[Tips] Hindari Kejahatan Online, Begini Cara Aman Pakai ShopeePay



ShopeePay hari ini, Kamis (21/10), mengajak beberapa awak media untuk mengenal lebih jauh seperti apa layanan yang ditawarkannya. Bukan cuma itu, dalam kesempatan yang sama ShopeePay juga membagikan beberapa tips mudah agar pengguna bisa mengamankan akun mereka dari kejahatan online yang kerap terjadi belakangan ini.

Bisa untuk bayar berbagai kebutuhan

ShopeePay

 

 

Sebagai sebuah produk Fintech (Financial Technology), ShopeePay saat ini sudah tersedia di lebih dari 500 kota dengan ratusan ribu mitra merchants. Bukan hanya merchant besar saja, tetapi juga berinisiatif menggandeng berbagai UMKM. Hasilnya menurut data internal perusahaan, di masa pandemi ini pengguna layanan mereka meningkat hingga dua kali dibanding tahun lalu.

Menurut ShopeePay, hadirnya layanan pembayaran digital sendiri memiliki beberapa dampak positif. Contohnya pembayaran yang lebih aman karena tidak perlu membawa uang tunai, meningkatkan produktivitas berkat kemudahan di satu aplikasi, membantu pelaku usaha mendapatkan akses permodalan, dan mempercepat inklusi keuangan.

ShopeePay menjelaskan bahwa dengan layanannya, pengguna bisa melakukan pembayaran untuk berbagai kebutuhan, mulai dari makanan dan minuman, keperluan sehari-hari dan rumah tangga, produk penunjang kesehatan, wisata, fashion & beauty, donasi & investasi, pulsa maupun hiburan seperti game dan online streaming, hingga keperluan logistik.

Salah satu fitur andalannya adalah Online to Offline, seperti ‘Deals Sekitarmu’ untuk melihat promo yang tengah berlangsung dan ada di sekitar pengguna.Fitur ini bisa ditemukan di halaman utama Shopee. Ada pula ‘Promo Mal Sekitarmu’ untuk melihat promo di mall sekitar. Yang lebih menarik, ada rangkaian promo cashback baik yang digelar secara reguler maupun tematik.

Cara mengamankan akun ShopeePay

Tidak dapat dipungkiri bahwa meningkatnya minat masyarakat untuk bertransaksi menggunakan layanan pembayaran digital juga turut mendongkrak potensi kejahatan online. Berbagai penipuan baik melalui telepon, aplikasi chat, SMS situs palsu, hingga media sosial palsu dipakai para pelaku kejahatan untuk mencuri data dari pengguna.

Karena itu ShopeePay menjanjikan bahwa sistem keamanan mereka sudah memiliki standar yang baik. Meski begitu, untuk memaksimalkan keamanan di akun Anda, ada beberapa tips mudah yang bisa Anda terapkan sekarang juga:

  1. Background Checking: Anda bisa memanfaatkan aplikasi seperti Get Contact dan TrueCaller untuk mengetahui identitas dari seseorang yang menelepon atau mengirim SMS mengatasnamakan ShopeePay.
  2. Gunakan password yang kuat. Jangan menggunakan angka yang berurutan, angka yang sama, atau angka yang mudah ditebak seperti tanggal lahir.
  3. Ganti PIN dan password secara berkala. Jangan lupa untuk membedakan antara PIN dengan password.
  4. Jangan pernah membagikan kode OTP ke siapa pun.
  5. Aktifkan autentikasi sidik jari atau Face ID, melali tombol Pengaturan di pojok kanan atas halaman ShopeePay Anda.

Your email address will not be published. Required fields are marked *