Dell Perkenalkan Concept Luna, Konsep PC Ramah Lingkungan yang Mudah Diperbaiki dan Didaur Ulang

Dell Technologies menegaskan komitmennya untuk menghasilkan dampak positif terhadap lingkungan. Demi mengurangi sampah elektronik, Dell memperkenalkan prototipe Concept Luna. Apa itu?

Ide Concept Luna

svg%3E

Dell punya tujuan ambisius yakni mempercepat ekonomi sirkulas dan meraih target nol emisi gas rumah kaca. Dengan semakin meningkatnya perhatian akan krisis iklim, e-waste dan keterbatasan sumber daya, Dell mencoba mendorong penggunaan ulang hingga batas maksimum dan secara drastis bisa mengurangi jejak karbon produk-produk Dell.

Tahun lalu Dell memperkenalkan closed-loop aluminium dari hard drive bekas, bioplastik yang dibuat dari limbah pohon dalam proses pembuatan kertas, dan meningkatkan penggunaan serat karbon reklamasi hingga lebih dari 544 ton (1,2 juta pon). Sebagai upaya berkelanjutan, Dell terus mencari cara-cara baru agar bisa mempercepat upaya meraih tujuan tersebut hingga akhirnya hadirkan prototipe Concept Luna.

Menurut Dell, Concept Luna adalah proof-of-concept yang dikembangkan bersama dengan Intel dan mengeksplorasi ide-ide desain revolusioner untuk membuat berbagai komponen PC bisa dengan cepat didapatkan, diganti, dan digunakan kembali.

Concept Luna

Dengan begitu konsep ini dapat mengurangi penggunaan sumber daya dan memastikan ada lebih banyak material sirkular yang bisa digunakan. Jika semua ide desain dari Concept Luna bisa direalisasikan, Dell memperkirakan perusahaan bisa mengurangi jejak karbon produk-produk Dell hingga sekitar 50 persen.

Mengurangi jejak karbon

Untuk dapat menghasilkan emisi karbon yang jauh lebih kecil, Dell terus melakukan eksperimen. Sebagai contoh, motherboard adalah salah satu komponen yang paling banyak mengkonsumsi energi. Dengan memperkecil total ukuran motherboard hingga sekitar 75 persen dan mengurangi jumlah komponen dalam motherboard sekitar 20 persen, diperkirakan jejak karbon dapat dikurangi hingga 50 persen

svg%3E

Tata letak semua komponen internal juga dirancang ulang. Caranya adalah memindahkan motherboard yang sudah diperkecil ke penutup atas agar lebih dekat ke area permukaan yang lebih luas, dan terpapar udara sejuk dari luar laptop.

Memisahkan motherboard dengan unit pengisian baterai di bagian bawah memungkinkan distribusi panas pasif yang lebih baik, yang bisa sepenuhnya menghilangkan kebutuhan penggunaan kipas. Semua efisiensi ini bisa secara signifikan mengurangi kebutuhan daya total, membuka jalan untuk penggunaan baterai yang lebih kecil dengan deep-cycle cell yang tetap cukup kuat untuk penggunaan sehari-hari.

Yang tidak kalah menarik, Dell juga menyebutkan soal sasis aluminium yang diproses menggunakan tenaga air dan menggunakan konstruksi stamped aluminium. Bukan cuma butuh energi yang lebih sedikit, limbah pun berkurang.

svg%3E

Mudah diperbaiki dan didaur ulang

Lewat Concept Luna, Dell memiliki visi masa depan yaitu Reuse, Repair, dan Recreating. Dell ingin mengurangi jumlah baut hingga 10 kali lipat, membuat konstruksi palm rest yang dirancang untuk memudahkan reparasi dan penggunaan kembali, serta mekanisme keyboard yang dirancang agar mudah untuk dibersihkan, dipisahkan dari komponen-komponen lain, dan didaur ulang.

Selain itu ada pula baterai deep-cycle cell canggih yang memungkinkan pengisian daya yang panjang sehingga baterai dapat digunakan selama bertahun-tahun. Terakhir adalah Printed Circuit Board (PCB) berbasis bio, yang dibuat dengan serat rami (flax) sebagai papan dasarnya dan polimer yang larut dalam air sebagai lem.

Verified by MonsterInsights