Gunakan Material Daur Ulang, Dell Latitude Seri 5000 Disebut Laptop Ramah Lingkungan

Dell menyambut Hari Bumi dengan memperkenalkan Latitude Seri 5000 terbaru yang diklaim sebagai laptop ramah lingkungan. Menurut Dell, materialnya menggunakan bahan daul ulang dan terbarukan mulai dari bagian tutup laptop, dasar laptop, hingga kemasannya.

Dell Latitude Seri 5000: Laptop ramah lingkungan

Dell Latitude Seri 5000

Dalam siaran pers yang diterima Yangcanggih, Selasa (19/4), Dell menjelaskan bahwa produk dan bahan-bahan baru ini mengacu pada Concept Luna, yakni sebuah prototipe yang mengeksplorasi berbagai desain untuk mengurangi penggunaan sumber daya, serta memastikan lebih banyak material sirkular yang dipakai.

??“Tujuan Dell adalah menciptakan teknologi yang mendorong kemajuan manusia. Kami terinspirasi oleh kesempatan untuk mengubah berbagai hal menjadi lebih baik untuk generasi mendatang. Tujuan ini jelas terlihat dalam cara-cara baru kami merancang dan mengemas produk-produk kami untuk mengurangi dampak lingkungan, limbah, dan emisi,” kata Rahul Tikoo, senior vice president, Client Product Group, Dell Technologies.

Dell Latitude Seri 5000 sendiri merupakan PC Dell dengan volume penjualan tertinggi. Itulah alasan Dell memilih lini tersebut, karena akan membantu menghadirkan dampak dalam skala besar. Lalu, seperti apa konsep ramah lingkungan yang dikedepankan Dell Latitude Seri 5000?

svg%3E

Pada bagian tutup laptop, Dell menggunakan 71 persen material daur ulang yang terdiri dari bioplastik berbahan dasar pohon dari industri pembuatan kertas, serta karbon yang direklamasi, dan plastik paska konsumsi yang diduar ulang. Tutup laptop adalah bagian terberat kedua dari sebuah laptop, dan penggunaan bahan daur ulang dan terbarukan ini membantu Dell membuat dampak berkelanjutan yang lebih besar, yaitu membantu mengurangi jejak karbon, air, dan energi dari produk tersebut.

svg%3E

Pada bagian dasar laptop Dell memakai serat karbon reklamasi dan rubber feet berbasis bio terbaru yang terbuat dari minyak biji jarak, sehingga akan mengurangi ketergantuan pada bahan berbasis minyak bumi. Selain itu, Dell Latitude seri 5000 menggunakan sampah plastik yang berakhir di laut sebagai material untuk rumah kipas (fan housing) sebanyak 28 persen. Terakhir, kemasan laptop ini dibuat dari 100 persen bahan daur ulang atau terbarukan.

Gunakan material daur ulang di seri lain

Selain Latitude seri 5000, bahan plastik dari sampah laut juga digunakan untuk membuat rumah kipas (fan housing) di Dell Precision mobile workstation seri 3000, serta untuk membuat kipas dan rumah kipas di desktop Dell OptiPlex Micro dan workstation Precision. Dell juga telah memperluas penggunaan bahan plastik ini di ransel, sleeve, dan tas EcoLoop seri Pro yang menggunakan 100 persen bahan dari plastik yang berakhir di laut sebagai lapisan kain utama eksterior.

Sementara Karet berbasis bio yang berasal dari biji jarak juga dapat ditemukan di bumper bawah Latitude 7430 dan 7530, serta mobile workstation Precision seri 3000. Untuk kemasan yang dibuat dari bahan daur ulang, selain di semua perangkat laptop Latitude, Dell juga menggunakannya untuk mobile workstation Precision, dan XPS seri terbaru.

Verified by MonsterInsights