Review OPPO Watch Free

7.1

Menjelang Lebaran, salah satu perangkat IoT (Internet of Things) yang wajib masuk radar belanja Anda ketika sudah dapat THR adalah OPPO Watch Free. Smartwatch terbaru ini bukan cuma mengedepankan desain modern yang cocok untuk pria maupun wanita, tetapi juga didukung sederet fitur kesehatan yang cukup komplit.

Penasaran seperti apa kecanggihannya? Yuk, simak ulasan singkat kami!

Stylish yang minimalis

Menurut kami, OPPO Watch Free tampil dengan desain yang stylish walaupun bernuansa minimalis. Bodinya berbentuk persegi, bukan bulat seperti jam tangan klasik. Sementara strap-nya mengadopsi material silikon yang amat nyaman ketika bersentuhan dengan kulit, dengan lebar tali 19mm dan panjang 130-205mm. Bobot jam ini terbilang ringan, hanya 32,6 gram dengan strap, sehingga tidak membebani pergelangan tangan.

Anda akan menemukan layar berukuran 1,64 inci dengan resolusi 280 x 456 pixel. Warnanya kaya, dan gambar yang disajikan terlihat cukup tajam. Yang tidak kalah penting, layar ini memiliki tingkat kecerahan yang ideal untuk penggunaan di bawah sinar matahari terik. Anda juga bisa mengatur tingkat kecerahannya mulai dari rendah, sedang, tinggi, maupun otomatis.

Varian yang kami ulas disebut Vanilla. Warna frame-nya lebih ke arah gold dan strap warna vanilla. Selain varian yang mungkin lebih cocok untuk kaum hawa ini, ada pula warna Black yang tentunya lebih maskulin. Kalau untuk kami, OPPO Watch Free warna apapun masih cukup pas untuk dipakai ke acara yang agak formal.

Perlu diketahui bahwa Watch Free tidak memiliki tombol fisik. Semua operasional dan navigasi menu dilakukan melalui layar sentuh. Karena itu, Anda harus siap beradaptasi terlebih dahulu untuk mengingat masing-masing gesture beserta fungsinya. Awalnya kami pun agak kebingungan, tapi akhirnya mulai terbiasa setelah beberapa hari.

Sekadar informasi tambahan, OPPO Watch Free mempunyai rating 5ATM yang artinya tahan air hingga kedalaman 50 meter. Perangkat ini bisa Anda gunakan untuk menemani aktivitas yang identik dengan air seperti berenang. Pada bagian belakangnya ada dua pin magnetik untuk menghubungkan kabel pengisian daya.

Pilihan Watch Face yang beragam

Bagaimana dengan Watch Face? Jangan khawatir, ada banyak! Anda diberikan opsi untuk mengunduh rangkaian Watch Face yang sudah jadi, atau membuat kreasi sendiri misalnya menampilkan foto favorit Anda yang tersimpan di smartphone. Semua bisa dilakukan lewat aplikasi HeyTap Health.

Bahkan, Anda juga dapat memanfaatkan fitur AI Outfit yang secara cerdas akan membuat Watch Face dengan cara menyesuaikan komposisi warna dari foto Anda. Seperti contoh di bawah ini, kami memotret keyboard dengan backlit hijau lalu dijadikan beragam opsi Watch Face yang keren.

Selain itu, HeyTap Health memungkinkan Anda mengatur notifikasi, menemukan lokasi OPPO Watch Free lewat fitur Find My Watch, dan sebagainya.

Fitur kesehatan

OPPO Watch Free dibekali lebih dari 100 mode olahraga yang bisa Anda pilih sesuai dengan aktivitas. Fitur standar seperti penghitung langkah, kalori yang terbakar, dan durasi latihan tentunya tersedia. Data dari aktitivitas Anda akan tercatat baik di jam tangan maupun di aplikasi HeyTap Health pada ponsel yang terhubung.

Sensor detak jantung pada OPPO Watch Free ditambahkan kemampuan peringatan (alarm) yang akan memberi tahu Anda setiap kali detak jantung terlalu tinggi atau terlalu rendah. Dengan begitu, Anda bisa lebih waspada terhadap kesehatan jantung. Ada pula fitur latihan zona denyut jantung saat berolahraga, agar Anda tahu seberapa intens latihan Anda.

Yang tidak kalah penting adalah continuous SpO2 monitoring yang akan terus memantau kadar oksigen Anda secara real-time dan berkelanjutan. Sementara fitur OSleep akan memantau kualitas tidur Anda mulai dari pengingat waktu tidur dan pengingat larut malam untuk membatasi Anda dari begadang, hingga memberikan laporan di pagi hari. Selama tidur, fitur pemantau tidur, SpO2, dan detak jantung akan terus bekerja. Bahkan ada juga fitur yang mendeteksi saat Anda mendengkur.

Baterai awet dan charging cepat

OPPO Watch Free dipersenjatai baterai yang diklaim mampu membuatnya menyala selama kurang lebih 14 hari. Tentunya waktu tersebut bergantung pada banyak faktor. Selama sekitar satu bulan kami memakainya, daya tahan baterai smartwatch ini bisa mencapai 10-11 hari.

Yang paling menggiurkan justru pada teknologi pengisian dayanya. Berkat VOOC Flash Charge, Anda bisa charging selama 5 menit saja untuk pemakaian seharian. Jadi tidak perlu kecewa jika ingin berangkat beraktivitas dan lupa mengisi daya Watch Free. Cukup sambungkan charger, lalu ditinggal mandi dan bersiap-siap, saat berangkat baterai sudah lumayan terisi.

Kesimpulan

OPPO Watch Free merupakan opsi yang wajib dipertimbangkan jika Anda mencari smartwatch yang ringkas namun memiliki fitur lengkap dan desain menarik.

OPPO Watch Free

Bagi yang berminat, OPPO Watch Free dijual dengan harga Rp1.399.000 dan bisa dibeli secara daring melalui OPPO Official Store di jaringan situs e-dagang terkemuka di Indonesia, maupun aplikasi OPPO Store yang terpasang pada smartphone OPPO. Sementara pemesanan luring bisa melalui jaringan OPPO Store dan partner retail resmi OPPO di seluruh Indonesia.

Kelebihan OPPO Watch Free:

  • Desain oke
  • Rating 5ATM
  • Layar terang untuk penggunaan outdoor
  • Pilihan Watch Face banyak dan menarik
  • Fitur kesehatan tergolong komplit
  • Charging cepat
  • Aplikasi HeyTap Health memudahkan semua pengaturan

Kekurangan OPPO Watch Free:

  • Magnet charger agak mudah goyang dan terlepas
  • Akan lebih menarik jika menggunakan strap universal
  • Harga mungkin bisa lebih kompetitif
OPPO Watch Free
OPPO Watch Free merupakan opsi yang wajib dipertimbangkan jika Anda mencari smartwatch yang ringkas namun memiliki fitur lengkap dan desain menarik.
7.1

Your email address will not be published.

Desain
Fitur
Performa
Baterai
Harga
Final Score