds SE bukan pilihan yang tepat untuk Anda.

Baterai Huawei FreeBuds SE

Huawei FreeBuds SE 4

Huawei FreeBuds SE menjanjikan waktu guna hingga 6 jam untuk mendengarkan musik. Dengan tambahan case pelindungnya Anda bisa mendapatkan waktu guna hingga sekitar 24 jam. Sangat cukup menemani aktivitas seharian. Untuk isi ulang baterainya lewat case pelindungnya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Sementara, baterai di case pelindungnya bisa terisi ulang penuh dengan waktu sekitar 2 jam. Cukup disayangkan fitur isi ulang cepat absen di TWS ini.

Huawei FreeBuds SE 8

Kesimpulan

Huawei FreeBuds SE bukanlah TWS yang kaya fitur. Tapi, lewat FreeBuds SE Huawei berhasil membuktikan TWS murah tetap bisa berkualitas. Dengan kualitas audio yang jernih, rancangan yang sangat nyaman digunakan dan baterai tahan lama, TWS ini memang sangat menonjol di antara TWS lain di kelas harganya. Huawei FreeBuds SE juga termasuk TWS all-around. Cocok untuk mendengarkan beragam genre musik. Bisa juga diandalkan untuk beragam kebutuhan lain dari gaming, menikmati konten video hingga panggilan suara.

Ada satu lagi daya tarik FreeBuds SE. Huawei menyediakan dukungan layanan purna jual yang sangat menarik. Jika salah satu modul earbud hilang Huawei memungkinkan pelanggan untuk membeli satu earphone baru di service center. Jadi, pelanggan tidak perlu membeli satu pasang atau satu set, selain itu pelanggan juga bisa mendapatkan diskon hingga 70% untuk layanan ini.

Dengan harga jualnya yang ada di kisaran 400 Ribuan Rupiah, Huawei FreeBuds SE memang bisa jadi alternatif AirPods dari Apple. Jika mengedepankan kualitas suara dan harga murah FreeBuds SE sangat kami rekomendasikan dan wajib masuk daftar belanja Anda.

huawei freebuds SE 6

Kelebihan Huawei FreeBuds SE

– Desain sangat ringkas dan ringan
– Desain tahan cipratan air dengan peringkat IP54
– Nyaman digunakan
– Penangkal bising pasif cukup baik
– Performa suara sangat baik
– Mikrofon ganda dengan fitur penangkal bising
– Bluetooth 5.2
– Opsi Warna biru amazonite tidak pasaran
– Harga murah
– Daya tahan baterai cukup tahan lama
– Layanan purna jual

Kekurangan Huawei FreeBuds SE

– Tidak dilengkapi ANC (Active Noise Cancellation)
– Belum mendukung isi ulang cepat
– Belum mendukung pengisian daya nirkabel
– Tidak ada mode Game
– Tidak dilengkapi fitur EQ di aplikasi AI Life
– Stem belum mendukung fitur sentuhan untuk pengaturan volume

Huawei FreeBuds SE memang bisa jadi alternatif AirPods dari Apple. Jika mengedepankan kualitas suara dan harga murah FreeBuds SE sangat kami rekomendasikan dan wajib masuk daftar belanja Anda.
8.8

Your email address will not be published.

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score