Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Mengenal Sony IMX709, Sensor Kamera OPPO Reno Terbaru yang Jago Portrait

OPPO berkolaborasi dengan Sony untuk mengembangkan sensor kamera yang diberi nama IMX709. Menurut OPPO, sensor ini akan menjadi andalan dari seri OPPO Reno terbaru untuk menghasilkan foto yang apik, termasuk menggunakan mode Portrait yang menjadi fitur andalan OPPO di tahun 2022.

Dalam artikel kali ini kami ingin mengajak Anda mengenal lebih jauh tentang Sony IMX709, mulai dari seperti apa pengembangan yang telah dilalui dan bagaimana kemampuannya untuk menunjang fitur Portrait di ponsel OPPO. Penasaran? Yuk, langsung saja simak!

Sensor RGBW generasi terbaru

Sony IMX 709

Menurut OPPO, kolaborasi mereka dengan Sony dalam mengembangkan IMX709 berlangsung selama 3 tahun. Bukan waktu yang sebentar tentunya, dan melibatkan lebih dari 300 insinyur. Bahkan nilai investasi yang digelontorkan untuk pengembangan sensor ini mencapai 1,5 juta USD, dan menghasilkan 87 paten.

Sony IMX709 merupakan sensor RGBW generasi terbaru. RGBW sendiri artinya Red, Green, Blue, dan White. Mengusung desain baru dengan Quadra Binning Algorithm yang revolusioner, sensor RGBW ini menambahkan dua pixel putih ke setiap empat pixel. Dengan begitu, setiap pixel mampu mendeteksi dan mengenali sinyal merah, hijau, biru, dan putih.

Sony IMX709 OPPO Portrait

Yang lebih menarik, untuk pertama kalinya di industri, OPPO dan Sony menyematkan algoritma AI (kecerdasan buatan) hasil pengembangan sendiri ke dalam sebuah sensor. Dari segi konsumsi daya sensor ini lebih efisien. Waktu pemrosesan gambarnya pun lebih cepat, dan punya kompatibilitas yang baik dengan chipset garapan Qualcomm maupun MediaTek.

OPPO mengklaim, Sony IMX 709 memiliki keunggulan 60 persen peningkatan sensitivitas cahaya, serta pengurangan noise yang signifikan yakni sebesar 35 persen jika dibandingkan dengan sensor yang terdapat pada perangkat OPPO Reno6.

Foto Portrait yang lebih tajam, cerah, dan natural

Portrait

Terkait mode Portrait, sensor Sony IMX 709 mampu menghasilkan foto yang lebih tajam dengan tangkapan detail yang lebih tinggi. Tingkat kecerahannya juga pas, dan efek bokehnya tampak natural. Asyiknya lagi, peningkatan kualitas ini bisa dirasakan di berbagai kondisi pemotretan, termasuk malam hari.

Sony IMX709 OPPO Portrait 3

Perbedaan cukup jelas soal detail bisa terlihat ketika pengguna melakukan cropping gambar. Contohnya pada foto di bawah ini. Jika dibandingkan dengan foto yang diambil menggunakan Reno6, hasil 100 persen crop dari perangkat OPPO Reno terbaru (sebut saja Reno X) dengan Sony IMX709 tampak lebih detail khususnya pada bagian rambut.

Tiga elemen pengembangan Portrait

OPPO memang tidak sembarangan dalam mengembangkan fitur Portrait pada ponsel garapannya. Menurut OPPO, ada tiga elemen penting yang digabungkan untuk meningkatkan kemampuan portrait. Sensor kamera hanya salah satunya, dan diwujudkan lewat kolaborasi dengan Sony melalui IMX709.

Selain sensor, dua elemen penting lainnya adalah prosesor pengolah grafis atau dikenal dengan nama Neural Processing Unit (NPU). Teknologi ini akan memberikan kemampuan untuk mengolah gambar dengan kecerdasan buatan sehingga menampilkan hasil yang lebih baik.

OPPO Reno Portrait Workshop

Terakhir adalah software atau perangkat lunak yang terus dikembangkan untuk mendapatkan sebuah sistem kecerdasan buatan. Sistem ini dapat membaca setiap situasi ketika menangkap foto portrait dan menghasilkan foto yang lebih baik, seperti yang terintegrasi di sistem operasi ColorOS 12.

Hasil dari pengembangan ketiga elemen penting tersebut nantinya bisa Anda nikmati melalui seri OPPO Reno terbaru yang bakal hadir di Indonesia pada kuartal pertama atau kedua 2022. Kapan jadwal pastinya? Tunggu update informasi selanjutnya di Yangcanggih.com!

Artikel terkait

Back to top button