Mencermati Perkembangan Fitur Portrait di OPPO Reno Series

OPPO Indonesia menjadikan mode Portrait sebagai fitur andalan mereka di tahun 2022. Demi meningkatkan kemampuan fitur ini, OPPO terus melakukan pengembangan baik secara hardware maupun software. Hasilnya, mode portrait yang lebih canggih bakal hadir dalam waktu dekat melalui seri smartphone terbaru OPPO.

Bicara tentang portrait tentunya tidak lepas dari Reno Series. Lini smartphone unggulan dari OPPO tersebut telah menjadikan portrait sebagai salah satu fitur kamera andalannya. Sejak pertama kali diluncurkan pada 2019 lalu, fitur portrait pada OPPO Reno Series sudah mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Nah, dalam artikel kali ini, kami ingin mengajak Anda untuk melakukan kilas balik dan mencermati seperti apa perkembangan fitur portrait di OPPO Reno Series. Yuk, langsung saja simak!

OPPO Reno – Reno 3 Series

Seperi disebutkan di atas, seri OPPO Reno pertama kali muncul sekitar bulan April 2019. Di generasi pertamanya, Reno dapat memberikan hasil foto portrait yang menawan dengan menjadikan subyek utama terlihat lebih menonjol, serta latar belakang blur dengan efek bokeh yang natural.

IMG20190627154829

Gaya portrait ini terus ditingkatkan hingga Reno 3 Series. Selain lebih memperhalus pemisahan antara subjek utama dengan background, mode portrait di Reno 3 Series juga menyajikan detail yang lebih tinggi dengan warna yang lebih menggugah selera.

OPPO Reno4 Series

Berlanjut ke Reno4 Series, OPPO mulai memperkaya mode portrait dengan berbagai fitur yang tidak hanya menarik, tapi juga tergolong unik. Lewat dua fitur portrait unggulan, AI Color Portrait dan Night Flare Portrait, OPPO Reno4 Series memungkinkan pengguna untuk lebih leluasa berkarya dan menciptakan foto estetik di berbagai kondisi.

Portrait

AI Color Portrait merupakan fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) yang mampu memisahkan antara warna subjek/objek utama dengan latar belakang. Artinya, fitur ini akan mengisolasi warna sebenarnya pada subjek/objek, dan membuat latar belakang menjadi hitam putih klasik.

Sementara Night Flare Portrait mampu menghasilkan efek neon nan artistik pada bagian background dengan objek foto manusia. Cara kerjanya menggabungkan efek bokeh dan algoritma HDR pada pencahayaan rendah untuk mencerahkan foto di lingkungan dengan cahaya redup, sekaligus menambahkan efek latar belakang bokeh. Fitur yang sangat ideal ketika pemotretan dilakukan di lokasi yang sarat dengan kelap-kelip lampu.

svg%3E

OPPO Reno5 Series

Di Reno5 Series, OPPO membawa kemampuan portrait andalan mereka ke ranah videografi. Lewat AI Highlight Video, OPPO menggunakan algoritma AI untuk mendeteksi kondisi cahaya dan secara otomatis menerapkan algoritma yang diperlukan berdasarkan skenario kondisi cahaya yang berbeda.

svg%3E

svg%3E

Ketika merekam di kondisi cahaya yang minim, kamera akan menggunakan algoritma Ultra Night Video untuk mengoptimalkan kualitas video, memastikan bahwa perekaman malam hari terlihat cerah, tajam, dan alami. Sebaliknya, saat mendeteksi pemandangan dengan cahaya latar yang kuat, kamera menjalankan algoritma Live HDR untuk menangkap subjek dan latar belakang sempurna dengan warna yang alami dan detail terjaga.

svg%3E

Fitur portrait unik lainnya yang ada di Reno5 Series adalah AI Mix Portrait, yang menawarkan kemampuan untuk menggabungkan video portrait dengan video latar belakang alias background. Dengan begitu, OPPO Reno5 dapat menyajikan efek video dengan exposure ganda sehingga terlihat lebih artistik. Fitur ini menghadirkan dua mode artistik yang berbeda, yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan bagaimana video portrait dapat menyatu dengan video yang menjadi latar belakang.

OPPO Reno6 Series

Pada Reno6 Series, fitur portrait yang ditawarkan lebih canggih lagi berkat Bokeh Flare Video. Fitur eksklusif yang dikembangkan OPPO ini akan menggabungkan efek bokeh dan algoritma Low Light HDR untuk menghasilkan tampilan artistik dengan menambahkan efek neon nan indah saat latar belakang dihiasi oleh banyak lampu.

svg%3E

Menurut OPPO, algoritma AI yang mereka kembangkan dapat menunjukkan dengan tepat sumber cahaya asli pada background, dan menciptakan titik cahaya bokeh pada berbagai tingkat kedalaman. Singkatnya, fitur ini mampu meniru apa yang dihasilkan oleh kamera profesional.

Berlanjut di OPPO Reno Series terbaru

Tentunya pengembangan portrait pada OPPO Reno Series tidak berhenti sampai di sini. OPPO terus meningkatkan fitur tersebut dengan berbasis tiga elemen penting, yaitu prosesor pengolah grafis, sensor kamera, dan pengembangan AI lewat perangkat lunak.

Khusus untuk sensor kamera, OPPO berkolaborasi dengan Sony dalam meracik Sony IMX 709. Tidak tanggung-tanggung, pengembangan dengan nilai investasi mencapai 1,5 juta dolar USD selama tiga tahun ini melibatkan lebih dari 300 insinyur dan menghasilkan 87 paten.

svg%3E

OPPO mengklaim, Sony IMX 709 memiliki keunggulan 60 persen peningkatan sensitivitas cahaya, dan pengurangan noise signifikan sebesar 35 persen jika dibandingkan dengan sensor yang terdapat pada perangkat OPPO Reno6. Nah, bocoran serunya, sensor anyar ini dikabarkan akan hadir bersama seri OPPO Reno selanjutnya yang kemungkinan bakal meluncur di Indonesia pada kuartal pertama atau kedua 2022.

Pastinya amat menarik untuk menantikan peningkatan seperti apa yang ditawarkan oleh mode portrait di perangkat terbaru OPPO nanti. Penasaran? Pantau terus Yangcanggih.com agar tidak ketinggalan update informasinya!

 

Verified by MonsterInsights