Review OPPO A95



7.2

OPPO A95 baru saja hadir di Indonesia. Bermain di kelas menengah dengan harga 3 jutaan rupiah, perangkat ini mengedepankan beberapa keunggulan baik dari segi desain maupun performa. Sejauh pengalaman penggunaan kami, OPPO A95 merupakan ponsel yang asyik dan nyaman dipakai sehari-hari. Tidak percaya? Yuk, langsung saja simak ulasannya!

OPPO Glow Design dan sertifikasi IPX4

Kalau Reno series punya Reno Glow, A95 menawarkan Glow Design yang tampilannya tidak kalah menawan. Perlu diketahui bahwa A95 merupakan anggota A-series pertama dari OPPO yang mengusung desain dengan lapisan matte ganda seperti ini.

OPPO A95

Intinya, OPPO Glow memungkinkan cover belakang A95 tidak mudah kotor oleh bekas jari dan tahan goresan. Selain itu, desain ini juga memberikan tampilan warna yang berkilau ketika terpapar cahaya, terutama pada varian Glowing Rainbow Silver. OPPO juga menyediakan warna lainnya yaitu Glowing Starry Black.

Dimensi OPPO A95 cukup ideal untuk dioperasikan dengan satu tangan. Ini adalah ponsel yang ramping dengan ketebalan 7,95mm dan bobot sekitar 175 gram. Kombinasi yang turut membuatnya mudah untuk dimasukkan ke saku celana. Tapi karena permukaannya sangat halus, cover belakang ini menjadi agak licin. Solusi paling mudah adalah memasang softcase agar sensasi genggaman lebih mantap.

Yang menarik, meski dari segi eksterior terlihat cantik, A95 ternyata dirancang sebagai ponsel tangguh dengan durabilitas tinggi. Perangkat ini telah melalui beragam uji performa kualitas yang mencakup 10.000 tes plug-in dan plug-out untuk 3.5mm earphone jack, 500.000 tes tekan untuk tombol Power on/off, dan 20.000 tes USB plug-in dan plug-out yang bisa bertahan sekitar 13,6 tahun.

OPPO A95 juga telah melewati 150.000 kali uji tekan tombol Volume, sehingga dapat digunakan hingga 8,2 tahun. Dua tes skala ekstrim lainnya untuk OPPO A95 adalah 28.000 kali uji jatuh setinggi 10cm dan pengujian 14 hari di bawah suhu tinggi 65 derajat Celcius dan kelembapan 90%RH.

Bahkan ponsel ini juga mempunyai sertifikasi IPX4 yang artinya tahan terhadap cipratan air normal. Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan tidak perlu khawatir bila suatu saat terjebak dalam kondisi hujan.

Kembali ke desain, tombol pengaturan volume ada di kiri, sementara tombol power ada di kanan. Tombol power tidak sekaligus berfungsi sebagai sensor sidik jari karena OPPO membenamkan teknologi tersebut di dalam layar. Ya, sudah ada fitur In-Display Fingerprint Unlock.

Di bagian bawah Anda akan menemukan port USB-C yang berdampingan dengan lubang speaker dan port audio jack 3.5mm. A95 memiliki tiga slot yang artinya Anda tidak harus mengorbankan SIM-card kedua jika ingin memasang microSD.

Sedikit membahas paket penjualannya, OPPO A95 datang dengan sebuah softcase dan sudah terpasang anti gores pada layarnya. Selain itu, charger bawaannya juga telah 33W yang sesuai untuk mendukung teknologi pengisian dayanya secara optimal.

Layar AMOLED yang sedap dipandang

OPPO A95 dibekali layar AMOLED berukuran 6,43 inci dengan resolusi Full HD+. Di pojok kiri atas, layar ini memiliki punch hole kecil untuk menampung kamera selfie. Bezelnya juga terbilang tipis sehingga mampu menyajikan rasio screen-to-body hingga 90,8 persen.

Sama seperti beberapa ponsel terbaru OPPO lainnya, layar A95 juga didukung All-day AI Eye Care yang terdiri dari AI Smart Backlight dan DC Dimming. Fitur tersebut akan memastikan mata Anda tetap nyaman dan tidak cepat lelah meski menatap layar dengan durasi yang lama dan dalam berbagai kondisi pencahayaan ruangan.

Untuk penggunaan sehari-hari, kami tidak punya keluhan terhadap layar OPPO A95. Gambar yang ditampilkan tajam dengan warna yang juga sedap dipandang. Dan karena ini layar AMOLED, tentunya ada fitur Always-On Display. Satu hal yang mungkin agak disayangkan adalah refresh rate-nya yang belum 90Hz seperti kebanyakan pesaingnya di kisaran harga setara.

Sedangkan untuk urusan audio, A95 pun masih mengandalkan speaker mono saja, belum stereo. Sisi positifnya speaker ini dapat mengeluarkan suara yang lantang dan bertenaga. Cukup mantap untuk menemani bermain games atau menonton video.

Kamera oke untuk foto dan video

OPPO menyebut A95 sebagai ponsel yang ideal untuk beragam tipe pengguna, mulai dari anak muda hingga pelaku UMKM. Kemampuan kameranya dijanjikan mampu memfasilitasi kebutuhan usaha yang menitikberatkan bisnisnya pada platform online. Nah, kalau untuk jualan online, pastinya butuh perangkat untuk membuat foto dan video produk.

OPPO A95 dipersenjatai kamera utama 48 megapixel yang ditemani depth sensor 2 megapixel serta kamera makro 2 megapixel. Kamera ini didukung fitur seperti Multiple Filters yang menyediakan 15 preset filter pilihan, AI Scene Enhancement untuk mengoptimalkan warna, saturasi, maupun kecerahan pada foto, serta Night Mode. Bagi yang gemar selfie, ada kamera 16 MP di depan.

IMG20211115125229

IMG20211115122752

IMG20211115125316

IMG20211115123317

IMG20211115123133

Hasil foto dari kamera utama A95 tergolong bagus terutama ketika Anda memotret dengan kondisi cahaya yang memadai. Detail yang ditangkap tinggi, reproduksi warnanya sedikit matang, dan dynamic range-nya pun cukup oke untuk kelas harganya. Selfie pun demikian, tidak ada masalah berarti asal cahaya pas.

Sementara untuk foto dalam kondisi minim cahaya menggunakan Night Mode, hasil yang didapat terbilang lumayan walaupun belum termasuk jajaran yang terbaik di kelas harganya. Karena proses pengambilan gambar dengan mode malam agak lama, tangan Anda harus benar-benar stabil agar gambar tidak blur.

Night Mode OPPO A95

Untuk urusan videografi sebenarnya masih oke-oke saja. Ketersediaan EIS dan fitur Steady Video amat membantu untuk menciptakan video yang stabil meski Anda merekam sambil bergerak. Sayangnya, fitur serupa tidak tersedia di kamera depan.

Video kamera belakang OPPO A95

Video kamera depan OPPO A95

VID20211114131913

Selain itu resolusi maksimal untuk merekam video dengan kamera utama dan kamera selfie A95 juga masih terbatas di 1080p 30fps saja. Belum bisa 60fps, apalagi 4K. Tapi kalau kebutuhannya untuk media sosial atau memamerkan dagangan di platform e-commerce, kami yakin kemampuan kamera ini sudah mencukupi. Yang penting, persiapkan properti yang relevan dengan produk Anda dan manfaatkan pencahayaan natural dari sinar matahari. Anda juga bisa melakukan penyuntingan video secara cepat dan mudah lewat fitur bawaannya.

Satu hal yang menjadi catatan kami adalah ketiadaan kamera ultra-wide. Bagi sebagian pengguna, kamera sudut lebar akan lebih sering digunakan dibandingkan dengan makro.

RAM Expansion untuk menunjang multitasking

OPPO A95 dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 662. RAM bawaannya 8 GB, tapi bisa ditambah melalui fitur RAM Expansion hingga menjadi 13 GB. Fitur yang akan berguna untuk Anda para penggemar multitasking yang sering membuka banyak aplikasi sekaligus. Storage? 128 GB. Kapasitas yang standar untuk kelas harganya. Kalau masih kurang, Anda bisa menambahkan microSD.

Bagaimana kinerjanya? Sejauh yang kami coba: mulus! Snapdragon 662 mungkin terlihat agak tertinggal dari ponsel 3 jutaan lainnya. Tapi dengan racikan software yang optimal melalui ColorOS 11.1, performa yang disajikan tetap gesit. Rahasianya ada pada teknologi System Booster.

Untuk gaming masih lancar. Walaupun begitu, tidak dapat dimungkiri bahwa A95 bakal kewalahan saat menangani game berat seperti Genshin Impact. Mobile Legends aman di setting Ultra dengan mode HFR aktif. Sementara PUBG Mobile bisa Anda jalankan dengan pengaturan Smooth-High. Frame rate yang didapat tidak tinggi, tapi tetap berada pada kisaran yang nyaman untuk dimainkan. Selama gaming pun kami merasa tidak ada peningkatan suhu yang mengganggu.

Baterai awet, charging cepat

Berbekal baterai 5.000 mAh, OPPO A95 menawarkan daya tahan ekstra untuk menemani aktivitas Anda seharian penuh. Bahkan kalau gaya penggunaan Anda tidak terlalu aktif, baterai ini bisa bertahan hingga maksimal 2 hari.

Yang menarik, Anda bisa mengaktifkan fitur Sleep Standby Optimization agar konsumsi dayanya rendah ketika Anda tidur di malam hari. Besok paginya ketika Anda bangun, baterainya tidak berkurang banyak.

Pengisian daya pada baterai A95 sudah 33W. Untuk mengisi daya dari kondisi 10 persen hingga penuh butuh waktu kurang lebih 1 jam. Smartphone ini juga dilengkapi fitur Battery Guard untuk membantu melindungi pengisian daya semalaman secara cerdas yang disesuaikan dengan kebiasaan penggunanya. Ada pula Charging Heat Control yang akan memantau pembuangan panas dan mengontrol suhu perangkat saat mengisi daya untuk mengurangi masalah yang timbul terkait keamanan pengisian daya.

Fitur ColorOS 11.1

Berbasis Android, ColorOS 11.1 yang diadopsi oleh OPPO A95 membawa sederet fitur yang bermanfaat untuk memaksimalkan pengalaman penggunaan sehari-hari. Contohnya FlexDrop, fitur multitasking yang bisa membuka aplikasi dalam format jendela yang bisa diubah ukurannya.

Ada juga Private Safe agar tidak ada orang lain yang bisa mengakses foto, video, dokumen, maupun file pribadi Anda. Untuk aktivitas gaming, fitur seperti Game Space, Game Assistant, Game Focus Mode, dan Bullet Notification akan mengoptimalkan pengalaman bermain Anda.

Kesimpulan

Meski bukan perangkat dengan chipset terkencang di kelas harganya, OPPO A95 menawarkan sederet keunggulan yang membuatnya punya keunikan tersendiri. Sebut saja Glow Design, durabilitas ekstra setelah melalui berbagam pengujian, bodi tahan air, hingga charging cepat. Perpaduan tersebut kami yakin akan lebih bisa diapreasiasi oleh sebagian besar konsumen yang tidak melulu memprioritaskan tipe chipset.

Bagi yang berminat, OPPO A95 dijual dengan harga Rp3.999.000. Pre-order dibuka mulai 18-25 November 2021 melalui aplikasi OPPO Store, maupun toko resmi OPPO di Lazada dan Shopee. Konsumen yang melakukan pemesanan selama periode tersebut akan mendapatkan bonus berupa A95 Audio Ball senilai Rp399.000. Penjualan perdana OPPO A95 dimulai 26 November 2021.

OPPO A95 cocok untuk:

  • Pelajar/mahasiswa: Ponsel ini ideal untuk anak muda yang membutuhkan perangkat stylish dengan durabilitas tinggi. Fitur-fiturnya juga relevan dengan kebutuhan harian seperti belajar online, bermain games, hingga pamer foto-foto di media sosial.
  • Pelaku UMKM: Dengan kinerja gesit, kemampuan multitasking yang baik, dan kamera yang bisa diandalkan untuk membuat foto maupun video produk, OPPO A95 cocok digunakan oleh para pelaku UMKM yang sedang merintis bisnisnya.
  • Pengguna yang sering beraktivitas outdoor: Sertifikasi IPX4 memberikan rasa aman saat OPPO A95 terkena percikan air atau kehujanan dengan intensitas ringan hingga sedang.
  • Penggemar Netflix/Drama Korea: Sudah Widevine L1, yang artinya Anda bisa menonton film maupun drama Korea di Netflix dengan resolusi Full HD.
  • Karyawan yang mobile: Baterai tahan lama dan pengisian daya cepat 33W menjadi solusi bagi karyawan yang butuh perangkat untuk menunjang pekerjaannya.

Kelebihan OPPO A95:

  • OPPO Glow: tahan gores dan tidak mudah kotor
  • Kualitas rancang bangun amat baik dan telah melalui berbagai pengujian
  • Layar memanjakan mata
  • Kinerja mulus dengan dukungan RAM Expansion
  • Kamera oke untuk foto dan video di kondisi cahaya memadai
  • Baterai tahan lama
  • Charging cepat 33W
  • Ada NFC
  • ColorOS 11 punya beragam fitur yang bermanfaat

Kekurangan OPPO A95:

  • Chipset tidak sekencang para pesaingnya di kisaran harga setara
  • Speaker masih mono
  • Layar belum 90Hz
  • Tidak ada kamera ultra wide
  • Resolusi perekaman video maksimal hanya 1080p 30fps
OPPO A95
Meski bukan perangkat dengan chipset terkencang di kelas harganya, OPPO A95 menawarkan sederet keunggulan yang membuatnya punya keunikan tersendiri.
7.2

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Performa
Baterai
Hasil Foto
Harga
Final Score