Spesifikasi Kunci OPPO A96: Charging Cepat hingga ROM Terbesar di Seri A

Hadir sebagai penerus A95, OPPO A96 membawa sederet peningkatan fitur yang bisa dibilang cukup menggiurkan. Salah satu yang lumayan bikin kami terkejut adalah statusnya sebagai anggota seri A pertama dari OPPO dengan kapasitas storage internal (ROM) paling besar.

Sejauh yang sudah diungkap oleh OPPO Indonesia pada acara perkenalan perdana A96 Kamis (31/3) lalu, selain storage tentunya masih ada beberapa spesifikasi atau fitur kunci lainnya yang membuat ponsel ini wajib ditunggu peluncurannya. Penasaran? Yuk, langsung saja simak!

Baterai 5.000 mAh dan 33W SuperVOOC

OPPO A96 dibekali baterai 5.000 mAh yang didukung teknologi pengisian daya cepat, 33W SuperVOOC. Sejauh pengalaman kami menguji ponsel-ponsel seri A garapan OPPO, baterai sebesar 5.000 mAh akan bisa menemani aktivitas seharian penuh, atau bahkan hingga 2 hari jika Anda termasuk tipe pengguna yang tidak terlalu intens.

OPPO A96

Hal ini juga dimungkinkan oleh manajemen daya dari ColorOS yang cukup baik dalam membatasi konsumsi baterai pada aplikasi atau proses yang dianggap tidak butuh tenaga besar. Ketika baterai tersisa 5 persen pun Anda masih bisa menggunakan OPPO A96 untuk mengirim pesan melalui WhatsApp selama 58 menit, atau menelepon hingga 1 jam 43 menit berkat fitur Super Power Saving Mode.

Saat harus mengisi daya, teknologi 33W SuperVOOC hanya butuh waktu 30 menit untuk mencapai 55 persen, atau 100 persen dalam waktu 71 menit. Bagi Anda yang membutuhkan ponsel untuk pemakaian jangka panjang, OPPO menjanjikan baterai A96 bisa diisi penuh dan dihabiskan lebih dari 800 kali dengan tingkat retensi 80 persen. Bebas khawatir dari potensi baterai cepat nge-drop.

Charging cepatnya pun aman karena dilengkapi berbagai sistem proteksi, termasuk Optimized Night Charging yang memungkinkan pengisian daya berhenti otomatis saat mencapai 80 persen di malam hari, dan melanjutkan pengisian daya 1 jam sebelum Anda bangun. Jadi untuk Anda yang sering ketiduran di malam hari dan lupa mencabut ponsel dari charger, tidak perlu takut baterainya gampang rusak.

Seri A pertama dengan storage internal 256 GB

Seperti disebutkan di atas, OPPO A96 menjadi anggota seri A pertama OPPO yang dirilis di Indonesia dengan kapasitas storage internal paling besar, yakni 256 GB. Sekadar mengingatkan, A95 menawarkan ruang penyimpanan 128 GB, yang artinya ada peningkatan dua kali lipat pada A96.

svg%3E

Dengan storage yang lebih lega tentunya Anda bakal lebih leluasa saat ingin mengunduh berbagai aplikasi maupun games yang umumnya punya ukuran besar. Selain itu, Anda yang gemar mengabadikan momen sehari-hari dalam bentuk foto maupun video pun kini bisa menyimpan file lebih banyak.

Kalau masih kurang, Anda juga dapat memasang kartu microSD hingga kapasitas 1 TB yang juga memungkinkan fitur Ekpansi ROM aktif. Bagi yang belum tahu, Ekpansi ROM bisa memindahkan data aplikasi dan data media sosial ke penyimpanan eksternal/microSD, sehingga tidak terlalu memenuhi storage internal.

RAM hingga 13 GB

OPPO A96 membawa RAM sebesar 8 GB yang menjadikannya perangkat ideal untuk multitasking. Kabar baiknya, OPPO kembali membenamkan teknologi Ekspansi RAM untuk menambahkan hingga 5 GB. Jadi, totalnya OPPO A96 dapat didukung RAM sebesar 13 GB! Fitur yang bakal bermanfaat bagi pengguna yang gemar membuka banyak aplikasi sekaligus.

Menurut OPPO, selain memperbesar kapasitas, teknologi Ekspansi RAM juga akan meminimalkan beban yang berjalan dengan mengakhiri proses yang tidak perlu di background. Canggihnya lagi, fitur ini dapat melakukan kompresi pada aplikasi yang jarang digunakan, sehingga akan membebaskan storage internal untuk membuat RAM tambahan.

OPPO Glow dengan dua opsi warna: Pearl Pink dan Starry Black

Sama seperti beberapa ponsel terbaru OPPO lainnya, desain A96 juga mengadopsi teknologi OPPO Glow yang membuatnya tidak mudah kotor terutama oleh bekas jari, serta lebih tahan terhadap goresan. Selain itu, OPPO Glow tentunya juga memberikan sentuhan akhir yang menawan pada bagian belakang ponsel.

OPPO A96

Ada dua pilihan warna yang ditawarkan OPPO A96, yaitu Pearl Pink dan Starry Black. Pearl Pink menurut kami tampil lebih memesona dengan gradasi warna pink yang baru akan terlihat ketika terpapar cahaya. Kalau Anda ingin bergaya lebih kalem tapi bosan dengan warna hitam standar, Starry Black yang menyuguhkan nuansa langit malam penuh bintang bisa jadi pilihan.

svg%3E

Sekadar informasi tambahan, OPPO A96 merupakan perangkat dengan ketebalan 8,4mm dan bobot sekitar 190 gram. Kesan pertama kami saat menggenggamnya adalah ramping dan stylish. Sensasinya cukup halus dan nyaman ketika bersentuhan dengan kulit, serta mudah untuk dioperasikan dengan satu tangan.

Durabilitas tinggi (IPX4 dan IP5X)

Perangkat seri A dari OPPO selalu mengedepankan durabilitas tinggi sebagai salah satu nilai jual utama. Ini juga menjadi alasan kami merekomendasikan lini seri A termasuk OPPO A96, untuk Anda yang jarang gonta-ganti ponsel. OPPO mengklaim perangkat terbarunya itu punya ketahanan yang lama.

svg%3E
Uji ketahanan OPPO A96

Pastinya janji tersebut bukan tanpa sebab. Menurut OPPO, A96 dibuat dengan standar tinggi dan telah melalui beragam pengujian seperti 6 uji utama (jatuh, tahan air, radiasi, lingkungan, dan gangguan sinyal), 5 perlindungan terhadap lingkungan, lebih dari 130 tes keandalan ultra-ketat, dan lebih dari 320 langkah tes komprehensif.

Ada pula pengujian memasang dan melepas earphone sebanyak 10 ribu kali, memasukkan dan mengeluarkan kabel USB sebanyak 20 ribu kali, uji tekan tombol daya 500 ribu kali, uji tekan tombol volume 150 ribu kali, hingga ketahanan soket USB terhadap kekuatan eksternal 10 kilogram.

svg%3E
Sertifikasi IPX4 (tahan air)

Bahkan, OPPO A96 berhasil lolos uji suhu dan kelembaban di 65 derajat Celcius (95 persen RH), dan uji kejut suhu dari -40 derajat hingga 75 derajat Celcius. Perlu digarisbawahi, smartphone ini memiliki sertifikat IPX4 untuk ketahanan terhadap air, IP5X untuk ketahanan terhadap debu, dan tahan tekanan hingga 15 kilogram.

Jadwal peluncuran OPPO A96 di Indonesia

Selain beberapa spesifikasi/fitur kunci di atas, OPPO A96 juga dipersenjatai layar punch-hole 6,59 inci dengan refreh rate 90Hz (touch sampling rate 180Hz) dan 96 persen NTSC Wide Color Gamut. Layar dengan rasio screen-to-body 90,8 persen ini mengadopsi teknologi Adaptive Refresh Rate, serta All-day AI Eye Comfort (Sunlight Display dan Moonlight Display). Ada juga speaker stereo untuk memaksimalkan pengalaman menikmati konten hiburan.

svg%3E

Nantikan acara OPPO A96: an EXTRAordinary Launch Event pada tanggal 7 April 2022 pukul 15:00 WIB di Indonesia, yang bisa disaksikan melalui akun resmi OPPO Indonesia di TikTok, YouTube, Facebook, Instagram, hingga Twitter. Acara ini akan dimeriahkan oleh Diskoria, Soundwave, Reza Chandika, serta beberapa penampilan spesial dari konten kreator lainnya.