Quantcast
KomputerMonitorReview

Review Samsung Odyssey G5

Samsung Odyssey G5
8

Untuk beberapa genre game PC, sensasi bermain game akan terasa lebih menyenangkan jika dimainkan di layar melengkung atau curved monitor. Namun biasanya, satu hal yang menghalangi konsumen saat ingin meminang monitor dengan layar lengkung adalah harga. Monitor layar lengkung umumnya memang agak mahal. Tapi Samsung mengubah hal itu dengan Odyssey G5 seri C27G55TQW yang dijual dengan harga relatif terjangkau, yaitu di kisaran 5 juta rupiah.

Desain Samsung Odyssey G5

Saat pertama kali melihatnya, kami cukup terkesan dengan desainnya yang kental dengan nuansa futuristik tapi minimalis. Kesan ini juga terpancar dari stand plastik bawaannya yang ramping dan terlihat sederhana. Sisi positifnya, desain stand Odyssey G5 tidak menyita tempat di meja dan menyisakan banyak ruang untuk menaruh barang di depan keyboard maupun di bawah monitor.

Samsung Odyssey G5

Hanya saja, stand yang langsing ini kurang dapat menahan layar agar tidak tergoyang saat tersenggol sentuhan tangan cukup keras. Pengaturan posisi layar sayang sekali hanya terbatas menghadap lurus kedepan saja.

Desain monitor 16:9 dengan resolusi WQHD ini juga terkesan rapi dan bersih, bahkan hampir mirip dengan monitor biasa. Kesederhanaan ini juga ditemukan di pengaturannya. Menunya mudah dimengerti dengan tampilan yang modern untuk mengatur berbagai setting layar.

Samsung Odyssey G5 4

Monitor ini memiliki sudut lengkungan 1000R yang nyaman saat digunakan. Dari pengujian, menjalankan aplikasi kantoran dan game tetap sama-sama nyaman.

Fitur Samsung Odyssey G5

Dengan memosisikan diri sebagai monitor gaming, Samsung Odyssey G5 telah dilengkapi beberapa fitur yang berguna untuk gamer seperti AMD FreeSync Premium. Dengan fitur ini, monitor akan mampu menampilkan visual game pada 120 fps dan mengatur agar tampilan tetap mulus walaupun frame rate yang ditampilkan masih rendah.

Jika Freesync aktif, beberapa pilihan menu seperti refresh rate, response time, low input lag, akan diatur otomatis dan tidak bisa diatur secara manual. Sebagai catatan, untuk mencapai refresh rate 144hz, Anda wajib memakai koneksi HDMI atau Display Port.

Samsung Odyssey G5

Sebagai monitor gaming, ada beberapa mode yang dapat dipilih sesuai dengan jenis game seperti: FPS untuk meningkatkan visibilitas saat memainkan game First-Person Shooter dengan mencerahkan area gelap di layar, RTS untuk meningkatkan rasio warna dan kontras pada layar dan peta saat memainkan game strategi, RPG untuk menyesuaikan kualitas grafik pemandangan 3D pada layar di game AAA atau Role Play, serta AOS untuk meningkatkan kualitas dan kontras gambar layar di game MOBA.

Selain itu, juga ada picture mode lain seperti Cinema untuk menonton film di ruangan redup, serta Dynamic Contrast untuk membuat gambar terlihat lebih tajam dari biasanya. Juga ada fitur Black Equalizer untuk mengatur intensitas warna hitam di layar. Contoh penggunaannya, saat bermain game dan ada area yang terlalu gelap, kita bisa menggunakan fitur ini agar area tersebut lebih terang sehingga kita bisa melihat lebih jelas jika ada musuh bersembunyi.

Bagi yang suka berlama-lama di depan layar, ada fitur Eye Saver yang bisa mengurangi cahaya biru dari layar agar mata terasa lebih nyaman walaupun menatap layar seharian. Fitur ini cukup efektif membuat mata tidak cepat lelah saat kami menggunakannya bekerja beberapa jam.

Samsung Odyssey G5 3

Melengkapi fitur-fiturnya yang cukup lengkap, kualitas tampilan monitor ini juga bagus. Selain untuk gaming, Odyssey G5 27 inci ini juga nyaman dipakai untuk bekerja. Reproduksi warna cukup baik, walaupun belum ideal untuk desain grafis atau edit foto dan video.

Sudut pandang monitor ini cukup terbatas, sehingga kualitas visualnya akan langsung menurun jika dipandang dari samping. Ini bisa jadi kelebihan atau kekurangan, tergantung penggunanya.

Kesimpulan

Untuk sebuah monitor gaming dengan harga 5 jutaan rupiah, Samsung Odyssey G5 27 inci tergolong relatif terjangkau. Apalagi jika Anda memang mengincar monitor gaming dengan layar lengkung.

Ditunjang deretan fitur gaming yang cukup lengkap, monitor ini layak diandalkan sebagai monitor gaming untuk PC atau laptop Anda.

Kelebihan Samsung Odyssey G5:

  • Desain curve yang futuristik dan minimalis
  • Kualitas tampilan baik
  • Refresh rate 144Hz
  • Mendukung FreeSync
  • Fitur gaming lengkap
  • Harga relatif terjangkau

Kekurangan Samsung Odyssey G5:

  • Stand langsing mudah bergoyang saat disenggol
  • Kualitas tampilan menurun jika dilihat dari samping
  • Pengaturan posisi layar terbatas

Spesifikasi Samsung Odyssey G5 27 inci

SpesifikasiSamsung Odyssey G5
Resolusi MaxWQHD (2560×1440) 16:9
tipe panelVA Flat
Waktu Respon1ms
Refresh Rate144Hz refresh rate dengan low input lag
Tingkat Kecerahan250 nits
Dukungan & FiturAMD Freesync Premium, HDR 10, Eye Saver, Black Equalizer
Konektivitas1 Display Port, 1 HDMI Port, 1 Audio 3.5mm Port, 1 USB 2.0 Port
Dimensi61.66 x 47.74 x 27.26 cm
Berat4.5 kg
Samsung Odyssey G5
Samsung Odyssey G5
Untuk sebuah monitor gaming layar lengkung dengan harga 5 jutaan rupiah, Samsung Odyssey G5 27 inci tergolong relatif terjangkau.
8
Back to top button