Qualcomm Umumkan Snapdragon 8 Gen 1

Qualcomm memperkenalkan chipset premium terbarunya yang diberi nama Snapdragon 8 Gen 1. Menurut mereka, chipset untuk perangkat seluler ini sudah dilengkapi beragam teknologi terkini dan tentunya mendukung jaringan 5G.

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1

Snapdragon 8 Gen 1

Dalam siaran pers yang diterima Yangcanggih, Rabu (1/12), Qualcomm mengklaim Snapdragon 8 Gen 1 sebagai platform seluler 5G tercanggih dan solusi modem-RF 5G pertama di dunia yang mencapai kecepatan download hingga 10 Gigabit.

Selain itu, Snapdragon 8 Gen 1 menggunakan Qualcomm FastConnect 6900 Mobile Connectivity System dengan kecepatan WiFi hingga 3.6 Gbps (WiFi 6 dan 6E), untuk memastikan game dan aplikasi bekerja dengan lancar bahkan dengan beberapa perangkat dalam satu jaringan.

svg%3E

Yang lebih menarik, Snapdragon 8 Gen 1 juga merupakan chipset pertama Qualcomm dengan fabrikasi 4nm. CPU-nya mengusung Cortex-X2 sebagai prime core dengan kecepatan 3.0GHz, 3-core Cortex-A710 2.5GHz, dan 4-core efisien Cortex-A510 1.8GHz.

Dibanding Snapdragon 888, kemampuan CPU ini 20 persen lebih kencang dengan konsumsi daya yang lebih rendah hingga 30 persen. Sementara untuk GPU, Qualcomm menjanjikan peningkatan performa hingga 30 persen dan efisiensi daya hingga 25 persen lebih baik.

Agar gaming lebih maksimal, Snapdragon 8 Gen 1 didukung Adreno Frame Motion Engine untuk menghasilkan dua kali lebih banyak frame dengan tetap mempertahankan konsumsi daya yang sama. Bahkan ada Variable Rate Shading Pro untuk memberikan kontrol yang lebih baik bagi developer untuk lebih menyempurnakan kinerja game.

svg%3E

Dari sektor kamera, Snapdragon Sight Technology mencakup ISP 18-bit pertama yang pernah dibuat untuk seluler. Teknologi ini dapat menangkap lebih dari 4000x lebih banyak data kamera dibanding pendahulunya, dengan rentang dinamis, warna, dan ketajaman yang lebih baik dan kecepatan hingga 3,2 gigapiksel per detik. Nantinya pengguna juga bisa merekam video di resolusi 8K maupun format HDR10+.

“Teknologi ini (Snapdragon 8 Gen 1) memberikan pengalaman konektivitas, fotografi, AI, game, suara, dan keamanan yang belum pernah ada di smartphone,” ungkap Alex Katouzian, Senior Vice President and General Manager of Mobile, Compute, and Infrastructure, Qualcomm Technologies, Inc.

Jadwal kehadiran smartphone dengan Snapdragon 8 Gen 1

svg%3E

Kabar baiknya, pengguna yang sudah tidak sabar untuk melihat seperti apa kemampuan ponsel dengan Snapdragon 8 Gen 1 tidak perlu menunggu terlalu lama. Smartphone pertama dengan chipset premium ini bakal diumumkan sebelum tahun 2021 berakhir.