Tips dan Trik OPPO A76 yang Wajib Diketahui

OPPO A76 hadir sebagai opsi menarik di kelas menengah karena menawarkan keseimbangan antara desain, performa, dan harga. Salah satu fitur unggulannya adalah 33W SuperVOOC, yang sekaligus membuat perangkat ini menjadi anggota seri A pertama dengan teknologi canggih khas OPPO tersebut.

svg%3E

Namun selain beragam hardware yang tertulis di lembar spesifikasi, dari segi perangkat lunaknya sendiri OPPO A76 dibekali beragam fitur yang amat berguna untuk pemakaian sehari-hari. Nah, untuk Anda yang baru saja meminang OPPO A76, berikut beberapa tips dan trik yang wajib Anda ketahui agar dapat memaksimalkan pengalaman penggunaan ponsel ini. Yuk, langsung saja simak!

1. Mengakses RAM Expansion

Seperti diketahui, A76 didukung fitur RAM Expansion yang memungkinkan Anda meningkatkan besaran RAM bawaan secara virtual. Dari yang awalnya 6 GB, bisa ditingkatkan hingga 5 GB sehingga total RAM-nya menjadi 11 GB. Sangat berguna untuk mengoptimalkan multitasking.

Yang jadi pertanyaan, bagaimana cara mengakses RAM Expansion? Mudah. Buka Settings -> scroll ke bawah dan pilih About Phone -> ketuk RAM -> lalu aktifkan RAM Expansion. Anda pun bisa memilih seberapa besar RAM virtual yang ingin ditambahkan, mulai dari 2 GB, 3 GB, atau 5 GB.

2. Mengangkat panggilan telepon dengan Air Gestures

Fitur menarik lainnya yang dimiliki OPPO A76 adalah Air Gesture, yang memungkinkan Anda mengangkat panggilan telepon tanpa menyentuh layar, tapi dengan mengayunkan tangan saja. Fitur yang akan sangat berguna ketika seseorang menelepon Anda di saat kurang ideal untuk menyentuh ponsel, misalnya sedang makan dan tangan agak kotor.

svg%3E

Cara mengaktifkan Air Gestures pun mudah. Buka Settings -> pilih Convenience Tools -> pilih Gestures & motions -> pilih Air Gestures -> lalu aktifkan Call control gestures.

3. Mengubah refresh rate layar

OPPO A76 dilengkapi layar dengan refresh rate 90Hz yang mampu memberikan tampilan gambar lebih mulus. Secara default, OPPO akan memilihkan pengaturan Auto Select, yang artinya sistem secara otomatis menentukan berapa refresh rate yang sesuai untuk konten yang sedang ditampilkan. Meski begitu, OPPO tetap memberikan opsi untuk mengunci refresh rate sesuai selera, antara 60Hz atau 90Hz.

svg%3E

Caranya: Buka Settings -> pilih Display & brightness -> pilih More -> pilih Screen Refresh Rate.

4. Menerjemahkan bahasa dengan tiga jari

Tahukah Anda bahwa dengan A76, Anda bisa menerjemahkan bahasa dari tangkapan layar? Misalnya Anda sedang browsing sebuah website dengan bahasa asing, teks dari halaman tersebut dapat dengan mudah diterjemahkan hanya dengan tiga jari saja.

svg%3E

Caranya: Ambil screenshot atau tangkapan layar dengan menyapu layar dari atas ke bawah menggunakan tiga jari secara bersamaan -> tekan dan tahan ketiga jari pada area teks yang ingin diterjemahkan, lalu geser ke bawah sampai batas yang diinginkan -> ketuk translate di sebelah atas layar.

svg%3E

5. Memperpanjang durasi pemakaian saat baterai sekarat

Anda tentunya pernah mengalami baterai hampir habis, tapi sedang dalam urusan yang penting dan perlu menggunakan ponsel lebih lama. OPPO A76 didukung fitur Super Power Saving Model yang hanya akan memprioritaskan konsumsi daya pada 6 aplikasi utama yang dibutuhkan, sehingga durasi pemakaian bisa lebih lama meski sisa baterai di bawah 10 persen.

svg%3E

Cara mengaktifkannya: Buka Settings -> pilih Battery -> aktifkan Super Power Saving Mode -> pilih 6 aplikasi utama yang dibutuhkan.

6. Mengaktifkan mode performa tinggi

OPPO A76 dirancang sebagai ponsel yang efisien dalam hal konsumsi daya. Smartphone ini secara cerdas dapat menyesuaikan alokasi daya dari baterai sesuai keperluan, sehingga tidak cepat habis. Namun kalau Anda ingin performa yang selalu maksimal, OPPO tetap menyediakan High Performance Mode. Ingat, meski lebih kencang, mode ini boros daya.

svg%3E

Cara mengaktifkannya: Buka Settings -> pilih Battery -> pilih More Battery Settings -> aktifkan High Performance Mode. Di lokasi yang sama Anda juga bisa mengaktifkan fitur lain seperti Sleep Stanby Optimization dan Optimized Night Charging.

7. Quick Return Bubble untuk para gamer

Quick Return Bubble merupakan fitur yang memungkinkan A76 menampilkan informasi dari aplikasi yang sedang berjalan di background. Anda tetap bisa berpindah ke aplikasi lainnya sembari tetap terhubung dengan aplikasi utama yang sedang Anda jalankan.

Skenario penggunaan yang paling menarik adalah ketika Anda sedang bermain games, misalnya PUBG Mobile. Saat sedang menunggu pertempuran dimulai, Anda dapat berpindah ke aplikasi WhatsApp untuk membalas pesan seseorang. Quick Return Bubble akan menampilkan kondisi di dalam game secara real-time melalui sebuah gelembung kecil, misalnya hitungan mundur yang menunjukkan kapan pertempuran akan dimulai. Ketuk bubble tersebut, dan dalam sekejap Anda kembali ke permainan.

Cara mengaktifkannya: Buka Settings -> pilih Convenience tools -> pilih Quick Return Bubble -> aktifkan.

8. Menggunakan sensor sidik jari sebagai shutter kamera

Untuk Anda yang gemar selfie, menjadikan sensor sidik jari sebagai shutter kamera bisa menjadi cara yang lebih praktis dan mengurangi kemungkinan guncangan yang mengakibatkan gambar buram. Apalagi saat jadi shutter kamera, sensor sidik jari pada A76 ini tidak perlu ditekan, tapi cukup disentuh saja.

Caranya: Buka aplikasi kamera -> buka menu Settings melalui dua titik di pojok kanan atas -> lalu aktifkan Fingerprint Shooting.

svg%3E

 

Harga OPPO A76

Bagi yang berminat, OPPO A76 dijual dengan harga Rp3.399.000 dan sudah bisa dibeli secara luring melalui toko-toko yang menjual perangkat smartphone OPPO dan OPPO Store yang terdapat di seluruh Indonesia, serta secara daring melalui aplikasi OPPO Store pada smartphone OPPO maupun OPPO Official Store yang terdapat pada jaringan e-dagang terkemuka di Indonesia.