Quantcast
News

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Odyssey G5

Samsung Odyssey G5 merupakan salah satu monitor gaming dengan fitur yang cukup lengkap. Dibanderol 5 jutaan rupiah, perangkat yang mengusung layar lengkung 1000R ini bukan hanya ideal untuk main game, tapi juga nyaman dipakai bekerja.

Meski begitu, bukan berarti Samsung Odyssey G5 adalah produk yang sempurna. Sebelum Anda memutuskan untuk meminangnya, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebih dan kekurangan dari Samsung Odyssey G5.

Kelebihan Samsung Odyssey G5

1. Desain curve futuristik dan minimalis

Samsung Odyssey G5

Samsung Odyssey G5 tampil keren dengan desain yang kental dengan nuansa futuristik tapi minimalis. Kesan gaming-nya tidak terlalu ditonjolkan. Bahkan, lebih terkesan rapi dan bersih dan hampir mirip dengan monitor biasa.

2. Kualitas panel yang baik

Monitor ini mengusung panel VA Flat 27 inci 2560 x 1440 pixel dengan response time 1ms. Selain untuk gaming, Odyssey G5 27 inci ini juga nyaman dipakai untuk bekerja. Reproduksi warna cukup baik, walaupun belum ideal untuk desain grafis atau edit foto dan video.

3. Refresh rate 144Hz

Sebagai monitor gaming, refresh rate 144Hz tentunya menjadi daya tarik yang banyak dicari oleh para penggemar game kompetitif. Yang menarik, gamer juga disuguhkan beberapa mode seperti FPS untuk meningkatkan visibilitas saat memainkan game First-Person Shooter dengan mencerahkan area gelap di layar, atau RTS untuk meningkatkan rasio warna dan kontras pada layar dan peta saat memainkan game strategi.

Samsung Odyssey G5

4. Dukungan AMD FreeSync Premium

Berkat AMD FreeSync Premium, monitor ini mampu menampilkan visual game pada 120 fps dan mengatur agar tampilan tetap mulus walaupun frame rate yang ditampilkan masih rendah. Jika Freesync aktif, beberapa pilihan menu seperti refresh rate, response time, low input lag, akan diatur otomatis dan tidak bisa diatur secara manual.

5. Harga tergolong kompetitif

Untuk sebuah monitor gaming 27 inci dari brand sebesar Samsung, harga Odyssey G5 masih tergolong kompetitif. Apalagi dari segi fitur cukup lengkap, termasuk soal konektivitas yang meliputi 1 Display Port, 1 HDMI Port, 1 Audio 3.5mm Port, dan 1 USB 2.0 Port.

Samsung Odyssey G5 4

Kekurangan Samsung Odyssey G5

1. Stand mudah goyang

Stand plastik bawaannya ramping dan tidak banyak makan tempat, sehingga ideal untuk menaruh benda lainnya seperti keyboard. Hanya saja, stand yang langsing ini kurang dapat menahan layar agar tidak tergoyang saat tersenggol sentuhan tangan cukup keras.

2. Sudut pandang kurang luas

Sudut pandang monitor ini cukup terbatas, sehingga kualitas visualnya akan langsung menurun jika dipandang dari samping.

3. Pengaturan posisi layar agak terbatas

Pengaturan posisi layar pun sayang sekali hanya terbatas menghadap lurus kedepan saja.

Back to top button