Quantcast
OperatorNewsSmartfren

Sambut Natal dan Tahun Baru, Smartfren Tingkatkan Kapasitas Jaringan

Menjelang Natal dan Tahun Baru 2022, Smartfren mengumumkan siap untuk mengantisipasi tingginya traffic data dengan meningkatkan kapasitas jaringan. Dengan begitu, Smartfren berharap pelanggan tetap mendapatkan koneksi internet yang oke saat sedang dalam perjalanan maupun di rumah.

Kenaikan tertinggi di wilayah pemukiman

Smartfren

 

 

 

Dalam siaran pers yang diterima Yangcanggih, Rabu (22/12), Smartfren menjelaskan bahwa seiring dengan perubahan pola mobilitas masyarakat, pada saat Natal dan Tahun Baru diprediksi akan terjadi kenaikan tertinggi traffic layanan internet di wilayah pemukiman.

Saat Natal, secara nasional diperkirakan naik 5-8 persen dibanding hari biasa, sementara di Jabodetabek hingga 10 persen. Untuk Tahun Baru, traffic secara nasional diperkirakan meningkat 10-15 persen, sedangkan di Jabodetabek 15 persen.

“Peningkatan trafik ini didorong oleh perubahan perilaku masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan secara online, dan hingga sekarang semuanya tetap berlangsung secara online. Seperti pertemuan secara virtual maupun hiburan film dan musik menggunakan aplikasi streaming video, hingga kegiatan sehari-hari lainnya yang banyak memanfaatkan layanan internet,” kata Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren.

Tingkatkan kapasitas jaringan

Guna mengantisipasi potensi kenaikan traffic layanan internet tersebut, Smartfren telah melakukan peningkatan kapasitas jaringan hingga 15 persen secara nasional. Sejumlah wilayah yang diprediksi mengalami peningkatan kebutuhan layanan internet seperti Jabodetabek dan Jawa Tengah juga telah mendapatkan peningkatan kapasitas jaringan hingga 20 persen lebih tinggi dari hari biasa.

Selain peningkatan jaringan, Smartfren telah menggunakan teknologi multiple carrier, milimeter wave, small cell, 4×4 MIMO, Beam Forming, Full Duplex, serta 256 QAM. Semuanya berperan dalam memberikan koneksi internet yang membuat pelanggan mendapat akses berkecepatan tinggi, stabil, serta mencapai 4G+ pada gadget yang mendukung.

Back to top button