Fitur Portrait OPPO Reno Series yang Jarang Ditemukan di Ponsel Lainnya

OPPO dalam waktu dekat dipastikan akan memboyong smartphone terbarunya, Reno7, ke Indonesia. Yang menarik, mode Portrait yang menjadi fitur unggulan OPPO di tahun 2022 juga akan hadir bersama dengan perangkat anyar tersebut. Tentunya konsumen bisa berharap kemampuan Portrait-nya mengalami peningkatan yang signifikan, mengingat sudah menggunakan sensor IMX709 hasil kolaborasi OPPO dan Sony.

Portrait OPPO Reno Series

Portrait sendiri merupakan fitur yang umum ditemukan pada smartphone masa kini. Namun dibanding brand lain, OPPO jelas jauh lebih serius dalam mengembangkan fitur tersebut. Terbukti, kerja sama OPPO dan Sony terkait IMX709 berlangsung selama 3 tahun dengan melibatkan lebih dari 300 insinyur dan investasi melebihi 1,5 juta USD.

Kalau menengok sedikit ke belakang, sesungguhnya bukti keseriusan OPPO dalam menyempurnakan kemampuan Portrait sudah bisa Anda temukan di rangkaian Reno Series terdahulu. Ada beberapa fitur Portrait yang begitu unik dan pastinya jarang bisa ditemukan di ponsel brand lain.

AI Night Flare Portrait

Perlu diketahui bahwa kecerdasan buatan (AI) menjadi salah satu fokus pengembangan OPPO untuk memperkaya kemampuan Portrait mereka. OPPO terus berupaya agar AI pada Reno Series lebih pintar, sehingga dapat membaca setiap situasi pemotretan dan menghasilkan foto yang diinginkan.

svg%3E

Contoh fitur yang hadir berkat kecanggihan AI adalah AI Night Flare Portrait. Fitur ini mampu menghasilkan efek neon nan artistik pada bagian background dengan objek foto manusia. Cara kerjanya menggabungkan efek bokeh dan algoritma HDR pada pencahayaan rendah untuk mencerahkan foto di lingkungan dengan cahaya redup, sekaligus menambahkan efek latar belakang bokeh.

AI Night Flare Portrait sangat ideal digunakan ketika pemotretan dilakukan pada malam hari, di lokasi yang sarat dengan kelap-kelip lampu. Sejauh ini, tidak banyak brand ponsel yang memiliki fitur seunik AI Night Flare Portrait.

svg%3E

Bokeh Flare Portrait Video

Yang harus digarisbawahi, pengembangan Portrait di OPPO Reno Series tidak hanya untuk kebutuhan fotografi saja. OPPO turut membenamkan fitur serupa yang juga bisa dinikmati ketika sedang merekam video. Ya, fitur yang dimaksud adalah Bokeh Flare Portrait Video.

svg%3E

Fitur yang inovatif ini diperkenalkan melalui Reno6 Series. Cukup mengejutkan ketika pertama kali melihat perekaman video mampu ditambahkan efek yang cukup rumit secara real-time. Bokeh Flare Portrait Video mampu menggabungkan efek bokeh dan algoritma Low Light HDR untuk menghasilkan konten artistik dengan menambahkan efek neon menawan dengan latar belakang lampu.

Ketika Bokeh Flare Video aktif, software secara otomatis akan menyajikan bokeh yang dinamis dan kaya warna pada video. Hasilnya adalah background yang terlihat memukau dengan subyek utama yang tetap tampak terang. Bisa dibilang, efek bokeh yang dicapai mendekati lensa kamera aperture besar pada kamera DSLR, untuk meniru efek bokeh, ukuran, kecerahan, dan lingkaran bokeh pada setiap cahaya dalam video.

Prediksi fitur Portrait di OPPO Reno7

Menarik untuk menantikan fitur Portrait seperti apa yang akan disuguhkan OPPO Reno7. Yang jelas, ketika kami mencoba sebuah ponsel OPPO dengan sensor Sony IMX709 beberapa waktu yang lalu, hasil foto Portrait-nya tampak lebih cerah, lebih tajam dengan tekstur yang terlihat jelas terutama pada bagian rambut, serta warnanya lebih natural.

svg%3E

Prediksi kami, hasil foto Portrait yang sama bagusnya juga akan disuguhkan oleh Reno7. Tidak heran kalau OPPO justru bisa lebih menyempurnakannya lagi, mengingat masih ada waktu sebelum perangkat tersebut diluncurkan. Dan karena Bokeh Flare Video menjadi salah satu sajian utama di Reno6, mungkin bakal ada fitur Portrait baru lainnya yang dikembangkan khusus untuk videografi, dan bisa diaktifkan baik saat memakai kamera depan maupun belakang.

Sayangnya, selain informasi soal penggunaan Sony IMX709, OPPO hingga saat ini masih menutup rapat bocoran terkait fitur pada kamera Reno7. Prediksi kami belum tentu benar. Karena itu, kita tunggu saja update informasinya karena OPPO tengah menyiapkan event khusus bagi awak media untuk memperkenalkan kemampuan Portrait Reno7. Pantau terus Yangcanggih.com agar tidak ketinggalan!

Verified by MonsterInsights