logo tech of the month Feb 2022

Tech of the Month: Gadget dan Teknologi Terbaik di Bulan Februari 2022

Mulai bulan Februari tahun 2022, YANGCANGGIH.COM bekerjasama dengan Hybrid.co.id dan Gizmologi.id akan memberikan penghargaan pada teknologi dan gadget yang terbaik di tiap bulannya. Selain teknologi dan gadget yang baru keluar di bulan tersebut, kami juga menghargai teknologi dan gadget yang sudah keluar beberapa waktu sebelumnya sesuai dengan kondisi yang ada.

Kriterianya; gadget yang mendapatkan penghargaan Tech of the Month harus sudah beredar resmi di Indonesia dan bisa dibeli di toko daring maupun luring. Sedangkan teknologi yang mendapatkan penghargaan juga harus bisa digunakan di Indonesia, baik dalam bentuk sebuah layanan atau fitur dari sebuah produk.

Berikut teknologi dan gadget terbaik di bulan Februari 2022 versi Tech of the Month.

OPPO A76

svg%3E

Inilah ponsel OPPO seri A pertama yang dilengkapi teknologi pengisian baterai ekstra cepat, SuperVOOC. Ponsel kelas menengah ini juga merupakan salah satu ponsel pertama dengan chipset Qualcomm Snapdragon 680 6nm. Selain konsumsi dayanya lebih efisien, chipset ini juga memiliki 3 ISP untuk pengolahan foto dan video yang lebih cepat.

Prosesor Intel Core i9 12900K

svg%3E

Prosesor kasta tertinggi Intel untuk kalangan consumer ini memberikan peningkatan kinerja yang signifikan dibanding Intel Core generasi ke-11. Terbukti prosesor Intel Core generasi ke-12 berhasil memuncaki berbagai hasil benchmark yang dilakukan untuk gaming maupun productivity.

Bukan sekedar upgrade biasa, Intel Core Gen 12 atau disebut juga Alder Lake hadir dengan arsitektur Core hibrida yang menggabungkan Performance Cores dan Efficient Cores.  Tujuannya adalah untuk memaksimalkan efisiensi sesuai dengan beban yang dibutuhkan prosesor. Intel juga memasukkan teknologi Thread Director yang membantu sistem operasi memutuskan core mana yang akan menangani tugas apa. Selain itu juga ada dukungan RAM DDR55 serta PCIe gen 5 untuk menyajikan performa PC desktop terkencang.

Logitech G Pro X Superlight

svg%3E

Mouse gaming paling ringan dari jajaran mouse Logitech G ini punya bobot kurang dari 63 gram, alias sekitar 25 persen lebih ringan dari seri Pro Wireless standar. Kali ini Logitech menghadirkan varian warna pink yang menarik dengan harga yang masih terjangkau.

Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1

svg%3E

Snapdragon 8 Gen 1 merupakan SoC 4nm terbaru dan terkencang dari Qualcomm. Dari sisi CPU,  performanya 20 persen lebih cepat dengan konsumsi daya 30 persen lebih rendah. SoC ini juga mengandalkan GPU baru yang punya peningkatan rendering grafis mencapai 30 persen dan efisiensi daya 25 persen lebih baik.

Snapdragon 8 Gen 1 juga menawarkan Qualcomm AI Engine generasi ke-7 yang dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Hexagon berperforma tinggi serta efisien. AI Engine ini mampu menghadirkan akselerator tensor 2 kali lebih cepat, dan memori bersama 2 kali lebih besar daripada pendahulunya yang memungkinkan berbagai skenario penggunaan baru.

Di Indonesia, smartphone pertama yang menggunakan chipset ini adalah Samsung Galaxy S22 series yang sudah masuk dalam masa preorder.

HP Smart Tank 750

svg%3E

Inilah printer inkjet multifungsi tercanggih dari HP. Smart Tank 750 telah dilengkapi fitur ADF atau Automatic Document Feeder dan dukungan duplex printing atau pencetakan bolak balik. Untuk konektivitas, tersedia WiFi Dual-Band yang memudahkan koneksi ke aplikasi HP Smart.

Bagi yang peduli lingkungan, HP Smart Tank 750 ini dibuat menggunakan plastik daur ulang hingga 25 persen. Botol tintanya juga dapat didaur ulang melalui HP Planet Program.

Hyundai BlueLink

svg%3E

Pernah kebingungan mencari lokasi mobil saat parkir di mall atau gedung perkantoran? Aplikasi Hyundai BlueLink ini dapat memberitahu estimasi lokasi mobil Hyundai Creta Anda.

Tidak hanya itu, aplikasi ini telah mendukung Stolen Vehicle Notification dan Stolen Vehicle Tracking yang akan beroperasi saat upaya pencurian kendaraan sedang terjadi. Singkatnya, sistem di mobil akan mengirimkan notifikasi ke smartphone dan membantu menginformasikan posisi terkini dari mobil yang dicuri.

Vivo V23 5G

svg%3E

Inilah smartphone pertama di dunia dengan teknologi UV color-changing. Bodi belakang Vivo V23 5G dapat menyerap pola dan berubah warna jika disinari sinar ultra violet atau sinar matahari. Selain itu, ada fitur unik di kamera depannya yaitu Dual-tone spotlight berupa dua lampu flash kecil yang dapat diaktifkan saat Anda mengambil swafoto atau vlogging.

realme 9 Pro+

svg%3E

Smartphone pertama realme di tahun 2022 ini menggabungkan prosesor kencang dan fitur fotografi lengkap di kelas menengah. Kami juga terkesan dengan hasil fotonya di malam hari yang melebihi pesaingnya di harga yang sama. Ulasan realme 9 Pro+ bisa dibaca di sini.