Canon EOS R5 C: Mirrorless Full Frame Hibrid Pertama dengan Sistem Pendingin dan Video 8K

Canon mengumumkan EOS R5 C. Kamera ini tidak seperti kamera mirrorless full frame EOS R yang lain. Pasalnya, EOS R5 C adalah kamera Canon EOS hibrid pertama yang paling mumpuni untuk fotografi dan videografi.

svg%3E

 

Fitur Canon EOS R5 C

svg%3E

Rahasianya, sebagai kamera hibrid Canon EOS R5 C menggabungkan teknologi kamera Canon EOS dan kamera video Cinema EOS. Canon EOS R5 C mewarisi semua fitur dan spesifikasi dari Canon EOS R5. Kamera ini tetap mengandalkan sensor full frame 45 megapixel yang disokong chip prosesor DIGIC X. Sektor autofocus juga masih sama dengan Dual Pixel AF yang membawa 1053 titik focus. Untuk memotret tanpa henti EOS R5 C bisa memotret hingga 12 fps dengan shutter mekanik. Jika kurang dengan shutter elektronik kecepatannya bisa hingga 20 fps.

svg%3E

Perbedaan paling utama EOS R5 C ada di desain. EOS R5 C hadir dengan bodi yang lebih bongsor. Ini karena EOS R5 C dilengkapi dengan sistem pendingin aktif yang terpasang di bagian belakang sasis bodinya.

Berkat sistem pendingin tersebut Canon EOS R5 C bisa merekam video tanpa henti di semua format. Bahkan, bisa merekam video RAW hingga resolusi 8K di 60 fps tanpa henti. Modus videonya emakin mumpuni dengan kemampuan rekam video 8K HDR menggunakan format HLG (Hybrid Log Gamma) dan PQ (Perceptual Quantization).

svg%3E

svg%3E

Kamera ini juga bisa merekam dengan format Canon Log3 dan Cinema RAW Light 12-bit dengan tiga opsi mode yakni RAW HQ (High Quality), RAW ST (Standard Quality) dan RAW LT (Light Recording). Untuk perekaman video gerakan lambat, EOS R5 C bisa merekam hingga resolusi 4K dengan format 4:2:2 10-bit tanpa crop di 120 fps.

 

svg%3E

EOS R5 C juga komptibel dengan modul perekaman video eksternal seperti Atomos Ninja. Lewat port HDMI EOS R5 C mendukung output RAW dengan format Apple ProRes RAW hingga resolusi 8K 30p.

Selain sistem pendinginnnya yang belum pernah ada di kamera Canon EOS R manapun, EOS R5 C juga menjadi yang pertama dengan antarmuka hibrid. Di modus foto antarmuka EOS R5 C akan menggunakan antarmuka seperti kamera mirrorless Canon EOS R yang lain. Sementara, saat beralih ke modus video antarmukanya secara otomatis berubah seperti antarmuka kamera video Cinema EOS.

 

svg%3E

Satu yang absen EOS R5 C tidak dilengkapi dengan fitur penstabil di bodinya seperti EOS R5. Jadi, untuk perekaman video yang stabil bisa menggunakan bantuan gimbal kamera.

Harga Canon EOS R5 C

Canon EOS R5 C rencananya akan tersedia di bulan Maret 2022. Harga Canon EOS R5 C US$4499. Lebih mahal US$600 jika dibandingkan Canon EOS R5 yang harganya US$3899. Berminat?